4/17/2020

10 Negara Paling Kotor Di Dunia, Bagaiman Dengan Indonesia ?


LIPUTANBERITA21.COM Kebersihan merupakan  sebagian dari iman kata – kata tersebut sudah pernah kita dengar saat duduk di bangku taman kanak – kanak. Karena pada dasar nya kebersihan berbanding lurus dengan kesehatan, semakin bersih suatu daerah maka tingkat kesehatan daerah tersebut sangat tinggi begitu juga sebaliknya.

Lebih luas lagi tingkat kebersihan suatu wilayah atau negara juga berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kebahagian masyarakat di suatu negara. Hal tersebut tidak berlaku untuk negara - negara ini yang dimana mendapatkan julukan sebagai negara terkotor di dunia berdasarkan versi World Health Organization(WHO).

WHO melakukan penilaian untuk semua negara, penilaian tersebut meliputi  Kualitas udara, air, sanitasi, hutan, perubahan iklim dan faktor – faktor pendukung lainnya.

Berikut ini adalah 10 Negara paling kotor  di dunia menurut World Health Organization(WHO).

10. Meksiko


Meksiko adalah negara yang berada di benua Amerika yang Terletak di Amerika Utara dan perbatasan langsung dengan Amerika Serikat. Walaupun negara ini menjadi salah satu negara maju di benua Amerika, tetapi untuk hal kebersihan dan kesehatan di negara ini masih sulit di perbaiki oleh pemerintah Meksiko hal tersebut negara ini menduduki peringkat ke-10 sebagai negara paling kotor di dunia.

Baca Juga : Negara Paling Bersih Di Dunia 

Penyebab dari negara ini menjadi kotor adalah pada emisi karbondioksida yang telah mencapai 85% menutupi wilayah meksiko sehingga udara meksiko menjadi tercemar dan juga pengelolaan limbah pabrik tidak diolah dengan sebaik mungkin.




9. Afghanistan


Afghanistan adalah negara yang berada di benua Asia yang Terletak di Asia Barat dan perbatasan langsung dengan negara Iran, Pakistan, Turkmenistan, Uzbekistan dan Tajikistan dan Cina. Negara ini menduduki peringkat ke -9 sebagai negara terkotor di dunia.

Penyebab negara ini menjadi salah satu negara terkotor adalah karena polusi udara di Afghanistan yang sangat buruk yang menyebabkan nya adalah karena adanya Asap kendaraan yang berlebihan, asap sampah, dan asap plastik. 

Karena populasi udara negara ini yang sangat buruk yang tersebut menyebabkan banyak warga Afghanistan yang meninggal dunia. Berdasarkan penelitian State of Global Air pada tahun 2017 terdapat 26 ribu warga Afghanistan yang meninggal dunia.

Walaupun negara ini menjadi salah satu negara maju di benua Amerika, tetapi untuk hal kebersihan dan kesehatan di negara ini masih sulit di perbaiki oleh pemerintah Meksiko hal tersebut negara ini menduduki peringkat ke-10 sebagai negara paling kotor di dunia.



8. Mongolia


Mongolia  adalah negara yang berada di benua Asia yang langsung perbatasan dengan negara Rusia dan China. Negara tempat lahirnya Jenghis Khan ini menduduki peringkat ke-8 sebagai negara terkotor di dunia. 

Karena lokasi dari negara Mongolia ini berada di perbatasan negara bersalju sehingga suhu membuat negara ini menjadi dingin, sehingga warga Mongolia membutuhkan bahan bakar alam yang digunakan untuk menghangatkan tubuh mereka.

Karena penggunaan bahan bakar alam yang berlebihan sehingga menyebabkan udara di negara Mongolia ini menjadi tercemar sehingga menjadikan negara ini masuk ke dalam negara paling kotor di dunia.  



7. India


India adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia Selatan. Walaupun negara India masuk ke dalam negara terbesar ke-7 dunia dan negara dengan populasi penduduk terbanyak ke-2 dunia setelah China, hal tersebut tidak membuat negara ini menjadi bersih dan sehat.

Negara asal film Bollywood ini menduduki peringkat ke-7 sebagai negara terkotor di dunia. Terdapat dua kota besar di India yang menyebabkan menjadi kotor yaitu Mumbai dan New Delhi. Berdasarkan penelitian yang telah di lakukan jika menghirup napas satu kali di kota Mumbai itu sama saja dengan merokok sebanyak 100 batang. Karena polusi udara di negara Mumbai sangat buruk sehingga warga Mumbai jika ingin keluar harus menggunakan masker.

Tidak hanya polusi udara yang buruk tetapi juga kualitas air dan sanitasi di negara India ini sangat kotor karena di akibat dari limbah pabrik yang tidak di olah dengan benar.

6. Mesir


Mesir  adalah negara yang berada di benua Afrika dan terletak di Afrika bagian timur laut. Negara mesir ini termasuk negara dengan kualitas pendidikan yang cukup baik dan menjadi salah satu negara yang maju di benua Afrika. 

Namun sangat disayangkan untuk soal kebersihan dan kesehatan negara ini cukup buruk hal ini membuktikan bahwa negara mesir menduduki peringkat 
ke-6 sebagai negara terkotor di dunia. 

Penyebab negara ini menjadi kotor karena terjadi nya lonjakan kendaraan umum seperti motor, mobil dan kendaraan umum lainnya sehingga menyebabkan polusi udara di mesir ini menjadi buruk.




5. Iran



Iran adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia Barat Daya. Walaupun pada zaman dahulu Iran sangat ditakuti oleh seluruh dunia yang pada zaman dahulu di kenal dengan Persia. Waktu itu kerajaan Persia hampir menduduki semua negara yang di dunia ini.

Tetapi semakin kedepan nya kerajaan Persia berhasil dikalahkan oleh kerajaan lain . Sampai pada tahun 1935 Iran masih sering di panggil Persia oleh dunia barat, hingga kini negara Iran masih cukup di takuti oleh negara lain soal militer nya.

Negara asal kucing Persia ini menduduki peringkat ke-5 sebagai negara paling kotor di dunia. Penyebab negara ini kotor adalah kurang nya sikap peduli terhadap lingkungan sekitar sehingga terdapat sampah yang menumpuk seberat 50 ton.

Bukan hanya sampah yang menyebabkan negara ini masuk ke dalam negara paling kotor di dunia,  penggunaan bahan bakar alam yang berlebihan menyebabkan meningkatkan polusi udara sehingga menjadi buruk. 



4. Indonesia



Indonesia adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia Tenggara dan perbatasan langsung dengan negara lain seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Timor Leste dan Papua Nugini. Walaupun negara ini menjadi salah satu negara yang memiliki populasi penduduk terbanyak di dunia ke-4 setelah China, India dan Amerika dan menjadi negara dengan julukan Paru - Paru Dunia ini hal tersebut tidak memungkinkan negara Indonesia masuk ke dalam negara paling kotor di dunia.

Hal tersebut terbukti negara Indonesia menduduki peringkat ke-4 sebagai negara paling kotor di dunia. Terdapat satu kota besar yang membuat negara Indonesia menjadi kotor yaitu Jakarta, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh  World Health Organization(WHO) terhadap Jakarta sebagai kota besar yang tidak layak huni dan tidak memenuhi standar kesehatan dan kebersihan yang tinggi. 


3. Bangladesh






Bangladesh   adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia Selatan dan perbatasan langsung dengan India dan Pakistan. Negara ini menduduki peringkat ke-3 sebagai negara paling kotor di dunia. Penyebab negara ini menjadi kotor karena kurang nya sarana dan prasarana sehingga menyebabkan sampah yang menumpuk dimana - dimana.

Tidak hanya sarana dan prasarana saja yang menyebabkan negara ini menjadi kotor, kurang nya kepedulian kepada lingkungan seperti membuang air kecil sembarangan dan membuang sampah sembarangan.



2. Pakistan




Pakistan  adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia Selatan dan perbatasan langsung dengan India dan Bangladesh. Pakistan memiliki jumlah populasi penduduk terbanyak ke-5 di dunia setelah Indonesia sebanyak 212, 2 Juta dan memiliki luas wilayah terbesar ke-33 dunia seluas 881,913 Kilometer Persegi.

Tetapi sangat di sayangkan untuk masalah kebersihan negara ini masih sangat kurang, sehingga negara ini menduduki peringkat ke-2 sebagai negara kotor di dunia. Penyebab nya adalah karena kualitas air tercemar oleh limbah pabrik yang tidak di olah dengan baik.

Tidak hanya limbah pabrik negara ini juga mengalami pencemaran udara dan pencemaran suara yang sangat bising sehingga dapat mengganggu ketenangan warga pakistan saat ini.



1. Qatar



Qatar adalah negara yang berada di benua Asia dan terletak di Asia bagian timur tengah, seluruh daratan negara Qatar dikelilingi oleh gurun yang gersang. Sebelum ditemukan minyak bumi di Qatar dahulu Qatar merupakan negara yang miskin dan dengan pendapatan perkapita yang kecil.

Tetapi setelah ditemukan minyak bumi di Qatar sejak saat itu kondisi negara Qatar menjadi lebih baik, bahkan Qatar sekarang ini merupakan salah satu negara paling kaya di Asia bahkan dunia dan dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia. Dengan kemajuan Qatar saat ini sehingga di percaya oleh FIFA sebagai penyelenggara Piala Dunia pada tahun 2022.

Namun saat di sayangkan walaupun negara Qatar sebagai negara paling kaya di dunia tetapi untuk masalah kebersihan dan kesehatan negara ini masih sangat kurang. Sehingga negara ini menduduki peringkat ke-1 sebagai negara paling kotor di dunia.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh  World Health Organization(WHO) Qatar merupakan negara yang memiliki kualitas udara, air dan tanah yang sangat buruk disebabkan oleh telah tercampur oleh bahan zat pestisida dan fertilizer.


Itulah 10 negara paling kotor di dunia menurut yang dilakukan oleh  World Health Organization(WHO


Demikian artikel tentang 10 Negara Paling Kotor Di Dunia, Bagaiman Dengan Indonesia ? semoga bermanfaat

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon