5/08/2020

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia



10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia


LIPUTANBERITA21.COMDari sudut pandang hukum tindak pidana korupsi secara garis besar memenuhi unsur – unsur sebagai berikut :
1.    Perbuatan melawan hukum
2.    Penyalahangunaan wewenang kesempatan atau sarana
3.    Memperkaya diri sendiri, orang lain atau korporasi
4.    Merugikan keuangan negara atau perekonomian negara.



Transparasi Internasional adalah organisasi internasional yang terbentuk sejak 1995 dan saat ini sudah bekerja sama dengan 100 negara di dunia. Organisasi ini mempunyai tujuan untuk menghentikan praktek korupsi dan mempromosikan transparasi data ke masyarakat.
Bekerja sama dengan organisasi dunia lainnya dan terjun ke lapangan dalam upaya mengumpulkan data yang diperlukan. Organisasi Transparasi Internasional meliris daftar negara – negara dengan korupsi terendah hingga tertinggi. Data yang di liris setiap tahun ini telah menjadi indikator global korupsi sektor public.

Daftar ini juga bisa menjadi ukuran bagi negara yang dalam upayanya untuk memberantasi korupsi di negara nya berjalan baik atau tidak.  Index Presepsi Korupsi (Corruption PreseptionIndex atau CPI )  mengacu pada 13 survei dan penilaian ahli untuk mengukur korupsi sektor publik di 180 wilayah negara.

Dalam survei nya lembaga ini memberikan masing – masing skor dari 0 (sangat korupsi) sampai 100 (sangat bersih korupsi).

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Versi Index Presepsi Korupsi tahun 2019 


1.    Selandia Baru

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Selandia Baru menduduki peringkat pertama dalam daftar negara tingkat korupsi terendah dengan skor sebesar 87. Insitusi yang transparan dan penegakan hukum yang tegas secara efektif dapat mengurangi korupsi di Selandia Baru.

Kegiatan suap baik Fasif atau aktif di sektor swasta atau layanan public di larang undang- undang bagi pelanggar nya akan di kenakan denda sebesar 2.000 Dollar Selandia Baru atau  Rp. 19.398.360. Selain itu ada juga hukuman tambahan selama 14 tahun di penjara, penjabat di Selandia Baru di larang menerima atau meminta hadiah sesuai dengan kode etik komisi layanan negara.

2.    Denmark

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Negara ini mempunyai skor yang sama dengan Selandia Baru yaitu 87.  Negara Denmark adalah negara kedua di daftar tingkat korupsi terendah di dunia. Selama lima tahun berturut – turut negara Denmark ini masuk 5 besar sebagai negara dengan tingkat korupsi terendah di di dunia.


Menurut Presiden Transparasi Internasional masyarakat Denmark di bangun dengan tingkat kepercayaan yang tinggi, kebebasan pers, akses informasi pengeluaran publik standar dari integritas bagi penjabat public dan system peradilan yang independen yang menjadi faktor rendah nya korupsi di Denmark.

3.    Finlandia

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Negara ini mempunyai skor 86 membuat Finlandia berada di peringkat ketiga dengan tingkat korupsi terendah di dunia. Sistem peraturan di Finlandia bersifat transparan dan terbuka dan system control internal dan eksternal yang kuat dan kelibatan masyarakat sipil dalam pengelolaan urusan publik membuat tingkat korupsi di negara ini sangat rendah.

4.    Swiss

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Swiss berada di peringkat keempat dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia. Negara ini mempunyai skor sebesar 85 selama tiga tahun terakhir Swiss masuk ke dalam 7 besar dengan tingkat korupsi terendah di dunia.  Sistem pengadilan yang independen, berkompeten dan adil di anggap efektif dalam perselisihan  komersial dan regulasi yang menentang.

Selain itu system peradilan di negara Swiss mendapatkan kepercayaan yang tinggi di masyarakat. Undang – undang di negara ini sangat tegas sehingga korupsi di negara ini dapat di minimalkan.

5.    Singapura

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Negara Singapura adalah negara dari Asia yang menempati peringkat kelima dalam tingkat korupsi terendah di dunia.  Singapura memperoleh nilai sebesar 85 sama seperti Swiss, di negara ini kasus korupsi baik penjabat maupun swasta di tangani oleh lembaga bernama CPIB (Corrup Practices Investigation Bureau).

Singapura menyebut korupsi sebagai tindakan menerima, meminta atau memberikan hadiah kepada seseorang untuk melakukan sesuatu dengan maksud korupsi. Ada banyak suap di Singapura mulai dari uang, tindakan seks, property, janji dan layanan. Sementara imbalan yang termasuk dalam suap tidak sekedar proyek atau keuntungan namun bisa juga informasi rahasia atau hak istimewa lainnya.

Negara ini juga memberikan hukuman kepada pemberi dan penerima suap selain itu negara ini dikenal sebagai negara yang membayar penjabat negara dengan gaji yang tinggi. Selain mencegah korupsi hal tersebut bertujuan agar orang – orang terbaik negara tersebut masuk bekerja dengan negara.

6.    Swedia

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Mendapatkan nilai sebesar 85 sama negara seperti negara Singapura dan Swiss membuat negara Skandinavia ini menduduki peringkat keenam dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia.

Undang – undang di Swedia mengkriminalkan sebagaian besar korupsi dan ada aturan hukum yang kuat di negara Swedia. Undang – undang di Swedia tidak membedakan antara uang suap atau uang pelincin, pemerintah ini telah menerapkan undang – undang anti korupsi secara efektif.

Korupsi di Swedia di awasi oleh satuan anti korupsi nasional di negara tersebut atau sebagaian dari otoritas kebijakan negara Swedia. Di negara Skandinavia korupsi di definisi sebagai penyalagunaan kekuasaan dinegara manapun.

7.     Norwegia

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Norwegia menempati peringkat ketujuh dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia dengan skor sebesar 84.  Korupsi administratif atau suap kecil hampir tidak ada di negara ini.


Norwegia melarang suap aktif dan pasif atau dalam bentuk apapun seperti perdagangan, penipuan, pemerasan, pelanggaran kepercayaan dan pencucian uang.  Berkat undang – undang anti korupsi yang berhasil di tegakan dan proses hukum yang berjalan sesuai dengan hukum berlaku Norwegia mampu meminimalkan tingkat korupsi di negaranya.

8.    Belanda

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Belanda menempati peringkat kedelapan dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia dengan skor sebesar 84 sama seperti Norwegia. Memberi atau menerima suap baik sektor public atau swasta adalah tindakan illegal menurut undang – undang Belanda.

Perusahaan pemerintah atau perusahaan swasta dan anak perusahaan dapat dimintai pertanggung jawaban atas pelanggaran korupsi yang dilakukan oleh individu bekerja atas nama mereka dan dapat diperintahkan untuk membayar hingga 10% dari omzet mereka, memberikan tidak di izinkan sementara hadiah ramah tamahan dapat di anggap illegal.

Belanda telah membuat kemajuan yang signifikan dalam membuat investigasi menghukum suap asing sejak negara tersebut mengkritik pemerintah karena keterlambatan penegakan hukum pada tahun 2013.

9.    Luksemburg

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

Luksemburg  menempati peringkat kesembilan dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia dengan skor sebesar 80.  Definisi suap di negara ini di pahami menawarkan, menjanjikan, memberikan atau memberikan keuntungan baik untuk mencapai atau tidak menyelesaikan tindakan yang terkait dengan fungsi public, tugas, fungsi, mangdat atau penyalagunaan pengaruh yang benar atau di anggap untuk memperoleh otoritas dari public, selain itu bisa juga berorientasi pada imbalan administrasi public, pekerjaan, bisnis atau keputusan lain yang menguntungkan.

Kitab undang – undang hukum pidana Luksemburg menempatkan hukuman yang sama pada penjabat publik seperti bagi individu yang merusak penjabat publik. Hukuman nya adalah sebagai berikut :

·         Penjaga antara 5 – 10 tahun
·         Denda antara EUR 500 – EUR 187.500
·         Penghancuran hak – hak sipil tertentu untuk janga waktu 5 – 10 tahun.

10.  German

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia

German menempati peringkat kesepuluh dalam negara dengan tingkat korupsi terendah di dunia dengan skor sebesar 80 sama seperti Luksemburg. German mempunyai kerangka       kerja anti korupsi insitusional dan hukum yang kuat.

KUHP German berlaku untuk perorangan bukan perusahaan dan membuat nya illegal untuk menawarkan, membayar atau menerima suap. Perusahaan dapat bertanggun jawab secara sipil atas pelanggaran korupsi yang dilakukan oleh perwakilan mereka berdasarkan undang – undang pelanggaran hukum dengan denda hingga EUR 10.000.000 dan penyitaan keuntungan ekonomi yang diperoleh melalui penyuapan.

Suap penjabat publik diatur dalam KUHP German bagian 331 hingga bagian 338.

Itulah daftar negara dengan tingkat korupsi di dunia berdasarkan Index Presepsi Korupsi.

Lalu bagaimana dengan Indonesia ?

10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Di Dunia Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia


Indonesia berada di peringkat ke 85 dari 180 negara di dunia dengan nilai sebesar 40.  Hal tersebut mengalami peningkatan sebanyak 2 point dari tahun sebelumnya yaitu 38.  Peneliti dari Transparency International Indonesia (TII) Wawan Heri Sugiatmiko mengatakan ada beberapa sektor yang harus di waspadai dalam Index Presepsi Korupsi yaitu pengendalian pemerintah terhadap korupsi, grade korupsi, prosedur yang jelas dan akuntanbilitas dana publik, korupsi politik, korupsi birokrasi serta penyalagunaan kuasan penjabat executive, legislatif, yudikatif, militer dan kepolisian.

Masing – masing sektor tersebut masih di bawah angka 40, point terendah berada di penyalagunaan kekuasaan exekutif, legislatif, yudikatif , militer dan kepolisian di angka 21., angka di sektor ini hanya naik 1 point dari tahun 2018 yaitu 20 point.

TII menyusulkan langkah untuk menaikan Index Prespsi Korupsi pada sektor penyalagunaan wewenang. Langkah – langkah tersebut sebagai berikut :
·         Mengelola dan mencegah benturan kepentingan
·         Mengontrol pendanaan politik
·         Memperkuat integritas Pemilu
·         Mengatur keterbukaan aktifitas lobi politik
·         perlakuaan yang sama terhadap warga negara
·         memperkuat perang masyarakat sipil dan penguatan fungsi checks and balances.

Demikian artikel tentang 10 Negara Paling Bersih Dari Korupsi Dan Berikut Ini Peringkat Indonesia semoga bermanfaat


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon