7/11/2020

Ini Dia Asus TUF Gaming A15 FX506 Dengan Di Dukung Ryzen 4000 Series Membuat Game Menjadi Lebih Kencang


Asus TUF GAMING A15 FX506


LIPUTANBERITA21.COM -  Pada tahun 2020 ini perusahaan teknologi yaitu Asus telah mengeluarkan produk laptop gaming terbaru mereka yang diberi nama yaitu TUF Gaming A15 FX506 dengan di dukung prosesor 7 NM terbaru dari AMD yakni Ryzen 4000 series dan juga di bantu dengan  GeForce GTX 1660Ti yang membuat laptop ini semakin kencang dan lancar saat bermain game.


Perlu diketahui bahwa prosesor yang digunakan oleh TUF Gaming A15 FX506 yaitu  AMD Ryzen 4000 series juga merupakan salah satu prosesor terbaru yang dikeluarkan oleh perusahaan Advanced Micro Devices (AMD) tepatnya pada tahun 2019. Baiklah sebelum masuk ke topik utama nya alangkah baiknya kita membahas Ryzen 4000 ini supaya kalian mengetahui kelebihan dari prosesor ini sehingga kalian telah yakin membeli laptop gaming ini.

Ryzen 4000

Ryzen 4000

Pada tahun 2019 perusahaan chipset asal California yakni Advanced Micro Devices (AMD)  telah mengeluarkan produk prosesor terbaru mereka seperti AMD Ryzen Dekstop, AMD Ryzen Mobile dan AMD Rayzen Threadripper. Dalam peluncurkan produk prosesor terbaru mereka melalui video virtual. Prosesor ini dapat digunakan untuk laptop konsumer dan laptop bisnis kelebihan dari prosesor ini adalah dapat menghemat daya lebih baik.

Setelah satu tahun kemudian yakni tepat nya pada 7 Januari tahun 2020 AMD meliris kembali prosesor RyzenMobile generasi ketiga yaitu Ryzen™ Mobile 4000 series yang merupakan prosesor mobile yang menggunakan teknologi 7NM (Nano Meter) dan arsitektur Zen 2 hingga RDNA lalu terdapat graphic card platfrom dekstop pada prosessor ini.

Prosesor Ryzen 4000 series ini dilengkapi dengan speksifikasi 8 cores 16 Threads dengan clock speed sebesar 4.2 Ghz sehingga membuat prosesor dapat berkerja lebih baik dengan cepat pada prosesor di generasi sebelumnya, atas keberhasilan AMD mengeluarkan prosesor ini maka perusahaan Asus menggunakan prosesor ini untuk di tanamkan di laptop TUF Gaming A15 FX506. 
Ryzen 4000

Jika dibandingan dengan generasi sebelumnya yakni AMD Rayzen Mobile generasi kedua Gen, maka prosesor pada generasi ketiga ini dapat meningkatkan performa sampai 2 kali lebih tinggi, peningkatkan latency hingga 5 kali lebih cepat serta dapat dukungan memory LPDDR4X dan SOC yang bisa membuat lebih hemat daya sebanyak 20% jadi laptop yang menggunakan Ryzen 4000 generasi ketiga maka akan lebih nyaman karena daya tahan baterai menjadi lebih lama. Berbagai kelebihan dari prosesor tersebut membuat AMD menjad perusahaan yang memiliki performa mobile yang baik dalam hal grafis, multi thread dan single-thread.

Managin Director AMD, Peter Chamber mengatakan bahwa prosesor ini akan digunakan di konsol game terbaru seperti Playstation 5 (PS5) , X-Box Seris X, platfrom cloud-gaming dan Google Stadia.

Back to Content



Prosesor Ryzen 4000 VS Prosesor Core i7-1065G7 (I7 GEN 10)

Ryzen 4000


Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk Ryzen 4000 series ini maka perusahaan AMD melakukan banding dengan prosesor Core i7-1065G7 atau i7 GEN 10. Banding yang dilakukan oleh AMD yaitu di bidang content creator dan gaming.

Hasil dari uji banding content creator atau editing video menyatakan bahwa prosesor Ryzen 4000 series lebih unggul dari Core I7 Gen 10 hal ini terbukti salah satu aplikasi edit video yaitu Adobe Premier memberikan performa yang lebih tinggi sampai 49%.

Ryzen 4000

Lalu bagaimana dengan gaming? Lagi - lagi performa Ryzen 4000 series berhasil mengungguli Core i7 GEN 10 hal ini bisa dilihat hasil uji banding dimana game CS:GO yang bisa dibilang game ini cukup berat untuk dimainkan dan juga  beresolusi Full HD Ryzen 4000 series berhasil mendapatkan performa sampai 130.

Back to Content

Memiliki Teknologi A+A+A

Ryzen 4000

Prosesor Ryzen 4000 series ini hanya bisa digunakan untuk laptop gaming seperti Asus ROG dan Asus TUF Gaming. Tetapi prosesor ini memiliki rentang TDP (Thermal Design Power) mulai dari 35 - 45 watt yang sehingga membuat prosesor ini lebih hemat daya dan juga memiliki grafis yang sangat cocok untuk perangkat gaming.

Perusahaan AMD ini juga telah memperkenalkan teknologi "A+A+A" yang dimana AMD akan memberian solusi terbaik dimulai dari prosesor, graphic card dan software drive AMD Radeon Andrenaline. Sehingga diharapkan kinerja perangkat laptop dan PC dapat digunakan lebih maksimal.

Peter Chamber, Mengatakan "Saya dan seluruh tim AMD akan memberikan inovasi dan teknologi tercanggih di dunia".

Gimana setelah membaca penjelasan dari prosesor Ryzen 4000 series dan kelebihannya apakah kalian ingin membeli laptop Asus TUF Gaming A15. 

Setelah membahas Ryzen 4000 series maka selanjutnya kita akan kembali ke topik utama yakni Asus TUF Gaming A15 pokonya jangan sampai ketinggalan membaca.


Back to Content


Asus TUF Gaming A15 FX506

Asus TUF Gaming A15


Laptop Asus TUF Gaming A15 FX506 merupakan salah satu laptop gaming terbaru keluaran perusahaan Asus yang dimana laptop ini menggunakan prosesor Ryzen 4000 series  memiliki 8 core 16 thread yang  di gadang - gadang prosesor tersebut sangat baik dalam membantu kinerja laptop gaming dengan menggunakan tagline #BeneranCepat.

Untuk bagian grafis nya laptop gaming ini menggunakan GeForce GTX 1660Ti sampai RTX 2060 yang membuat layar laptop ini lebih jernih saat bermain game. Laptop ini juga di dukung dengan teknologi adaptive sync yang dimana teknologi tersebut dapat mengurangi lag saat bermain game sehinga menjadi lebih nyaman saat bermain game.


Warna laptop gaming ini memiliki dua varian warna yaitu Fortess Gray dan Bonfire Black dengan gabungan antar AMD dan NVIDIA bisa membuat laptop ini bisa bekerja dengan sangat baik dalam web browsing, gaming, editing video ataupun desain. 

Walaupun mempunyai beban yang lebih ringan dibandingan generasi sebelumnya tetapi laptop gaming ini mampu dipasangkan baterai dengan kapasistas yang lebih besar dengan kapasistas 48 Wh membuat masa aktif baterai lebih lama.


Saat melakukan uji coba pada baterai ini bahwa baterai ini bisa bertahan sampai 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery. 


Back to Content


Keyboard

Asus TUF Gaming A15

Untuk bagian keyboard Asus yang mengusung backlight RGB pada keyboard dan juga menggunakan jenis keyboard full-sized desktop. Tombol keyboard dapat digeser ke atas agar terlihat seperti keyyboard desktop. Untuk posisi tombol keyboard nya pada bagian numeric pad akan ditempatkan di bagian kanan agar dapat mempercepat saat memasukan angka. 

Lalu pada tombol panah akan sedikit dipisahkan dengan tombol lainnya agar dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih nyaman dan baik, selanjutnya tombol spacebar akan di lebarkan agar dapat mempermudah saat ditekan dengan jari.

Back to Content


Port USB

Asus TUF GAMING A15

Untuk bagian port USB laptop Asus TUF Gamin A15 ini dibekali dua buah port yang berada di posisi kiri yaitu port USB 3.2 Type-A dan port USB 3.2 Gem 2 Type-C. Laptop ini juga telah disediakan port HDMI 2.0b yang bisa digunakan untuk memasang proyektor, monitor tambahan.

Pada bagian kanan laptop ini hanya sediakan port tambahan yang sewaktu - waktu bisa digunakan oleh pengguna laptop ini.

Back to Content


Kecepatan 


Asus TUF GAMING


Untuk masalah kecepatan laptop ini tidak perlu dipertanyakan lagi hanya dengan prosesor yang digunakan sudah bisa membuat laptop gaming ini jadi cepat apalagi jika di dalam nya telah di tambahkan SSD maka loading laptop ini bisa sangat cepat.

SSD yang digunakan oleh laptop Asus Gaming ini merupakan berbasis NVM Ekspress dengan SSD ini maka pengguna bisa mendownload game yang besar - besar tanpa lag dan juga ukuran SSD ini sebesar 1TB sehingga pengguna bisa puas bermain game tanpa lag sedikit pun.

Bagian dalam laptop ini masih memiliki satu slot yang dimana slot tersebut bisa di gunakan untuk memasang SSD yang lainnya bayangkan saja dengan satu SSD + Ryzen 4000 Series laptop ini aja sudah sangat cepat apalagi jika di tambahkan SSD lagi maka bisa - bisa tanpa lag saat bermain game.

Back to Content


Ketahanan

Asus TUF Gaming


Laptop Asus TUF Gaming A15 mengunakan pola honeycomb di sekitar bagian bawah juga menambah daya cengram pada permuakan dan selaras dengan pola hexagon di sekeliling chassis. Dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan bersih.


Agar layak mendapatkan nama TUF Gaming, laptop tersebut harus didesain dengan baik agar sanggup bertahan dari serangkaian pengujian standar MIL-STD-810H. 

Perangkat ini harus lolos uji jatuh, guncangan, kelembaban dan temperatur ekstrem untuk memastikan kehandalannya. Sebagai laptop yang bisa diandalkan bahkan untuk kondisi paling sulit sekalipun, ASUS TUF Gaming A15 akan sanggup bertahan dari tekanan atau benturan tak sengaja yang mungkin terjadi saat penggunaan sehari-hari.


Pendinginan yang komprehensif memastukan bahwa laptop ASUS TUF Gaming bisa mempertahankan performa tinggi dan efektivitas dalam jangka panjang. Serangkaian heatpipe dan tiga buah heatsink bertugas untuk menarik panas jauh-jauh dari komponen utama dan melepaskannya secara cepat terutama saat sedang dalam sesi gaming yang intens.



Jadi kalian tidak perlu khawatir jika laptop ini jatuh tidak sengaja masih tetap bagus ko.


Back to Content


Desain

Asus TUF GAMING A15
Desain Bodi Asus TUF Gaming A15 FX506 ini masih terbilang mirip dengan seri TUF Gaming sebelumnya yaini FX505. Yang dimana Asus TUF Gaming A15 FX506 ini memiliki dua jenis tampilan Fortress Gray dan Bonfire Black dengan punggung layar berbahan logam dan terdapat logo TUF di bagian punggung laptop.

Asus Gaming ini memiliki dimensi sekitar 35,9 x 25,6 x 2.47 cm dan untuk berat nya Asus TUF Gaming A15 memiliki bobot sebesar 2,12 kg dan charger sebesar  584 gram.

Laptop asus gaming ini juga telah berhasil lolos dari tes uji military grade yang dimana tes tersebut mencakup tes jatuh, tes guncangan, test suhu tinggi, tes suhu rendah dan test humidity.

Konektor dari TUF Gaming ini terdiri dari DCI, Gigabit Ethernet, HDMI, 2X USB 3.2 Gen 1, USB 3.2 Gen 2 Type C, Audio Combo Jack untuk sisi kirinya dan USB 2.0 serta kensington Lock terdapat pada bagian kanan. Untuk konektivitas laptop gaming ini mendukung Wi-Fi AC dan Bluetooth.

Back to Content


Kipas Pendingin


Asus TUF GAMING A15


Laptop Asus TUF Gaming A15 ini dilengkapi dengan kipas yang memiliki fitur self-cleaning fitur ini dibertujuan agar pengguna bisa bermain game dengan durasi yang panjang dan di bantu dengan banyak ventilasi atau saluran udara sehingga pengguna  tanpa khawatir laptop menjadi cepat panas.

Adapun kipas ini telah mengurangi kebisingan yang berasal dari kipas  tetapi juga tergantung dengan pengguna laptop gaming ini sedang melakukan apa kepada laptop ini semakin banyak aplikasi yang di jalankan maka kipas akan menjadi lebih cepat.

Pada ujung kipas terdapat dua anti-dust tunnel yang bertujuan untuk menangkap debu atau partikel yang masuk ke kipas lalu akan langsung dikeluarkan dari chasis. Fitur tersebut dapat meningkatkan stabilitas sistem secara keseluruhan dengan mencegah penumpukan kotoran yang bisa menurunkan kinerja dari laptop.

Back to Content


Speksifikasi Dan Hasil Uji Performa

Asus TUF GAMING A15



Ini adalah speksifikasi Asus TUF Gaming A15 FX506 :

Main Spec.
TUF Gaming A15 FX506
CPU
AMD Ryzen™ 7-4800H Processor Octa Core (12M Cache, up to 4.2GHz)
Operating System
Windows 10 64-bit
Memory
8GB DDR4 3200MHz RAM
Storage
512GB M.2 NVMe PCIe SSD
Display
15,6” (16:9) IPS-level FHD (1920x1080), 144Hz 3ms, Adaptive Sync
Graphics
NVIDIA® GeForce® RTX 2060 6GB GDDR6 VRAM
Input/Output
2 x USB 3.2 Type-A (Gen1), 1 x USB 3.2 Type-C (Gen2) with display support DP1.4, 1 x USB 2.0 Type-A, 1 x Combo Audio Jack, 1 x HDMI, 1 x Ethernet port
Camera
HD 720p CMOS module camera
Connectivity
Wi-Fi 5(802.11ac) 2x2 + Bluetooth 5.0
Audio
DTS:X® Ultra
Battery
48 Wh lithium-polymer battery Battery
Dimension
359.8 x 256 x 22.8 ~24.7 mm (WxDxH)
Weight
2,3Kg
Colors
Fortress Gray

Asus TUF GAMING A15

Asus TUF GAMING A15

Asus TUF GAMING A16

Asus TUF GAMING A15

Asus TUF GAMING A15


Di bawah ini terdapatkan performa Asus TUF Gaming A15 FX506a saat menjalankan game :

Game
Silent
Performance
Turbo
Overwatch
1920x1080 Highest
AVG
102.0
143.5
150.9
MIN
90.0
127.7
135.3
MAX
120.0
164.0
172.0
Shadow of the Tomb Raider
1920x1080 Highest
AVG
52.0
83.1
86.8
MIN
0.0
0.0
0.0
MAX
98.5
141.7
141.9
GTA 5
1920x1080 Highest
AVG
39.0
65.7
68.0
MIN
19.4
36.3
33.9
MAX
79.9
123.9
120.1
Far Cry 5
1920x1080 Highest
AVG
45.0
67.0
91.0
MIN
35.3
45.7
74.0
MAX
60.7
84.0
109.0
Assassin’s Creed Odyssey
1920x1080 Highest
AVG
34.7
46.7
47.0
MIN
17.7
25.0
23.7
MAX
66.0
79.3
80.7
Monster Hunter World
1920x1080 Highest
AVG
45.4
63.9
68.3
MIN
39.7
54.7
58.7
MAX
52.7
73.3
79.3
Witcher 3
1920x1080 Highest
AVG
42.5
59.9
61.8
MIN
32.0
55.0
56.3
MAX
48.3
66.7
69.7


Alasan Kenapa Kamu Wajib Beli ASUS TUF Gaming A15 FX506 ini :

·        ·         ASUS merupakan brand laptop terbaik
·         Desain gahar dengan pilihan warna menarik
·         Build quality premium
·         Performa sesuai kebutuhan pengguna, khususnya gaming
·         Didukung AMD Ryzen 4000 series dan NVIDIA
·         Bisa upgrade memori

Harga

Harga Asus TUF GAMING A15 FX506IV (Ryzen 7 4800H + GeForce RTX 2060)
Rp. 20.299.000

Asus TUF GAMING A15 FX506II (Ryzen 7 4800H + GeForce GTX 1650 Ti)
Rp. 15.799.000

Bonus : TAS TUF GAMING
Garansi 2 tahun dengan Asus Perfect Warranty.

Back to Content



Itulah sedikit penjelasan tentang laptop Asus TUF GAMING A15 FX506 apakah kalian ingin membeli nya ? 




Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon