4/30/2020

#MenebarkanKebaikan Bersama Dompet Dhuafa Selama Di Bulan Ramadhan




LIPUTANBERITA21.COM - Marhaban Ya Ramadhan Liputan Berita 21 mengucapkan selamat menjalani ibadah puasa 1441 H kepada yang sedang menjalani nya. 

Berdasarkan keputusan dari Kementerian Agama RI menyatakan untuk 1 Ramadhan  1441 Hijriah/2020 Masehi jatuh pada hari Jum'at (24/4/2020).


Sebelum melakukan keputusan dalam menetapkan 1 Ramadhan 1441 Hijriah Kementerian Agama RI melakukan pengamatan hilal yang di lakukan di 27 provinsi di Indonesia yang di lakukan pada hari Kamis (23/04/2020).  Dalam penyampaian hilal pada tahun ini dilakukan melalui video karena situasi pandemi Covid-19 di Indonesia.

Karena marak nya pandemi Covid-19 di Indonesia maka Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama RI menghimbau masyarakat Indonesia agar melalukan ibadah bulan Ramadhan seperti terawih, shalat wajib dan berbuka puasa di lakukan rumah masing - masing.





1. Bulan Ramadhan



Pada hari ini seluruh umat islam di dunia sedang menjalankan ibadah puasa, bulan ramadhan ini bulan yang sangat di nanti - nanti oleh seluruh umat islam di dunia karena di bulan ramadhan ini semua kebaikan akan di lipat gandakan pahala nya. 

Salah satu kewajiban umat muslim adalah menjalankan ibadah puasa di  bulan ramadhan yang tentunya sudah baligh dan berakal sehat. Hal ini berdasarkan dalil kewajiban puasa ramadhan dalam Al-Qur'an dan hadist sebagai berikut ini :


Firman Allah




يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Wahai orang - orang beriman! diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (Q.S. Al-Baqarah/2:183).

Imam Izzuddin bin Abdis Salam dalam kitabnya Maqsidus Shaum menafsirkan bahwa maksud firman Allah Swt, la'allakum tattaqum adalah agar kalian terpelihara dari panasnya api neraka dengan berpuasa. Artinya puasa dapat menjadi sebab diampuninya dosa - dosa yang dapat menjerumuskan manusia ke dalam api neraka.


Dalil Hadist



Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw, bersabda, "Islam itu dibangun di atas lima pondasi yaitu bersaksi bahwa tiada tuhan  selain Allah dan muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa ramadhan. "(H.R. Al-Bukhari).


Pada bulan ramadhan ini umat islam di anjurkan untuk melakukan berbagai kebaikan misalnya  untuk kebaikan bisa dengan membantu orang yang terkena dampak dari virus covid -19. Jika untuk ibadah di anjurkan untuk dikerjakan baik yang wajib maupun yang sunah karena pada saat bulan ramadhan kita dapat mendapatkan pahala yang di lipat gandakan dan dosa yang di ampuni oleh Allah SWT.


Bulan ramadhan tahun ini cukup mengkhawatirkan karena pada bulan ramadhan sedang terjadi pademi virus Corona (Covid-19) yang melanda di seluruh Indonesia bahkan dunia, sehingga para ulama Indonesia dan dunia menghimbau masyarakat nya agar tidak melakukan kegiatan di luar rumah agar tidak tertular virus Covid - 19.
Back to Content



2. Zakat



Zakat adalah harta tertentu yang dikeluarkan apabila telah mencapai syarat yang telah diatur sesuai aturan agama dan lalu diberikan kepada 8 asnaf penerima zakat.

Zakat ini biasanya dikeluarkan pada saat bulan ramadhan tujuan zakat harus dikeluarkan adalah untuk membersihkan harta dan hati manusia dari dosa yang telah terjadi. Jangka waktu mengeluarkan zakat adalah di mulai dari 1 ramadhan sampai 1 syawal saat belum melakukan solat ied. 

Hukum mengeluarkan zakat adalah wajib yang dimana berdasarkan hadist nabi Rasulullah SAW dan firman Allah sebagai berikut ini :

Dalam Al-Qur'an disebutkan, "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan menyucikan mereka" (Q.S. At-Taubah / 9:103).



Dalil Hadist



Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw, bersabda, "Islam itu dibangun di atas lima pondasi yaitu bersaksi bahwa tiada tuhan  selain Allah dan muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa ramadhan. "(H.R. Al-Bukhari).



Back to Content




8 Golongan Yang Menerima Zakat



Dalam Al-Qur'an, "Allah memberikan ketentuan ada delapan golongan orang yang menerima zakat. (Q.S. At-Taubah : 60).

8 Golongan yang berdasarkan firman Allah SWT yaitu :


  1. Fakir, Mereka yang hampir tidak memiliki apa - apa sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan hidup sehari - hari.
  2. Miskin adalah mereka yang memiliki harta tapi tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari.
  3. Amil adalah yang mengumpulkan dan membagikan zakat.
  4. Mu'allaf adalah mereka yang baru masuk islam dan membutuhkan bantuan untuk menguatkan tauhid dan syariah.
  5. Hamba Sahaya adalah budak yang ingin kemerdekaan dirinya.
  6. Gharimin adalah yang berhutang untuk kebutuhan hidup dalam mempertahankan jiwa dan izzahnya.
  7. Fisabilillah adalah yang berjuang di jalan Allah seperti dakwah, jihad dan sebagainya.
  8. Ibnu Sabil adalah orang yang kehabisan biaya di perjalanan dalam ketaatan kepada Allah.

Back to Content


Jenis - Jenis Zakat


Secara umum zakat di bagi menjadi 2 yaitu zakat fitrah dan zakat maal. Zakat fitrah adalah zakat yang diwajibkan atas setiap jiwa baik lelaki dan perempuan muslim yang dilakukan pada bulan Ramadhan.

Sedangkan zakar Maal adalah zakat harta seperti uang, emas, surat berharga dan aset yang disewakan. Namun berdasarkan Al - Qur'an dalam surat At-Taubah ayat 103, Peraturan Menteri Agama No 52/2014 dan pendapat dari Shaikh Yusuf Qardawi). Zakat maal ini masih memiliki jenis - jenis yang lainnya yaitu :


  1. Zakat Penghasilan
  2. Zakat Emas dan Perak
  3. Zakat Perusahaan
  4. Zakat Perdagangan
  5. Zakat Saham
  6. Zakat Reksadana
  7. Zakat hasil barang temuan
  8. Zakat Pertanian
  9. Zakat Peternakan


Itulah soal penjelasan tentang zakat. Tetapi karena tahun ini Indonesia sedang di landa oleh virus Covid-19 sehingga masyarakat Indonesia tidak dibolehkan untuk keluar rumah tanpa alasan yang penting. Karena hukum zakat ini adalah wajib pemerintah Indonesia masih membolehkan masyarakat nya untuk mengeluarkan zakat berdasarkan kemampuan.




Tapi pertanyaan nya adalah apakah membayar zakat nya di lakukan seperti biasa yaitu di masjid atau amil zakat yang mendatangi masyarakat Indonesia dari rumah ke rumah lainnya ?  tunggu aja informasi dari pemerintah Indonesia untuk kedepan nya, karena pemerintah Indonesia melarang warga nya tidak untuk berkumpul di tempat keramaian.

Walaupun di Indonesia terjadi pandemi Covid-19 bukan berarti kita tidak bisa melakukan ibadah dan kebaikan berbagi  kepada orang lain karena di bulan ramadhan ini pahala kita akan di lipat gandakan jika melakukan ibadah dan melakukan kebaikan berbagi kepada orang lain.
Back to Content



Kebaikan Yang Bisa Di Lakukan Pada Bulan Ramadhan Di Tengah Pademi Covid-19


Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan kebaikan dimana pada bulan itu dosa - dosa akan diampuni, doa akan dikabulkan dan pahala akan di lipat gandakan oleh Allah SWT.

Pada bulan ramadhan tahun ini telah terjadi pandemi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia sehingga segala aktivitas di rumah di hentikan oleh pemerintah negara masing - masing. Tetapi covid-19 bukan halangan untuk melakukan kebaikan di bulan yang penuh berkah saat ini walaupun di rumah atau di luar  rumah masih bisa terus melakukan kebaikan berbagai kepada orang lain yang tentu nya yang terkena covid-19. 

Sambil menunggu berbuka puasa bisa melakukan kebaikan di tengah pandemi covid-19 saat ini yaitu :  


1. Membaca Al-Qur'an






Al-Qur'an adalah kitab suci bagi agama islam yang dijadikan sebagai petunjuk ke arah yang benar dan dapat membedakan yang mana yang buruk dan yang baik. Keistimewaan Al-Qur'an ini banyak sekali seperti Al-Qur'an sebagai petunjuk, sebagai menyembuhkan penyakit dan masih banyak lagi lainnya.

Membaca Al-Qur'an adalah salah satu kebaikan yang dimana jika membaca satu huruf seperti alif maka akan mendapatkan satu kebaikan hal ini berdasarkan hadist Rasulullah SAW. Sebagai berikut :

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Alquran maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf. " (H.R. Bukhari).

Di bulan ramadhan ini membaca Al-Quran akan mendapatkan kebaikan yang berlipat ganda dari bulan sebelumnya maka justru itu luangkan waktu itu membaca Al-Qur'an walaupun cuma 10 menit. Jika ingin sambil menunggu berbuka puasa kalian bisa membaca Al-Qur'an dari jam 5 sore sampai berbuka puasa.


2. Beribadah Sholat Berjemaah



Sholat adalah ibadah wajib yang di lakukan oleh umat muslim, sholat sendiri di bagi menjadi dua yaitu sholat wajib dan sholat sunnah, sholat wajib misalnya sholat 5 waktu yaitu Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib dan Isya. 

Sedangkan sholat sunnah seperti sholat tahajud, sholat gaib, sholat dhuha, sholat gerhana matahari dan masih banyak lainnya,  lalu sholat sunnah ini di bagi lagi yaitu adalah sholat sunnah muakad. Sholat sunnah muakad ini misalnya seperti sholat terawih, sholat jum'at dan sholat ied.

Sholat ini bisa dilakukan sendiri  atau berjemaah tetapi walaupun kedua nya mendapatkan kebaikan tetapi ada perbedaan nya yaitu jika sholat sendiri ia akan mendapatkan kebaikan hanya 1 kali lipat sedangkan jika berjemaah akan mendapatkan kebaikan 27 kali lipat.

Karena kondisi Indonesia saat ini sedang terjadi pandemi covid-19 maka pemerintah Indonesia yang di dukung oleh Kementerian Agama RI dan Majelis Ulama Indonesia ( MUI ) memberikan saran kepada warga Indonesia sebaiknya melakukan ibadah sholat di rumah saja agar tidak terjadi nya penyebaran virus covid-19 semakin luas.

Namun jangan khawatir di rumah kalian bisa melakukan sholat berjemaah bersama keluarga kalian dan kebaikan nya akan dilipat gandakan karena di bulan ramadhan ini .


3. Membantu Orang Lain



Walaupun pandemi covid-19 sedang terjadi bukan halangan untuk kita membantu orang lain karena justru saat ini kita harus saling bahu membahu membantu orang lain khusus nya bagi yang terkena dampak dari covid -18 ini. Bantuan yang bisa di berikan seperti alat kesehatan, sembako, uang dan masih banyak lainnya.

Tetapi harus di ingat harus menggunakan pengaman saat melakukan nya bisa menggunakan masker dan sarung tangan setelah itu mencuci tangan setelah habis kegiatan. Karena dengan cara ini kita bisa saling membantu saat terjadi pandemi covid-19.



4. Bersedekah



Sedekah adalah kebaikan yang di sukai oleh Allah SWT. Karena dengan sedekah inilah manusia bisa saling tolong - menolong. Hal ini berdasarkan firman Allah SWT.

"Jika kamu menampakkan sedekah (mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang - orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan." (Q.S. Al-Baqarah : 271).

Keistimewaan sedekah ini banyak sekali seperti sedekah tidak mengurangi harta, menghapuskan dosa dan pahala yang di lipat gandakan . Melakukan sedekah di bulan penuh berkah ini merupakan keputusan yang baik karena di bulan ramadhan ini maka kalian akan mendapatkan pahala yang di lipat gandakan lebih banyak dari pada bulan sebelumnya.

Karena pada saat ini telah terjadi pandemi covid-19 maka kalian bisa memberikan sedekah kepada korban yang terdampak covid-19 ini,  karena bantuan kecil kalian sangat berarti bagi yang membutuhkan nya. Kalian sekarang tidak perlu khawatir bagiaman cara melakukan sedekah untuk para korban yang terdampak covid-19 sekarang sudah tersedia perusahaan Dompet Dhuafa yang siap menyalurkan bantuan dan sedekah kalian kepada orang - orang yang membutuhkan dan 100% tepat sasaran.
Back to Content



Bagaimana Cara Melakukan Kebaikan Tapi Di Rumah Saja


Dampak dari pandemi covid-19 di Indonesia sangat berpengaruh kesemua aspek seperti ekonomi, sosial, ibadah, pendidikan dan masih banyak lainnya namun yang paling di rasakan warga Indonesia saat ini adalah Ekonomi dan pendidikan.

Untuk sosial juga terkena dampak dari covid-19 karena warga Indonesia di larang untuk berkunjung ke tempat yang ramai sehingga kegiatan - kegiatan yang membutuhkan banyak orang di larang saat ini seperti khitanan, acara pernikahan dan kegiatan lainnya.

Karena saat ini bulan Ramadhan menyebabkan ibadah - ibadah yang berkaitan di masjid di hentikan sementara terlebih dahulu agar tidak terjadi nya penyebaran virus covid-19. 

Namun bagi kalian yang memiliki jiwa sosial yang tinggi yang suka melakukan kebaikan berbagi kepada orang lain dan membantu orang lain yang sedang mengalami musibah pasti kalian merasa kebingungan bagaimana cara membantu nya sedangkan pemerintah Indonesia melarang warga Indonesia untuk keluar rumah dan berkumpul di tempat yang banyak orang. 


Kalian tidak perlu khawatir dengan di rumah kalian masih bisa membantu sesama orang lain karena saat ini telah tersedia Dompet Dhuafa yang akan siap menyalurkan bantuan kalian kepada manusia yang mengalami musibah covid-19 saat ini .



Back to Content

Apa Itu Dompet Dhuafa ?


Dompet Dhuafa (DD) merupakan lembaga amil zakat milik masyarakat yang di dirikan sejak tahun 1993, yang bertujuan mengangkat harkat sosial kemanusiaan dengan mendayagunakan dana zakat, infak, sedekah dan wakat (ZISWAF) serta dana sosial lainnya dari individu, kelompok maupun perusahaan.

Berdiri nya Dompet Dhuafa ini tidak lepas dari peristiwa bulan April tahun 1993, saat itu Harian Umum Republika yang baru berusia tiga bulan melakukan promosi  di stadion Kridosono, Yogyakarta.

Sehingga peristiwa itulah menginspirasi lahirnya dompet dhuafa Republika tanggal 2 Juli 1993, sebuah rubrik di halaman muka Harian Umum Republika dengan tema "Dompet Dhuafa" di buka.

Sebelum lebih jauh soal Dompet Dhuafa lebih baik nya kita membahas terlebih dahulu arti dari "Dompet" dan "Dhuafa".

Dompet adalah tempat atau wadah yang bisa digunakan untuk menampung benda berharga seperti uang, kartu identitas dan lainnya.

Dhuafa adalah suatu kondisi seseorang yang hidup dalam ketidak berdayaan baik secara ekonomi maupun sosial yang di gambarkan dengan kemiskinan, kesengsaraan, kelemahan dan penderitaan. (Wikipedia Indonesia).

Jadi jika disimpulkan dompet dhuafa adalah tempat  yang digunakan untuk mengatasi kemiskinan, kesengsaraan, kelemahan dan penderitaan. 

Back to Content




Visi Dan Misi Dompet Dhuafa


















 VISI



  1. Terwujudnya masyarakat dunia yang berdaya melalui pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan berbasis pada sistem keadilan.

MISI



  1. Membangun gerakan pemberdayaan dunia untuk mendorong transformasi tatanan sosial masyarakat berbasis nilai keadilan.
  2. Mewujudkan pelayanan, pembelaan dan pemberdayaan yang berkesinambungan serta dampak pada kemandirian masyarakat yang berkelanjutan.
  3. Mewujudkan keberlanjutan organisasi melalui tata kelola yang baik, professional, adaptif, kredibel, akuntabel dan inovatif.

Back to Content




Cabang Dompet Dhuafa




Dari berdiri nya sejak tanggal 2 juli tahun 1993 sampai saat ini dompet dhuafa sudah memiliki 29 cabang yang dimana 24 cabang nya berada di Indonesia sedangkan 5 cabang nya ada di luar negeri. 

Luar negeri yang ada dompet dhuafa yakni :

  1. USA, 1543 Dickinson Street 1F Philadelphia, Pa 19146 dengan situs : www.dompetdhuafausa.org
  2. Hongkong, 116 Leighton road roaci, Flat D 3/F Lei Shun Court - Causeway Bay, dengan alamat situs : www.ddhongkong.org.
  3. Jepang, Johnson Building 4FS104445 17-12 Sakuragaoka-cho, Shibuya 150-0031 Tokyo, Jepang dengan situs : www.ddjepang.org.
  4. Korea, Al Iklhas Mosque Yongin Baekokdae-ro 1137 3rd floor, Cheoin-gu, yongin-si, Gyenggi-do
  5. Australia, 178 South Terrace, Bankstown NSW 2200 Australia, dengan situs : www.dompetdhuafa.org.au


Kemungkinan Dompet Dhuafa kana terus berkembang ke depan nya dan menambah cabang baik di Indonesia maupun di luar negeri.
Back to Content



Program Dompet Dhuafa


Dompet Dhuafa memiliki 5 program utama yang memiliki tujuan besar dalam mengatasi kemiskinan, berikut ini adalah program dompet dhuafa yaitu :


1. Pendidikan



Dompet Dhuafa berkomitmen menyediakan akses pendidikan seluas- luasnya untuk kaum dhuafa yang tidak mampu. Untuk mendukung program pendidikan dompet dhuafa memiliki 15 jenis pendidikan yang telah di sediakan yaitu :

  1. Beastudi Indonesia
  2. Sekolah Literasi Indonesia
  3. Pendidikan PAUD dan TK
  4. Komunitas Filantropi Pendidikan dan Pengelolaan Alumni
  5. Desa Inggris Jampang
  6. Perguruan Islam Al-Syukro Universal
  7. Kampus Bisnis Umar Usman
  8. Sekolah Guru Indonesia
  9. Makmal Pendidikan
  10. School For Refugees
  11. Smart Eksiensia Indonesia
  12. Insitut Kemandirian
  13. Pusat Belajar Anti Korupsi
  14. Dompet Dhuafa University
  15. Sekolah Smart Cibong

15 jenis pendidikan tersebut diberikan untuk semua kaum dhuafa yang tidak sanggup untuk membiayai keluarga nya menempuh pendidikan dan dalam proses pendidikan tersebut di bimbing oleh guru dan dosen professional di bidang nya sehingga dapat cepat saat proses belajar mengajar.


2. Kesehatan



Dompet Dhuafa di program kesehatan mendirikan berbagai lembaga kesehatan yang bertujuan untuk melayani seluruh mustahik dengan sistem mudah dan terintegrasi.

Program kesehatan ini sudah ada sejak tahun 2001 dengan program layanan kesehatan cuma - cuma, dengan program tersebut masyarakat yang tidak mampu bisa mengecek kesehatan mereka dengan cuma - cuma alias gratis.

Sejak tahun 2009 dompet dhuafa mulai membangun rumah sakit gratis untuk masyarakat miskin yang berada di desa Jampang, Kemang, Kabupaten bogor dengan luas lahan 7.600 m2.

Sejak tahun 2009 itu lah dompet dhuafa selalu berinovasi sehingga sampai sekarang ini dompet dhuafa telah berhasil membangun 15 rumah sakit gratis untuk masyarakat miskin yang berada di 19 provinsi di Indonesia. Untuk kedepannya dompet dhuafa akan terus membangun rumah sakit gratis demi untuk mengatasi permasalahan kesehatan bagi kaum dhuafa di Indonesia.


3. Ekonomi 




Dompet Dhuafa memberdayakan masyarakat berbasis potensi daerah untuk mendorong kemandirian umat. Maksud dari program ekonomi dari dompet dhuafa ini adalah perusahaan dompet dhuafa akan memberikan bantuan berupa uang kepada kaum dhuafa yang tidak mampu yang dimana uang tersebut digunakan untuk membuka usaha. Sehingga dengan itu mereka bisa memperbaiki perekonomian keluarga nya.

Untuk membantu kaum dhuafa terkait ekonomi maka dompet dhuafa memberikan 7 jenis usaha yang bisa di gunakan oleh kaum dhuafa yaitu :

  1. Pertanian Sehat
  2. UMKM dan Industrasi Kreatif
  3. Pengembangan Keuangan Mikro Syariah
  4. Agro Industri
  5. Peternakan Rakyat
  6. Pengembangan Kawasan
  7. Trading Area

7 jenis tersebut bisa di pilih bagi kaum dhuafa yang ingin membuka usaha sebelum membuka usaha maka kaum dhuafa akan diberikan pelatihan terlebih dahulu agar mampu mengatasi masalah yang terjadi saat berusaha.


4. Sosial Dan Dakwah




Dompet dhuafa merespon cepat permasalahan masyarakat sesui dengan kebutuhannya. Sesuai dengan nama program dompet dhuafa yang dimana nanti dompet dhuafa akan membantu kaum dhuafa yang tidak mampu yang berupa sembako, uang , makanan, alat kesehatan dan lain - lain.

Tidak hanya bantuan sosial tetapi dompet dhuafa akan melakukan dakwah agar masyarakat dapat meningkatkan agama dan imamnya. 

Untuk membantu program sosial dan dakwah, dompet dhuafa membuka 4 jenis bantuan untuk kaum dhuafa yaitu :


  1. Disaster Management Center (DMC)
  2. Indonesia Development and Islamic Studies (IDEAS)
  3. Pusat Bantuan Hukum (PBH)
  4. Tebar Hewan Kurban (THK)

Pada program sosial dan dakwah ini kalian bisa menjadi ikut serta dalam membantu kaum dhuafa yang tidak mampu dengan bergabung sebagai relawan di dompet dhuafa maka kalian sudah bisa membantu kaum dhuafa.


5. Budaya




Dompet dhuafa tidak akan melupakan budaya yang merupakan warisan leluhur zaman dulu yang mengandung nilai - nilai kebaikan. Seperti kalian ketahui budaya merupakan ciri khas dari setiap negara begitu juga dengan Indonesia sehingga budaya ini tidak bisa dilupakan begitu saja harus di wariskan ke generasi kedepan agar mereka tahu budaya - budaya yang ada di Indonesia.

Dengan adanya program ini dompet dhuafa mengajak masyarakat Indonesia untuk membantu dalam berpartisipasi menjaga kebudayaan Indonesia.
Back to Content


Layanan Dompet Dhuafa



Untuk menunjang kinerja dompet dhuafa sehingga dompet dhuafa memberikan 5 pelayanan gratis yang bisa di gunakan untuk semua orang. Apa itu itu ? berikut ini 5 pelayanan dompet dhuafa :


1. Jemput Zakat




Karena bulan ramadhan ini di wajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah atau zakat maal tetapi dengan kondisi seperti saat ini memungkinkan pengambilan zakat di lakukan dari rumah ke rumah lainnya dan juga bagi kalian yang berada di zona merah karena covid-19 seperti Jakarta, Banten, Bandar Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur  dan lain - lain, untuk membayar zakat nya bisa melalui online yaitu dengan menggunakan Dompet Dhuafa kalian tidak perlu keluar rumah nanti ada karyawan Dompet Dhuafa yang akan mengambil zakat kalian. 


2. Kalkulator Zakat








Kalkulator zakat adalah sebuah rumus perhitungan zakat yang telah disesuaikan dengan kaidah fikih. Gunakan fitur ini untuk menghitung apakah anda sudah mencapai Nishab atau belum, kalian bisa menghitung pendapatan sebulan kalian dan simpanan kalian seperti emas atau uang. Dengan kalkulator zakat ini kalian bisa mengetahui berapa zakat / infak yang ingin kalian bayarkan.


3. Konfirmasi Donasi




Pada untuk pelayanan konfirmasi donasi ini kalian bisa gunakan setelah kalian melakukan donasi / sedekah melalui dompet dhuafa. Tujuan dari pelayanan ini adalah agar tidak terjadi kesalahan saat memasukan data di program dompet dhuafa Jika kalian telah melakukan konfirmasi donasi itu membuktikan bahwa anda telah melakukan donasi.

Jadi jika kalian sudah melakukan donasi jangan lupa melakukan konfirmasi donasi ya


4. Konsultasi





Bagi kalian yang baru bergabung dengan dompet dhuafa pasti nya belum paham banget soal dompet dhuafa dan program - program yang diberikan, kalian tidak perlu khawatir karena dompet dhuafa menyediakan layanan konsultasi yang bisa digunakan untuk semua orang. Pelayanan ini digunakan untuk menjawab semua pertanyaan kalian dari A-Z dengan baik.


5. Donasi




Donasi merupakan sangat di nanti - nanti untuk semua nya, karena dengan donasi / sedekah ini lah kalian bisa membantu orang yang sedang kesulitan seperti korban covid-19 seperti sekarang ini. Pelayanan ini sangat cocok bagi kalian yang mempunyai jiwa sosialisasi yang besar dan senang melakukan kebaikan berbagi kepada orang lain. 

Dengan dompet dhuafa kalian masih bisa melakukan kebaikan berbagi kepada orang lain yang berupa uang walaupun hanya dari murah. Untuk melakukan donasi / sedekah cukup mudah di dompet dhuafa yaitu kalian hanya mengisi donasi yang ingin di keluarkan dan mengisi data diri anda.

Lalu untuk pembayaran nya dompet dhuafa memiliki 2 jenis pembayaran yaitu Transfer Bank dan Online Payment . Transfer bank bisa menggunakan bank BCA, Mandiri, BNI dan muamalat. Sedangkan jika untuk online payment bisa menggunakan Link Aja, OVO, Dana, CIMB Cliks, Kartu debit.

Kalian harus ingat jika kalian sudah melakukan donasi jangan lupa melakukan konfirmasi donasi ya
Back to Content



Bagaimana Cara Bergabung Dengan Dompet Dhuafa





Untuk kalian yang ingin bergabung dengan dompet dhuafa ada 2 cara yaitu :


1. Relawan






Cara pertama yaitu sebagai relawan bagi kalian yang suka membantu orang lain, relawan merupakan pilihan yang tepat karena dengan bergabung sebagai relawan kalian bisa bantu membagikan bantuan kepada kaum dhuafa bersama karyawan dompet dhuafa lainnya.

Untuk bergabung sebagai relawan di dompet dhuafa cara nya sangat mudah sekali yaitu hanya mengisi biodata diri anda seperti Nama Lengkap, Jenis Kelamin, Alamat, Tempat Lahir , Tanggal lahir dan lain - lain. Dompet dhuafa tidak memungut pembayaran  alias gratis bagi kalian yang ingi bergabung dengan dompet dhuafa. 


2. Karir






Cara kedua adalah karir, untuk kalian yang sedang ingin mencari pekerjaan / karir kalian bisa bergabung dengan dompet dhuafa. Karena pada bulan ramadhan seperti sekarang ini dompet dhuafa membuka pekerjaan seperti : Event Staff, Grapich Designer, Video Jurnalist, Video Editor, Photografer , Content Writer,  Donor management staff dan Telemarketer.

Untuk mendaftar sebagai karir di dompet dhuafa kalian cukup mengirimkan CV terbaik kalian dan portofolio melalui email sahabat_dd@dompetdhuafa.org.

Itulah penjelasan tentang dompet dhuafa,  walaupun kalian hanya di rumah karena covid-19 kita masih bisa untuk #Menebarkankebaikan bersama Dompet Dhuafa untuk menolong kaum duafa dan korban covid-19 yang sekarang ini.

Sebelum mengakhiri dari artikel ini saya ingin memberikan motivasi untuk kalian soal covid-19 yang sedang melanda di Indonesia idak tertular virus Covid - 19.

Di mulai dari diri kita sendiri yang bisa memutuskan penyebaran covid-19 di Indonesia. Untuk menyelamatkan negara tercinta kita dari covid-19 kita hanya perlu di rumah saja, biarkan para medis atau dokter dan pemerintah Indonesia yang bekerja, kita hanya perlu #StayAtHome. 

Apakah kita ingin melihat negara kita seperti negara Amerika Serikat, Prancis dan Italia yang dimana ketiga negara tersebut sudah menyentuh angka ratusan ribu korban jiwa akibat dari virus corona bahkan Amerika Serikat sudah sampai tembus 1 juta korban jiwa akibat covid-19 untuk menghentikan semua nya di mulai dari diri sendiri. AYO BERSATU MELAWAN CORONA
Back to Content



"Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa"


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon