4/16/2020

10 Negara Paling Bersih Di Dunia, Bagaimana Dengan Indonesia ?



LIPUTANBERITA21.COM Kebersihan merupakan  sebagian dari iman kata – kata tersebut sudah pernah kita dengar saat duduk di bangku taman kanak – kanak. Karena pada dasar nya kebersihan berbanding lurus dengan kesehatan, semakin bersih suatu daerah maka tingkat kesehatan daerah tersebut sangat tinggi begitu juga sebaliknya.

Lebih luas lagi tingkat kebersihan suatu wilayah atau negara juga berpengaruh terhadap tingkat produktivitas dan kebahagian masyarakat di suatu negara. Sebuah lembaga penelitian yang bekerja sama dengan Universitas Yale dan Univesitas Colombia dan juga bekerja sama dengan Environmental Performance Index(EPI) pada tahun 2019 .

Lembaga tersebut meliris sebuah negara berdasarkan nilai atau tingkat kebersihan nya, untuk penilaian nya sendiri membutuhkan pertimbangkan beberapa aspek seperti Kualitas udara, air, sanitasi, hutan, perubahan iklim dan faktor – faktor pendukung lainnya Jika kualitas udara, air, sanitasi, hutan masih cukup rendah maka negara itu akan di anggap kotor dan tidak sehat.

Berikut ini adalah 10 Negara terbersih di dunia menurut Environmental Performance Index(EPI).

10. Finlandia


Finlandia adalah negara yang berada di benua eropa yang terletak di semenanjung Skandinavia, negara ini menduduki peringkat 10 berdasarkan kinerja lingkungan dengan nilai Indek : 78,64. Finlandia sering juga disebut sebagai negara yang layak huni di dunia karena udara negara ini sangat baik, negara ini dikenal dengan hutan yang lebat serta pohon hutan tersebut terkenal sangat tinggi.

Selain itu pemandangan alam Finlandia sangat menakjubkan, negara Finlandia juga dinilai polusi relative sedikit dan menggunakan energi ramah lingkungan sehingga orang Finlandia terhindar dari penyakit yang berasal dari lingkungan. Selain itu tingkat kebersihan negara yang tinggi telah berkontribusi dengan sektor pariwisata yang berkembang pesat di negara ini.

9. Irlandia


Irlandia adalah negara yang berada di bagian barat laut eropa, negara ini menduduki peringkat 9 dengan nilai Indek : 78,77. Selain dari salah satu negara terbersih di dunia Irlandia merupakan pulau terbesar ke-20 dunia dengan luas 84,421 KM 2.  Negara ini mempunyai pemandangan yang indah dan tempat yang menarik untuk di kunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Irlandia.

Baca Juga : Negara Paling Kotor Di Dunia

Mulai dari istana dan bangunan – bangunan dari masa lalu hingga tempat – tempat dengan pemandangan yang indah dan masih alami.

8. Austria


Austria adalah negara yang berada di benua eropa yang terletak dipergunungan alpen, negara ini menduduki peringkat 8 dalam negara terbersih di dunia  dengan nilai Indek : 78,97. Austria juga merupakan salah satu negara impian banyak orang yang ingin di tinggali.

Selain negara ini dikenal sangat ramah lingkungan dan perdapatan perkapita negara Austria ini salah satu tertinggi di dunia. Negara Austria terletak di pergununan sebanyak 60% adalah padang rumput dan hutan. Pariwisata negara ini dikenal sangat menakjubkan.

7. Luxembourg


Luxembourg adalah salah satu negara yang di pimpin oleh Haria Pati  ini menduduki peringkat 7 sebagai negara terbersih dunia dengan nilai Indek : 79,12. Luxembourg merupakan negara kecil dengan luas wilayah 2586  KM2, meskipun luas wilayah dari negara ini relative kecil Luxembourg juga di juluki sebagai ibu kota kebudayaan Eropa.

Pendapatan perkapita negara ini merupakan tertinggi di eropa dan dunia hal tersebut Luxembourg menjadikan sebagai salah satu negara dengan standar hidup yang tinggi.  Hampir sama dengan negara eropa lainnya pariwisata Luxembourg terkenal dengan bangunan- bangunan bersejarah pada abada pertengahan dan selain itu di antaranya ditetapkan sebagai situs peninggalan dunia oleh UNESCO.

6. Britania Raya(Inggris)


Britania Raya adalah negara monarki yang di pimpin oleh Elizabet 2, negara Britania Raya ini menduduki peringkat ke-6 sebagai negara terbersih dunia dengan nilai Index : 79,89.  Negara ini mendapatkan skor sempurna pada kualitas air dan sanitasi,  kerajaan Inggris mempunyai luas wilayah sebesar 242,495 KM 2 dan meliputi negara Inggris, Wales, Skotlandia dan Irlandia Utara.

Di negara Inggris memiliki situs – situs peninggalan dunia yang di tetapkan oleh UNESCO yang membuat negara ini menjadi negara ke-6 yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan dunia.

5. Swedia


Swedia  adalah negara yang berada di benua eropa yang terletak di semenanjung Skandinavia seperti dengan negara – negara skandinavia lain yang membuat karakter bersih, damai dan berkembang dengan baik.  Negara ini menduduki peringkat 5 sebagai negara terbesih di dunia dengan nilai Indek : 80,51.

Beberapa diantara nya bahkan berpendapat negara ini menduduki peringkat pertama, pemerintah Swedia yang menetapkan peraturan – peraturannya berperan untuk menjaga lingkungan agar bersih dan meningkatkan penghijauan di negara Swedia. Peraturan tersebut berupa penggunaan energy terbarukan serta menetapkan kebijakan daur ulang sampah, Sampah di Swedia digunakan sebagai alat untuk pembangkit listrik.

Swedia diakui memiliki system daur ulang sampah yang paling efisien yang membuat negara ini harus mengimpor sampah dari negara lain  agar tetap berfungsi.

4. Malta


Malta menduduki peringkat 4 sebagai negara terbesih dunia  dengan nilai Indek : 80,90. Hal tersebut tidak lepas dari peran pemerintah Malta dalam  upaya menjaga kebersihan lingkungan, sebuah negara kepulauan relative kecil dengan luas 316KM 2 , selain itu wilayah Malta di kelilingi oleh laut Mediterania.

Negara ini terkenal laut dan pantai struktur wilayah daratan wilayah Malta adalah pegunungan yang terdiri dari batuan kapur, meskipun tidak memiliki hutan dan sungai kualitas udara yang bagus dan dijaga kebersihannya.
Pemandangan wilayah Malta menakjubkan selain pantai pemandangan bawah laut Malta juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

3. Denmark


Denmark adalah negara kepualuan yang terletak di semenanjung Skandinavia, negara ini mempunyai luas wilayah  sekitar 42,933 KM 2 . Negara ini menduduki peringkat ke-3 sebagai negara terbesih di dunia dengan nilai Indek : 81,60. Menurut beberapa survei berbeda Denmark merupakan salah satu sebagai negara terbahagia di dunia.

Nilai lebih dari negara Denmark ini adalah penekanan kebijakan penggunaan energy terbarukan sehingga lingkungan Denmark tetap terjaga, orang – orang Denmark terkenal ramah dan suka bersosialisai mereka sering menampilkan senyuman wajahnya, untuk biaya pendidikan di negara Denmark ini di gratiskan oleh pemerintah Denmark.

2. Prancis


Prancis adalah negara yang terletak di bagian barat benua eropa, negara ini juga merupakan negara terbesar ke-3 di eropa dengan luas wilayah 640,679 KM 2. Walaupun negara ini cukup besar dan dengan jumlah penduduk terbanyak di eropa hal tersebut tidak berpengaruh negative terhadapat negara tersebut.

Hal tersebut terbuktu negara Prancis  menduduki peringkat ke-2  sebagai negara terbersih di dunia dengan nilai Indek : 83,95. Prancis menjadi negara yang paling ramah lingkungan dan paling rapih di dunia, negara ini menerima skor tertinggi pada kualitas udara, sanitasi, air dan perikanan.

Hampir 80% negara ini tergantung dengan pada tenaga nuklir hal tersebut menjadikan Prancis sebagai salah satu negara konsumen nuklir terbesar di dunia.  Namun di sayangkan Prancis mendapatkan nilai terendah pada emisi karbondioksida.

1. Swiss


Peringkat pertama sebagai negara terbersih di dunia di tempati oleh negara Swiss, negara yang terletak di pegunungan alpen ini peringkat ke-1 dan mengalahkan 179 negara lain hal kebersihannya. Swiss mendapatkan nilai Indek : 87,42 , nilai tambah dari negara ini adalah hutan yang masih terjaga, marga satwa dan kualitas air yang aman dan bersih.

Swiss adalah negara yang mampu memaksimalkan pemanfaat sumber daya nya maupun sumber daya alam atau sumber daya manusia nya, 60%  pemanfaatan listrik di negara ini membutuhkan pembangkit listrik bertenaga air. Negara ini menjadikan salah satu negara dengan pendapatan perkapita tertinggi di dunia.

Keindahan alam di Swiss yang menjadikan negara ini di kunjungi oleh wisatawan.

Itulah 10 negara yang paling bersih di dunia menurut Environmental 
Performance Index(EPI).

Lalu bagaimana dengan Indonesia ?
Berikut ini adalah peringkat kebersihan negara Indonesia beserta negara Asia Tenggara lainnya  Environmental Performance Index(EPI).
1.   Singapura di peringkat 49 dengan nilai Indeks : 64,23.
2.   Brunei Darussalam  di peringkat 53 dengan nilai Indeks : 63,57.
3.   Malaysia di peringkat 75 dengan nilai Indeks : 59,22.
4.   Filipina di peringkat 82 dengan nilai Indeks : 57,65.
5.   Thailand di peringkat 121 dengan nilai Indeks : 49,88.
6.   Timor Leste di peringkat 125 dengan nilai Indeks : 49,54.
7.   Vietnam  di peringkat 132  dengan nilai Indeks : 46,92.
8.   Indonesia di peringkat 133 dengan nilai Indeks : 46,62.
9.   Myanmar  di peringkat 138 dengan nilai Indeks : 45,32.
10.           Kamboja di peringkat 150  dengan nilai Indeks :43,23 .
11.           Laos di peringkat 153 dengan nilai Indeks : 42,94.

Demikian artikel tentang 10 Negara Paling Bersih Di Dunia, Bagaimana Dengan Indonesia ? semoga bermanfaat untuk kalian, mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan kata dalam pembuatan artikel.


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon