4/24/2020

Berdoalah Sebanyak Mungkin Pada 4 Waktu Di Bulan Ramadhan Ini Insyallah Terkabul



LIPUTANBERITA21.COM Berdasarkan keputusan dari Kementerian Agama RI menyatakan untuk 1 Ramadhan  1441 Hijriah/2020 Masehi jatuh pada hari Jum'at (24/4/2020).

Pada saat ini juga umat islam di seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa dan menyambut bulan ramadhan dengan suka cita, karena pada bulan ramadhan ini banyak sekali kebaikan yang di dapatkan misalkan seperti dosa di ampuni oleh Allah SWT, pahala di lipat gandakan, doa di kabulkan dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA : Cara Melihat Jadwal Imsakiyah Ramadhan 1441 H

Pada bulan ramadhan ini seluruh manusia berlomba - lomba untuk melakukan kebaikan  karena satu kebaikan yang dilakukan oleh manusia maka pahala nya akan di lipat gandakan. Bukan hanya melakukan kebaikan manusia diharuskan untuk melakukan doa yang banyak insyallah doa yang di minta akan di kabulkan oleh Allah SWT.

Di bulan ramadhan juga terdapat 4 waktu yang menurut para ulama 4 waktu tersebut sangat istimewa, jika berdoa pada waktu tersebut doa akan cepat di kabulkan.

Berikut ini 4 waktu istimewa untuk berdoa saat bulan Ramadhan

1. Waktu Sahur


Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang di sampaikan kepada Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallalahu' alaihi wa sallam bersabda : " Rabb juta tabaraka wa ta'ala turun ke langit dua ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, "Siapa saja yang berdoa kepada-ku, maka akan aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-ku maka aku beri, siapa yang meminta ampunan kepada-ku maka akan aku ampuni, "(HR. Bukhari, no. 1145 dan muslim, no, 758).

Ibu Hajar menjelaskan hadis di atas dengan berkata, "Doa dan istigfar di waktu sahur mudah dikabulkan. " ( Fath Al-Bari, 3:32).


2. Waktu Berpuasa


Berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW yang di sampaikan kepada Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, Nabi Shallalahu' alaihi wa sallam bersabda : "Tiga orang yang doanya tidak terlolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa yang di zalimi. " (HR. Ahmad 2: 305).

Imam Nawawi rahimahullah berkata, "Disunnahkan orang yang berpuasa untuk memperbanyak doa demi urusan akhirat dan dunianya, juga ia boleh berdoa untuk hajar yang ia inginkan, begitu pula jangan lupakan doa kebaikan untuk kaum muslim secara umum. " (Al-Majmu; 6;273).


3. Waktu  Berbuka Puasa


Nabi Shallalahu' alaihi wa sallam bersabda : "Tiga orang yang doanya tidak terlolak: Orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa yang di zalimi. " (HR. Tirmidzi no. 2526, 3598 dan Ibnu Majah no. 1752, Al-Hafizh Abu Thahir mengatakan bahwa hadist ini hasan).

Dalam tuhfah Al-Ahwadzi (7:278) mengatakan bahwa kenapa doa mudah dikabulkan ketika berbuka puasa yaitu orang yang berbuka puasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan rendah diri.

4. Waktu Azan Berkumandang


Saat azan di kumandangkan pada seluruh umat islam di anjurkan untuk menjawab azan tersebut dengan lazafh yang sama. Saat mendengar azan di kumandangkan sebaiknya cepat - cepat berdoa karena pada saat itu adalah waktu yang istimewa untuk berboda. 

Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda :
ثنتان لاتردان أو قلما تردانالدعاء عند النداء وعندالبأس حين يلحم بعضهمبعضا
"Doa tidak tertolak pada dua waktu atau minimal kecil kemungkinan tertolaknya, yaitu ketika adzan berkumandang dan saat perang berkecamuk, ketika kedua kubu saling menyerang" (HR. Abu Daud. 2540).

Demikian artikel tentang Berdoalah Sebanyak Mungkin Pada 4 Waktu Di Bulan Ramadhan Ini Insyallah Terkabul semoga bermanfaat 
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon