7/12/2020

Yuk Lebih Mengenal Laptop Asus TUF Gaming A15 FX506 Dan Ryzen 4000 Series, Apa Aja Kelebihannya ?

Asus TUF Gaming A15 FX506 Dan Ryzen 4000 Series

LIPUTANBERITA21.COM -  Pada tahun 2020 terdapat dua  perusahaan teknologi terbesar yang mengeluarkan produk terbaru mereka perusahaan tersebut yakni  Asus dan Advanced Micro Devices (AMD)

Perusahaan Asus mengeluarkan laptop gaming terbaru mereka yang diberi nama yaitu Laptop Asus TUF Gaming A15 FX506 , jika perusahaan AMD mengeluarkan chipset terbaru mereka yaitu AMD Ryzen 4000 Series GEN 3.

Dengan diluncurkannya  produk terbaru dari perusahaan mereka hal ini terjadinya kerja sama antara pihak AMD maupun Asus. Sejak dari dulu perusahaan Asus memang selalu menggunakan prosesor dari brand AMD untuk laptop gaming Asus. Contoh nya seperti Laptop Asus ROG, Asus Setrix maupun Asus ROG Zephyerus G14, Asus TUF Gaming A15 Series yang menggunakan prosesor AMD.

Lalu untuk laptop Asus TUF Gaming A15 FX506 kembali menggunakan prosesor asal pabrikan AMD ini. Prosesor yang digunakan yaitu AMD Ryzen 7 4800U. Prosesor ini di gadang - gadang menjadi prosesor terbaik yang dikeluarkan oleh AMD saat ini. 

Bagaimana apakah ingin tahu kekuatan dari prosesor AMD Ryzen ini, bisa simak penjelasannya di bawah ini.



Ryzen 4000 Series


Ryzen 4000 Series

Pada tahun 2020 tepatnya pada pada 7 Januari tahun 2020  perusahaan chipset asal California yakni Advanced Micro Devices (AMD)  meliris prosesor Ryzen™ Mobile generasi ketiga yaitu Ryzen™ Mobile 4000 series yang merupakan prosesor mobile yang menggunakan teknologi 7NM (Nano Meter) dan arsitektur Zen 2 hingga RDNA lalu terdapat graphic card platfrom dekstop pada prosessor ini.

Prosesor Ryzen 4000 series ini dilengkapi dengan speksifikasi 8 cores 16 Threads dengan clock speed sebesar 4.2 Ghz sehingga membuat prosesor dapat berkerja lebih baik dengan cepat pada prosesor di generasi sebelumnya, atas keberhasilan AMD mengeluarkan prosesor ini maka perusahaan Asus menggunakan prosesor ini untuk di tanamkan di laptop TUF Gaming A15 FX506. 

Target pemasaran dari AMD Ryzen Moile 4000 Series mengarah ke pasar Asia Pasifik, Alasan AMD menargetkan ke pasar Asia Pasifik tidak lain karena di pasar Asia terdapat perusahaan - perusahaan teknologi besar yang mengeluarkan produk laptop.

Prosesor ini akan digunakan untuk semua perangkat laptop dimulai dari kelas konsumer maupun bisnis dan akan memberikan performa yang lebih baik dan serta dapat menghemat daya baterai lebih banyak.

AMD Ryzen™ 4000 Series Mobile hadir dalam 3 seri, yaitu Seri U, Seri H dan Seri PRO. Seri-U merupakan seri yang umumnya digunakan pada laptop ultrathin atau laptop mainstream, sedangkan seri-H merupakan seri yang digunakan untuk memberikan performa maksimal gaming serta content creator, dan terakhir seri-PRO untuk para profesional dengan teknologi terbaru serta fitur keamanan modern.



Back to Content

Prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series untuk Mobilitas Tingkat Tinggi


Ryzen 4000 Series


Terdapat beberapa pilihan untuk AMD Ryzen™ 4000 U-Series, mulai dari AMD Ryzen™ 3 4300U dengan 4 core 4 threads hingga AMD Ryzen™ 7 4800U dengan 8 core 16 threads. Tidak lupa disebutkan pula, bahwa semua jenis prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series memiliki TDP yang sama, yakni sebesar 15W. Pasalnya prosesor seri U dirancang untuk menunjang mobilitas pengguna, sehingga penggunaan daya juga menjadi point utama selain performanya yang sangat cepat

Salah satu hal yang menjadi sorotan pada prosesor AMD Ryzen™ Mobile 4000 U-Series kali ini adalah AMD Ryzen™ 7 4800U. Didesain untuk laptop ultrathin, prosesor ini memiliki spesifikasi yang tidak main-main, yakni 8 core 16 thread dengan clock speed hingga 4.2Ghz!
Bahkan AMD Ryzen™ 7 4800U mampu mengungguli prosesor seri high-end dari kompetitor karena menyajikan performa lebih tinggi hingga 90% pada berbagai pengujian baik single-threadmulti-thread, serta performa dari kartu grafisnya. Kartu grafis Radeon™ Vega Graphics yang tersemat dalam Ryzen™ Mobile memang apik dalam kegiatan olah grafis yang disebut-sebut setara dengan kartu grafis diskrit sekelas

Ryzen 4000 Series


Apabila dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yaitu AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen, prosesor seri mobile kali ini memberikan peningkatan performa/watt hingga 2 kali lebih tinggi, peningkatan latency hingga 5 kali lebih cepat serta support memory LPDDR4X dan SOC yang tentunya lebih hemat daya hingga 20%. Membawa laptop berpergian menjadi lebih nyaman karena daya tahan baterai menjadi lebih lama.

Back to Content


Ryzen 4000 Series VS Core I7 GEN 10

Ryzen 4000 Series

Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Ryzen 4000 series ini maka perusahaan AMD melakukan banding dengan prosesor Core i7-1065G7 atau i7 GEN 10. Banding yang dilakukan oleh AMD yaitu di bidang content creator , gaming maupun performa.

Ryzen 4000 Series


Dalam performa untuk editing maupun konten kreasi, AMD Ryzen™ 7 4800U juga sangat mumpuni. Terbukti dari pengujian yang dilakukan, AMD Ryzen™ 7 4800U dapat mengungguli prosesor kompetitor generasi atas dari segala pengujian aplikasi konten kreasi. Salah satunya adalah aplikasi editing video yang sering digunakan para content creator, yakni Adobe Premier, AMD Ryzen™ 7 4800U dapat memberikan performa lebih tinggi hingga 49% dibandingkan dengan Core I7 Gen 10.
Ryzen 4000 Series

Lalu untuk gaming bagaimana ? Lagi - lagi performa Ryzen 4000 series berhasil mengungguli Core i7 GEN 10 hal ini bisa dilihat hasil uji untuk game GTA V yang merupakan game openworld dengan spesifikasi yang cukup berat dapat dilibas dengan FPS rata-rata 53FPS dengan resoluasi Full HD 1080P.
Ryzen 4000 Series

Lalu untuk performa seperti Single - Thread, Multi - Thread dan Graphic apakah Ryzen 4000 Series berhasil dikalahkan ? Oh tidak berdasarkan hasil yang dikeluarkan melalui Cinebench R20 1T, Cinebench R20 nT dan 3DMark Time Spy menyatakan bahwa Ryzen 4000 Series lebih dominan mengungguli Core I7 Gen 10 dengan nilai di atas rata - rata. 

Back to Content


 Menggunakan Teknologi Terbaik

Ryzen 4000 Series

erlu Prosesor Ryzen 4000 series ini hanya bisa digunakan untuk laptop gaming seperti Asus ROG dan Asus TUF Gaming. Tetapi prosesor ini memiliki rentang TDP (Thermal Design Power) mulai dari 35 - 45 watt yang sehingga membuat prosesor ini lebih hemat daya dan juga memiliki grafis yang sangat cocok untuk perangkat gaming.

Perusahaan AMD ini juga telah memperkenalkan teknologi "A+A+A" yang dimana AMD akan memberian solusi terbaik dimulai dari prosesor, graphic card dan software drive AMD Radeon Andrenaline. Sehingga diharapkan kinerja perangkat laptop dan PC dapat digunakan lebih maksimal.

Peter Chamber, Mengatakan "Saya dan seluruh tim AMD akan memberikan inovasi dan teknologi termuktahir di dunia".

Itulah sedikit penjelasan mengenai Ryzen 4000 Series GEN 3 terbaru intinya ryzen 4000 Series ini sangat cocok bagi para gamers yang ingin memainkan game Full HD di jamin anti lag.

Setelah membahas prosesor yang digunakan oleh Asus TUF Gaming A15 FX506 maka akan kurang puas jika kita tidak membahas laptop asus gaming nya.



Back to Content


Asus TUF Gaming A15 FX506


Asus TUF Gaming A15 FX506

Laptop Asus TUF Gaming A15 FX506 merupakan salah satu laptop gaming terbaru keluaran perusahaan Asus yang dimana laptop ini menggunakan prosesor Ryzen 4000 series  memiliki 8 core 16 thread yang  di gadang - gadang prosesor tersebut sangat baik dalam membantu kinerja laptop gaming dengan membawa tagline #Benerancepat.

Untuk bagian grafis nya laptop gaming ini menggunakan GeForce GTX 1660Ti sampai RTX 2060 yang membuat layar laptop ini lebih jernih saat bermain game. Laptop ini juga di dukung dengan teknologi adaptive sync yang dimana teknologi tersebut dapat mengurangi lag saat bermain game sehinga menjadi lebih nyaman saat bermain game.


Warna laptop gaming ini memiliki dua varian warna yaitu Fortess Gray dan Bonfire Black dengan gabungan antar AMD dan NVIDIA bisa membuat laptop ini bisa bekerja dengan sangat baik dalam web browsing, gaming, editing video ataupun desain. 

Walaupun mempunyai beban yang lebih ringan dibandingan generasi sebelumnya tetapi laptop gaming ini mampu dipasangkan baterai dengan kapasistas yang lebih besar dengan kapasistas 48 Wh membuat masa aktif baterai lebih lama.


Saat melakukan uji coba pada baterai ini bahwa baterai ini bisa bertahan sampai 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery. 

Back to Content


Keyboard

TUF GAMING 4000

Untuk bagian keyboard Asus yang mengusung backlight RGB pada keyboard dan juga menggunakan jenis keyboard full-sized desktop. Tombol keyboard dapat digeser ke atas agar terlihat seperti keyboard desktop.

Selain itu, numeric pad lengkap ditempatkan di kanan untuk mempercepat input angka. Tombol panah juga ditempatkan agak sedikit terpisah dengan tombol lainnya pada keyboard untuk menawarkan pengalaman bermain game yang lebih nyaman. Tak hanya itu, tombol spacebar pun diperlebar untuk memudahkan jari pengguna menyentuhnya.

Back to Content


Port USB

TUF Gaming A15 FX506

Untuk bagian port USB laptop Asus TUF Gamin A15 ini dibekali dua buah port yang berada di posisi kiri yaitu port USB 3.2 Type-A dan port USB 3.2 Gem 2 Type-C. Laptop ini juga telah disediakan port HDMI 2.0b yang bisa digunakan untuk memasang proyektor, monitor tambahan.

Pada bagian kanan laptop ini hanya sediakan port tambahan yang sewaktu - waktu bisa digunakan oleh pengguna laptop ini.

Back to Content


Kecepatan

Laptop Asus TUF Gaming


Untuk masalah kecepatan laptop ini tidak perlu dipertanyakan lagi hanya dengan prosesor yang digunakan sudah bisa membuat laptop gaming ini jadi cepat apalagi jika di dalam nya telah di tambahkan SSD maka loading laptop ini bisa sangat cepat

Disini saya akan membagikan tentang hasil uji kecepatan pada laptop asus gaming, pengujian kecepatan dilakukan di tiga aplikasi yang berbeda yaitu terdiri dari Cinebench R15, Blender (BMW Scene), 3DMark Fire Strike dan CrystalDisk Mark.

Cinebench R15

Ryzen 4000 Series

Ryzen 4000 Series

Ryzen 4000 Series

Blender (BMW Scene)

Ryzen 4000 Series

3DMark Fire Strike

Ryzen 4000 Series

Ryzen 4000 Series

Crystal Disk Mark


Untuk menguji kecepatan SSD laptop gaming ini saya menggunakan Crytal Disk Mark, kecepatan SSD baik Read maupun Write yang dimilikinya nyaris sama.
Ryzen 4000 Series

Back to Content



Kecepatan Gaming

Menggunakan Nama Asus TUF Gaming, maka tentu saja pengujian kami selanjutnya adalah menggunakan kedua laptop TUF Gaming A15 FX506 Series ini dalam memainkan beberapa jenis game untuk melihat performanya secara maksimal. Dalam pengujian kali ini, kami menggunakan Turbo Mode dan mengatur Setting game yang kami uji secara spesifik. Hasilnya sebagai berikut:

Game
Silent
Performance
Turbo
Overwatch
1920x1080 Highest
AVG
102.0
143.5
150.9
MIN
90.0
127.7
135.3
MAX
120.0
164.0
172.0
Shadow of the Tomb Raider
1920x1080 Highest
AVG
52.0
83.1
86.8
MIN
0.0
0.0
0.0
MAX
98.5
141.7
141.9
GTA 5
1920x1080 Highest
AVG
39.0
65.7
68.0
MIN
19.4
36.3
33.9
MAX
79.9
123.9
120.1
Far Cry 5
1920x1080 Highest
AVG
45.0
67.0
91.0
MIN
35.3
45.7
74.0
MAX
60.7
84.0
109.0
Assassin’s Creed Odyssey
1920x1080 Highest
AVG
34.7
46.7
47.0
MIN
17.7
25.0
23.7
MAX
66.0
79.3
80.7
Monster Hunter World
1920x1080 Highest
AVG
45.4
63.9
68.3
MIN
39.7
54.7
58.7
MAX
52.7
73.3
79.3
Witcher 3
1920x1080 Highest
AVG
42.5
59.9
61.8
MIN
32.0
55.0
56.3
MAX
48.3
66.7
69.7

Testing Game Kedua :

Dota 2 (1080p, Fastest, 100% Render Scale)

·         FX506IV (RTX 2060) – Single Channel: 75 – 100 fps
·         FX506IV (RTX 2060) – Dual Channel:110 – 160 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Single Channel:85 – 120 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Dual Channel: 110 – 160 fps
CS:GO (1080p. Low)
·         FX506IV (RTX 2060) – Single Channel: 150 – 180 fps
·         FX506IV (RTX 2060) – Dual Channel:200 – 260 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Single Channel:150 – 180 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Dual Channel: 200 – 260 fps
Assassin’s Creed: Odyssey (1080p, High)
·         FX506IV (RTX 2060) – Single Channel: 30 – 40 fps
·         FX506IV (RTX 2060) – Dual Channel:60 – 70 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Single Channel:35 – 45 fps
·         FX506II (GTX 1650 Ti) – Dual Channel: 45 – 60 fps


Back to Content

Daya Baterai

Ryzen 4000 Series

Pengujian berikutnya adalah uji daya tahan baterai dari dua laptop TUF Gaming A15 FX506 Series yang kami bahas untuk kali ini. Sebelum melakukan pengujian baterai, kami menggunakan konfigurasi Brightness di 50% dan Volume di 25%.

Untuk daya tahan baterai ketika menguji dengan Video Playback, baik FX506IV maupun FX506II sama-sama memiliki daya tahan selama 7 jam 40 menit.
Pengujian daya tahan baterai berikutnya kami lakukan dengan menjalankan game Dota 2 kualitas 720p dengan setting Fastest untuk bermain selama kurang lebih 1 jam. Hasilnya sendiri bisa dilihat sebagai berikut:
·        FX506IV (BatteryBoost Off): 100% – 10% dalam 51 menit
·        FX506IV (BatteryBoost On – 60 fps):100% – 46% dalam 1 jam
·        FX506II (BatteryBoost Off): 100% – 12% dalam 1 jam
·        FX506II (BatteryBoost On – 60 fps): 100% – 49% dalam 1 jam
Sementara untuk Charging, kedua laptop TUF Gaming A15 FX506 Series memiliki fitur Battery Health Charging di MyASUS untuk membatasi kapasitas charging sehingga mampu menjaga umur baterai lebih lama. Untuk hasil pengujian berapa lama laptop membutuhkan waktu untuk bisa charging hingga penuh, bisa dilihat lewat grafik berikut ini:


Back to Content


Desain Dan Speksifikasi


TUF Gaming A15

Desain Bodi Asus TUF Gaming A15 FX506 ini masih terbilang mirip dengan seri TUF Gaming sebelumnya yaini FX505. Yang dimana Asus TUF Gaming A15 FX506 ini memiliki dua jenis tampilan Fortress Gray dan Bonfire Black dengan punggung layar berbahan logam dan terdapat logo TUF di bagian punggung laptop.

Asus Gaming ini memiliki dimensi sekitar 35,9 x 25,6 x 2.47 cm dan untuk berat nya Asus TUF Gaming A15 memiliki bobot sebesar 2,12 kg dan charger sebesar  584 gram.

Laptop asus gaming ini juga telah berhasil lolos dari tes uji military grade yang dimana tes tersebut mencakup tes jatuh, tes guncangan, test suhu tinggi, tes suhu rendah dan test humidity.

Konektor dari TUF Gaming ini terdiri dari DCI, Gigabit Ethernet, HDMI, 2X USB 3.2 Gen 1, USB 3.2 Gen 2 Type C, Audio Combo Jack untuk sisi kirinya dan USB 2.0 serta kensington Lock terdapat pada bagian kanan. Untuk konektivitas laptop gaming ini mendukung Wi-Fi AC dan Bluetooth.


Ini adalah speksifikasi Asus TUF Gaming A15 FX506 :

Main Spec.
TUF Gaming A15 FX506
CPU
AMD Ryzen™ 7-4800H Processor Octa Core (12M Cache, up to 4.2GHz)
Operating System
Windows 10 64-bit
Memory
8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display
15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms, Adaptive Sync
Graphics
NVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output
2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera
HD 720p CMOS module camera
Connectivity
Wi-Fi 5(802.11ac) 2x2 + Bluetooth 5.0
Audio
DTS:X® Ultra
Battery
48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension
359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH)
Weight
2,3Kg
Colors
Fortress Gray

Back to Content


Ketahanan


Ryzen 4000 Series

Laptop Asus TUF Gaming A15 mengunakan pola honeycomb di sekitar bagian bawah juga menambah daya cengram pada permuakan dan selaras dengan pola hexagon di sekeliling chassis. Dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan bersih.


Agar layak mendapatkan nama TUF Gaming, laptop tersebut harus didesain dengan baik agar sanggup bertahan dari serangkaian pengujian standar MIL-STD-810H. 

Perangkat ini harus lolos uji jatuh, guncangan, kelembaban dan temperatur ekstrem untuk memastikan kehandalannya. Sebagai laptop yang bisa diandalkan bahkan untuk kondisi paling sulit sekalipun, ASUS TUF Gaming A15 akan sanggup bertahan dari tekanan atau benturan tak sengaja yang mungkin terjadi saat penggunaan sehari-hari.


Pendinginan yang komprehensif memastukan bahwa laptop ASUS TUF Gaming bisa mempertahankan performa tinggi dan efektivitas dalam jangka panjang. Serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink bertugas untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.

Back to Content


Sistem Pendinginan

Ryzen 4000 Series

Laptop Asus TUF Gaming A15 ini dilengkapi dengan kipas yang memiliki fitur self-cleaning fitur ini dibertujuan agar pengguna bisa bermain game dengan durasi yang panjang dan di bantu dengan banyak ventilasi atau saluran udara sehingga pengguna  tanpa khawatir laptop menjadi cepat panas.

Adapun kipas ini telah mengurangi kebisingan yang berasal dari kipas  tetapi juga tergantung dengan pengguna laptop gaming ini sedang melakukan apa kepada laptop ini semakin banyak aplikasi yang di jalankan maka kipas akan menjadi lebih cepat.

Pada ujung kipas terdapat dua anti-dust tunnel yang bertujuan untuk menangkap debu atau partikel yang masuk ke kipas lalu akan langsung dikeluarkan dari chasis. Fitur tersebut dapat meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dengan mencegah penumpukan kotoran yang bisa menurunkan kinerja dari laptop.

Back to Content


Kemudahan Mengupgrade Sistem Laptop

Ryzen 4000

Pada laptop ini, pengguna tidak akan mengalami kekurangan jumlah port input-output. Mereka bisa menyambungkan perangkat favorit dan langsung menggunakannya di manapun. Ada dua port USB 3.2 Type-A yang menawarkan kecepatan transfer data yang lebih tinggi serta tambahan sebuah port USB 2.0 Type-A, sehingga total ada tinga port input untuk aksesoris kesayangan pengguna.

Fitur Bluetooth juga tersedia jika pengguna ingin menghubungkan mouse, headphon dan perangkat kompatibe lainnya agar meja kerja bisa lebih rapi, terbebas dari kabel-kabel yang mengganggu. Dan jika Anda ingin menghubungkan laptop ini dengan monitor, bisa juga melakukannya lewat port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4.

Adapun untuk konektivitas, pengguna bisa memanfaatkan Wifi 802.11ac (2x2) untuk koneksi jaringan yang cepat.

Buat Anda yang ingin menggunakan laptop ini dalam jangka panjang, ASUS menyediakan kemudahan upgrade. Cukup membuka panel bagian bawah maka Anda langsung dapat mengakses slot memori, storage SSD dan juga dua buah port SSD tambahan, cukup dengan obeng kembang biasa.

Dengan menambah kapasitas RAM serta storage, laptop ini akan punya kemampuan yang cukup untuk menemani penggunanya hingga beberapa tahun ke depan.


Back to Content

Alasan Kenapa Kamu Wajib Beli ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini :


·           ASUS merupakan brand laptop terbaik
·           Desain gahar dengan pilihan warna menarik
·           Build quality premium
·           Performa sesuai kebutuhan pengguna, khususnya gaming
·           Didukung AMD Ryzen 4000 series dan NVIDIA
·           Bisa upgrade memo   

Harga Asus TUF Gaming A15 FX506

Asus TUF GAMING A15 FX506IV (Ryzen 7 4800H + GeForce RTX 2060)
Rp. 20.299.000

Asus TUF GAMING A15 FX506II (Ryzen 7 4800H + GeForce GTX 1650 Ti)
Rp. 15.799.000

Bonus : TAS TUF GAMING
Garansi 2 tahun dengan Asus Perfect Warranty.

Back to Content


Itulah penjelasan tentang Ryzen 4000 Series dan Asus TUF GAMING A15 FX506 apakah kalian ingin membeli laptop gaming ini ? Jika ingin beli kalian bisa beli di e-commerce Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, JD.ID, Bhinneka dan BliBli.


Sumber dan Referensi :


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon