4/16/2020

Cara Memilih Salep Luka Bakar Berdasarkan Kondisinya


LIPUTANBERITA21.COM Luka Bakar merupakan salah satu luka yang sering dirasakan oleh masyarakat Indonesia, luka bakar jangan di anggap remeh apabila telah terkena maka cepat - cepat melakukan pengobatan dengan salep jika di biarkan lama, maka kulit akan mengalami infeksi seperti pembengkakan, kulit memerah, merasakan nyeri dan  kulit melepuh.

Dalam dunia medis luka bakar di bagi menjadi tiga tingkatan yaitu derajat 1 , derajat 2 dan derajat 3. Untuk tanda - tanda terkena luka bakar derajat maka kulit hanya mengalami kemerahan dan pembengkakan ringan dan tidak melepuh, untuk luka bakar derajat 2 maka kulit akan mengalami kemerahan, bengkak dan kulit melepuh kemudian untuk luka bakar derajat 3 kulit akan mengalami mati rasa, hangus dan berwarna hitam atau putih.


Untuk memilih salep luka bakar jangan sembarangan harus sesuai dengan kondisi luka bakar yang dialami apakah derajat 1 atau derajat 2 dan 3. Untuk menghindari kesalahan pemilihan salep luka bakar anda harus membeli sesuai kondisi nya.

Berikut ini adalah memilih salep luka bakar yang tepat :

1. Salep Bacitracin

Salep bacitracin ini di gunakan hanya untuk penderita luka bakar ringan atau luka bakar derajat 1, karena salep ini mengandung antibiotik yang mampu menghentikan, pencegahan dan mengobati infeksi kulit yang terkena luka bakar.

Salep bacitracin ini bisa dibeli di semua apotik tetapi sebelum membeli salep ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter soal luka bakar yang di alami supaya salep yang di beli sesuai dengan kondisi luka bakar yang di alami.

2. Salep Lidah Buaya 

Salep Lidah buaya  ini di gunakan untuk penderita luka bakar derajat 1 dan derajat 2, karena salep lidah buaya  ini mengandung zat anti radang yang mampu memperlancar aliran darah pada luka dan dapat menghentikan pertumbuhan bakteri.

Penelitian yang dilakukan terhadap lidah buaya  yang mampu menyembuhkan luka pada kulit seperti luka bakar dan lainnya. Jika menggunakan salep lidah buaya penyembuhan nya akan lebih cepat dirasakan.

3. Salep Silver Sulfadazine

Salep Silver Sulfadazine  ini di gunakan hanya untuk penderita luka bakar sedang atau luka bakar derajat 2, salep ini mampu menghentikan dan mencegah infeksi luka bakar lebih luas lagi ke area kulit sehingga dapat membantu proses penyembuhan luka bakar.

Efek samping dari salep ini adalah luka bakar yang di oleskan dengan salep ini akan lebih sensitif terhadap sinar matahari jadi harus hindari sinar matahari langsung dan harus menggunakan salep ini terus.

3.  Salep Mafenide Acetate

Salep Mafenide Acecate   ini di gunakan hanya untuk penderita luka bakar berat atau luka bakar derajat 3, salep ini dapat langsung membunuh bakteri dan menghentikan penyebaran ke kulit yang terkena luka bakar.

Salep mafenide acecate ini bisa dibeli di semua apotik tetapi sebelum membeli salep ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter soal luka bakar yang di alami supaya salep yang di beli sesuai dengan kondisi luka 

5. Salep Burnazin

Salep Burnazin  ini di gunakan untuk penderita luka bakar derajat 2 dan derajat 3, kemampuan salep ini seperti salep Mafenide Acetate yaitu mampu langsung membunuh bakteri dan menghentikan penyebaran ke kulit yang terkena luka bakar.

Salep burnazin ini bisa dibeli di semua apotik tetapi sebelum membeli salep ini sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter soal luka bakar yang di alami supaya salep yang di beli sesuai dengan kondisi luka. 

Selain salep diatas untuk mengobati luka bakar bisa menggunakan bahan alami misalnya seperti madu atau lidah buaya, tapi perlu diingat sebelum melakukan penyembuhan alami atau membeli salep luka bakar sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter yang ahli pada bidang nya.

Supaya kalian bisa mendapatkan salep luka bakar sesuai kondisi luka bakarnya agar luka cepat sembuh.  Apabila luka bakar tidak justru membaik atau malah bertambah parah sebaiknya langsung melakukan perawatan kepada dokter. 

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon