5/17/2020

Tips Untuk Mengatasi Asam Lambung Yang Kambuh

Asam Lambung

LIPUTANBERITA21.COM - Asam Lambung memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Fungsinya yaitu untuk mencerna makanan. Jika asam lambung mencerna makanan nya dengan berlebihan maka asam lambung akan naik, ciri - ciri asam lambung kambuh yaitu mulut terasa asam, perut tidak enak, nyeri bagian perut dll. 


BACA JUGA : Makan Sehat Untuk Penderita Asam Lambung


Untuk mengatasi asam lambung kambuh itu dimulai dari penderita itu sendiri, jika asam lambung kambuh sebaiknya penderita tersebut harus mengubah gaya hidup sehat.



Gaya Hidup Sehat

untuk mengobati asam lambung yang kambuh dengan cara mengubah hidup sehat yaitu dengan cara seperti di bawah ini :

  • Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan

Asam lambung kambuh disebabkan diikarenakan memakanan yang berlemak dan berlebihan sehingga asam lambung tidak dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan. Saat asam lambung kambuh sebaiknya  hindari kopi, coklat, alkohol, dan makanan pedas karena berisiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. 

  • Hindari kebiasaan yang tidak sehat

Merokok dan berbaring setelah makanan itu merupakan kebiasan terburuk bagi penderita asam lambung. Sebaiknya kurangi merokok atau berhentu merokok dan setelah makanan sebaiknya diberikan jeda selama 3 jam untuk berbaring. 

BACA JUGA : Ramuan Alami Untuk Asam Lambung

  • Tidak memakai pakaian yang ketat di bagian perut

Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut, karena dapat menekan lambung sehingga menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman, gunakanlah pakaian yang longgar.

  • Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut


Jika kalian habis makanan sebaiknya memberikan waktu 2- 4 jam untuk asam lambung mencerna makanan, setelah itu kalian bisa melanjutkan kegiatan seperti olahraga dan lainnya. 

  • Tidur yang cukup

Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. 

  • Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi

Yang harus dilakukan adalah menaikkan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Jika hanya menambahkan bantal di belakang kepala, biasanya tidak efektif.


Demikian artikel tentang Tips Untuk Mengatasi Asam Lambung Yang Kambuh semoga bermanfaat untuk kalian

Referensi :
Alodokter.com
Hellosehat.com 



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon