4/24/2020

Saat Pandemi Covid - 19 Melanda Di Bulan Ramadhan Begini Cara Tata Cara Solat Terawih Di Rumah Dan Bacaan Niat Sholat Terawih


LIPUTANBERITA21.COM - Pada hari ini seluruh umat islam di dunia sedang menjalankan ibadah puasa, bulan ramadhan ini bulan yang sangat di nanti - nanti oleh seluruh umat islam di dunia karena di bulan ramadhan ini semua kebaikan akan di lipat gandakan pahala nya.


Pada bulan ramadhan ini umat islam di anjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan dan ibadah yang lainnya, misalnya  untuk kebaikan bisa dengan membantu orang yang terkena dampak dari virus covid -19. Jika untuk ibadah di anjurkan untuk dikerjakan baik yang wajib maupun yang sunah karena pada saat bulan ramadhan kita dapat mendapatkan pahala yang di lipat gandakan dan dosa yang di ampuni oleh Allah SWT.

BACA JUGA : 4 Waktu Mustajab Untuk Berdoa Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan tahun ini cukup mengkhawatirkan karena pada bulan ramadhan sedang terjadi pademi virus Corona (Covid-19) yang melanda di seluruh Indonesia bahkan dunia, sehingga para ulama Indonesia dan dunia menghimbau masyarakat nya agar tidak melakukan kegiatan di luar rumah agar tidak tertular virus Covid - 19.

Untuk ibadah seperti sholat wajib atau sholat sunnah lainnya seperti sholat tarawih bisa dilakukan di rumah masing - masing. Bagi kalian yang belum mengetahui niat bacaan solat terawih yang di lakukan di rumah, jangan khawatir Liputanberita21.com akan memberikan nya kepada kalian.


Bacaan Niat Terawih Di Rumah

Sholat terawih ini adalah ibadah sunah yang hukumnya sunnah muakad. Biasanya sholat terawih ini di lakukan di masjid secara berjamaah atau sendiri di rumah. Karena kondisi sekarang tidak memungkinkan untuk di masjid maka sebaiknya melakukan sholat terawih nya di rumah saja.

Untuk niat bacaan sholat terawih yang di lakukan di rumah, bisa membaca niat di bawah ini :

"USHOLLII SUNNATAT-TAROOWIIHI ROK'ATAINI MUSTAQBILAL QIBLATI LILLAAHI TA'ALAA."

Artinya : "Saya niat sholat sunnah tarawih dua raka'at menghadap kiblat kerena Allah Ta'ala."

Tata Cara Sholat Tarawih Di Rumah


Pada umunya jumlah raka'at sholat tarawih terdiri dari 11 raka'at atau 23 raka'at sesuai dengan imam dan peraturan di masjid tersebut. Jika untuk yang 11 raka'at biasanya hitungan nya 2+2+2+2 = 8  raka'at lalu di tambah 3 raka'at sholat witir, lalu setiap 2 raka'at terakhir di tutup dengan salam. 

Untuk hitungan 23 raka'at shalat terawih ini tidak beda dengan 11 raka'at hitungan nya tetap 2 raka'at terakhir di tutup dengan salam lalu di tambah 3 raka'at sholat witir.

Untuk tata cara sholat terawih ini tidak beda dengan sholat wajib yang membedakan hanya niat bacaan nya saja. Agar lebih jelas, berikut ini tata cara sholat terawih :

  1. Takbiratul Ihram
  2. Membaca Doa Iftitah
  3. Membaca Surat Al-Fatihah
  4. Membuat surat Al-Quran
  5. Ruku
  6. I'tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Lalu berdiri untuk melanjutkan raka'at kedua
  11. Takbiratul Ihram
  12. Membaca Doa Iftitah
  13. Membaca Surat Al-Fatihah
  14. Membuat surat Al-Quran
  15. Ruku
  16. I'tidal
  17. Sujud
  18. Duduk di antara dua sujud
  19. Sujud kedua
  20. Duduk Tahiyat Akhir
  21. Salam
Demikian artikel tentang  Saat Pandemi Covid - 19 Melanda Di Bulan Ramadhan Begini Cara Tata Cara Solat Terawih Di Rumah Dan Bacaan Niat Sholat Terawih semoga bermanfaat
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon