4/07/2020

Hanya Di Rumah Saja Masih Bisa Mendapatkan Penghasilan Juta-an Rupiah Dengan Berjualan Di Blibli.com


LIPUTANBERITA21.COM - Mendapatkan penghasilan sendiri tanpa minta kepada orang tua merupakan kebanggaan diri sendiri maupun orang tua, dengan mendapatkan penghasilan sendiri bisa membantu keuangan orang tua sehingga beban orang tua akan terasa lebih ringan.

Kata - kata diatas itu yang saya tanamkan pada diri saya sendiri saya mempunyai mindset "Bagaimana mendapatkan penghasilan yang banyak tanpa harus keluar rumah tanpa minta kepada orang tua". Kata - kata tersebut mulai saya gunakan saat saya masih duduk di SMK, sehingga pada saat saya masih sekolah SMK saya selalu berjualan apa saja yang bisa di jual yang pasti nya halal dong.




Masa Berjualan Selama SMK


Barang yang sering saya jual pada waktu SMK adalah smartphone  seken dan makalah tugas teman - teman saya. Karena berjualan smartphone seken itu sangat menguntungkan bagi saya karena 1 harga Hp bekas saya bisa memperoleh untung sekitar  Rp. 200.000 kira - kira jika di akumulasikan selama satu bulan saya bisa mendapatkan untung Rp 500.000 - Rp. 600.000 hanya dari smartphone. Saya berjualan smartphone hanya dari rumah dan mengandalkan media sosial dan internet. 

Belum lagi dari tugas tugas teman saya, karena pada saya SMK juga membuka jasa pengerjakan tugas teman-teman saya penghasilan nya cukup lumayan karena satu tugas saya bisa mendapatkan penghasilan sekitar Rp 10.000 - Rp 20.000 untuk satu tugas. Saya sering mengerjakaan sekitar 20 tugas dalam 1 minggu sehingga di jika di akumulasikan dalam waktu 1 minggu saya bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 500.000 -Rp 600.000 dari tugas teman. 

Jika di tambahkan dengan jualan smartphone saya bisa mendapatkan Rp. 1.000.000 - Rp 1.200.000 dalam 5 minggu penghasilan tersebut bisa saya gunakan untuk beli smartphone, beli jajan dan kasih ke orang tua. Berjualan tersebut saya lakukan selama 3 tahun untuk meringankan beban orang tua saya atas biaya SPP pendidikan saya di SMK.

Setelah saya lulus SMK saya memiliki masalah pada pikiran saya "Saya berpikir ingin buka usaha atau kuliah". Ketika itu saya berdiskusi sama orang tua saya akhirnya saya mengikuti saran orang tua saya untuk kuliah. 
Back to Content




Masa Berjualan Selama Kuliah


Ketika telah lulus SMK saya langsung mendaftar ke Universitas favorit yang ada di kota saya. Setelah saya masuk kuliah saya mulai berpikir ingin jualan apa. Setelah cukup lama memikirkan barang yang bisa di jual sehingga akhirnya saya menemukan barang yang pasti dibutuhkan oleh mahasiswa yaitu laptop. 

Saya pikir untuk berjualan laptop cukup mudah tetapi sangatlah susah karena saya pada saat itu tidak memiliki laptop dan harga laptop juga cukup mahal bagi anak kosan seperti saya. Akhirnya saya merencanakan untuk bekerja sama dengan toko  penyalur laptop yang terdapat di kota saya setelah mengikuti prosedur dan pelatihan pada toko tersebut akhirnya saya diterima menjadi reseller oleh toko penyalur laptop yang terdapat di kota saya.

Untuk melakukan penjualan laptop tersebut saya menggunakan dua cara yaitu dengan sistem Cod(Cash on delivery) dan jual online yang hanya untuk wilayah kota saya. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen atas produk yang saya jual akhirnya saya membuka nama toko yaitu ANS Computer store dan memberikan garansi selama 2 minggu perbaikan saya berjualan laptop nya hanya di kosan, karena kosan saya deket universitas jadi mudah diakses oleh konsumen yang ingin membeli produk dari saya..

Untuk keuntungan dari penjualan laptop saya yang menentukan keuntungan yang saya inginkan saya mempunyai mindset "Lebih baik mendapatkan keuntungan yang kecil yang penting laku terus dari pada untung besar tidak laku - laku" .  Saya menempatkan keuntungan saya hanya kisaran Rp 200.000 - Rp. 300.000 itu juga masih bisa di negosiasi oleh konsumen.

Biasanya saya untung pada 1 laptop kisaran Rp. 150.000 - Rp. 200.000 dalam waktu 6 bulan saya bisa menjual laptop sebanyak 15 - 20 laptop jadi keuntunan yang saya dapat dalam waktu 6 bulan adalah kisaran Rp. 3.000.000 - Rp. 4.000.000 lumayan kan keuntungannya uang dari hasil penjualan laptop tersebut saya gunakan untuk membayar uang semester kuliah saya dan beli perlengkapan kuliah sehingga orang tua saya tidak memiliki beban yang berat karena memikiran biaya kuliah saya.
Back to Content




Masalah Yang Saya Hadapi Saat Berjualan Laptop


Mungkin kalian semua telah mendengar istilah "Semakin tinggi pohon semakin kencang tiupan anginnya ".  Atau artinya semakin terkenal sebuah usaha maka akan lebih banyak rintangannya. Hal ini sedang di alami oleh saya sendiri pada saat itu. Masalah nya adalah penjualan omset laptop saya turun secara drastis biasa nya dalam 6 bulan bisa menjual 15 - 20 laptop bahkan lebih, pada terjadi pada masalah tersebut penjualan laptop saya hanya laku 5-8 laptop dalam 6 bulan.

Pada saat itu saya mengalami kebingungan kenapa omset penjualan saya turun ? memang pada saat itu saya ingin membayar uang kuliah sama uang kosan saya sedikit stress. Sehingga akhirnya Untuk menyelesaikan masalah yang saya hadapi saya berkonsultasi kepada toko penyalur laptop di toko yang ada di kota saya. Mereka memerikan usulan kepada saya agar saya dapat meningkatkan penjualan lagi bukan hanya untuk satu kota tetapi untuk semua kota di Indonesia. Saya nambah bingung dari usulan mereka kepada saya, sehingga akhirnya mereka memberikan saran agar jual online produk laptop saya melalui Blibli.com
Back to Content




Apa Itu Blibli.com

Blibli.com merupakan salah satu situs web E-commerce di Indonesia yang merupakan produk dari perusahaan PT. Global Digital Niaga yang dirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistrik, perbankan serta mitra dagang. Kantor Blibli berada di Jakarta barat dengan biaya infrastruktur seperti server dan jaringan hampur mencapai Rp. 100 Milliar.




Produk yang di jual  di Blibli.com seperti produk laptop, produk elektronik, produk smartphone, produk fashion, produk bayi, makanan, listrik, pulsa dan masih banyak lainnya. Perusahaan PT. Global Digital Niaga memberikan fitur jualan pada web Blibli.com sehingga orang bisa membuka usaha jualan di situs web blibli.com
Back to Content




Alasan Saya Untuk Berjualan Di Blibli.com





Berikut ini adalah alasan saya kenapa membuka jual online di blibli.com :

1. Keluasan Pilihan Kategori

Alasan pertama saya adalah keluasan pilihan kategori, karena di blibli.com menjual banyak sekali kategori produk seperti eletronik, smartphone, laptop, fashion, game, pulsa, listrik, perlengkapan bayi dan masih banyak lainnya sehingga jika membuka penjualan melalui blibli.com peluang produk kalian di beli sangat lah besar.

2. Gratis Poto Produk

Untuk penjual pemula seperti saya ini sangatlah sulit untuk membuat fotografi yang bagus. Karena foto merupakan peran yang penting untuk menarik konsumen untuk membeli produk kita.

Setiap konsumen untuk membeli produk pasti akan melihat poto nya terlebih dahulu jika foto produk nya saja tidak menarik maka konsumen akan kurang minat untuk membeli produk kalian. Jika sebaliknya foto produk sangat menarik dimata konsumen, maka konsumen akan tertarik untuk membeli produk kalian.

Untuk kalian yang tidak mempunyai teknik fotografi seperti saya jangan khawatir karena fitur di blibli.com akan menyelesaikan masalah kalian.  Setelah bergabung dengan blibli.com kita akan mendapatkan fitur poto gratis produk supaya produk yang kita jual menjadi menarik.

3. Kemasan Gratis

Alasan saya ketiga kenapa ingin bergabung dengan blibli.com karena setelah bergabung dengan blibli.com kita akan mendapatkan kemasaran gratis untuk produk kita dengan berbagai ukuran dan akan terdapat logo blibli.com pada kemasan sehingga dengan logo tersebut menjadi bukti bahwa barang ini asli di beli di blibli.com.

Untuk soal kemasan jangan dianggap remeh karena dengan kualitas kemasan yang baik maka produk kita akan mendapatkan nilai yang baik juga di mata pembeli. Begitu juga apabila kemasan produk kita rusak bahkan cacat  sehingga menjadi faktor turunnya omset penjualan .

4. Gratis Biaya Kirim

Alasan keempat saya bergabung dengan Blibli.com adalah gratis biaya kirim produk ke seluruh Indonesia. Gratis biaya kirim ini merupakan faktor yang sangat penting untuk terjual nya produk kita karena kita biaya kirim produk kita mahal maka pembeli tidak akan membeli produk kita yang di jual. Karena jika ada biaya ongkir maka harga produk akan di tambah ongkos kirim produk sehingga harga bisa naik.

Jika produk yang kita memiliki gratis ongkir maka pembeli akan membeli produk kita dengan ada nya fasilitas gratis ongkir di Blibli.com maka menghemat pengeluaraan pembeli dan penjual produk.

5. Kemudahan Proses Pengiriman

Alasan kelima saya kenapa bergabung dengan blibli.com karena setelah kita bergabung dengan blibli.com kita akan mendapatkan kemudahan pengiriman barang ke seluruh Indonesia.

Jadi misalkan rumah kalian berada di pelosok Indonesia, sehingga kalian khawatir barang yang kalian pesan di blibli.com tidak sampai di rumah kalian. Untuk pembeli atau penjual masalah tersebut telah diatasi oleh blibli.com karena blibli.com telah bekerja sama dengan 30 perusahaan logistik pengiriman paket.

Akhirnya barang pesanan kalian akan tiba sampai dengan selamat di rumah kalian, keuntungan proses ini bagi pembeli adalah produk kalian akan terus di order oleh pembeli dari berbagai tempat di seluruh Indonesia sehingga sangat menguntungkan bagi penjual.

 6. Asuransi Pengiriman Produk

Alasan keenam saya kenapa bergabung dengan blibli.com karena di blibli.com memberikan asuransi terhadap produk yang kita jual ke pembeli sehingga produk yang dijual bisa sampai dengan selamat kepada pembeli. Apabila terjadi sesuatu terhadap produk yang dijual maka pihak blibli.com akan menanggung masalah tersebut dengan asuransi.

Apalagi produk yang saya jual adalah Laptop pasti membutuhkan keamanan yang sangat ekstra agar bisa sampai dengan selamat dengan adanya asuransi dari blibli.com saya menjadi tenang karena jika ada hal yang tidak di inginkan terjadi kepada produk saya maka pihak blibli.com akan mengeluarkan asuransi untuk produk saya.

Dengan adanya asuransi produk di blibli.com dapat membuat pihak pembeli menjadi aman saat order barang dari blibli.com dan dapat meningkatkan kepercayaan terhadap penjual maupun produk di mata pembeli.

 7. Layanan Merchant Care

Alasan ketujuh saya kenapa memilih blibli.com adalah karena di blibli.com menyediakan pelayanan call Center  yang diberikan untuk penjual produk saja. 

Sehingga dengan ada nya merchant care dapat membantu kesulitan penjual yang terjadi pada produk mereka. Layanan ini sangat bermanfaat untuk penjual baru agar dapat mengetahui tentang jual online melalui blibli.com

8. Terdepan Dalam Inovasi Baru In Store

Blibli in store adalah inovasi dari blibli.com yang dimana inovasi ini dapat mempermudah pembeli untuk berbelanja di toko offline dan barang nya bisa langsung dibawa pulang ke rumah, untuk masalah pembayaran pembeli dapat mencicil dengan bunga 0% dengan kartu kredit bank yang telah bekerja sama dengan blibli.com

Untuk Inovasi terdepan dengan adanya blibli in store dapat menguntungkan dari pihak pembeli maupun penjual dalam hal transaksi jual beli. 

Itulah alasan saya kenapa memilih blibli.com untuk meningkatkan omset jualan laptop saya.

Di samping 8 alasan diatas, di blibli.com juga memiliki fasilitas lain yaitu Blibli University.  Dengan blibli University pihak penjual akan mendapatkan pelatihan bisnis online melalui video traning dan artikel yang telah disediakan oleh pihak blibli.com.  Tidak hanya blibli univesity saja untuk pihak penjual akan mendapatkan tempat seperti Komunitas Blibli Seller  yang bisa digunakan untuk saling bertukar pikiran soal jual online di blibli.com dan juga untuk menambah relasi sesama penjual online.
Back to Content





Kisah Sukses Berjualan Di Blibli.com


Inilah adalah kisah Jo Susanto sebagai pemiliki toko komputer dan elektronik yang bernama IT Galeri. Berikut ini adalah manfaat Jo Susanto yang berjualan melalui Blibli.com :


1. Omset Penjualan Meningkat

Dengan Jo Susanto bergabung dengan blibli.com sebagai penjual maka toko jo semakin terkenal diseluruh Indonesia. Sehingga pesanan produk yang Jo jual pun menjadi meningkat. Jo mengatakan bahwa omset penjualan nya meningkat hingga 20 - 30% lebih tinggi setelah bergabung dengan blibli.com

2. Bertambahnya Varian Produk

Dengan meningkatnya omset penjualan Jo maka keuntungan Jo pun meningkat agar pelanggan tidak bosan dengan produk Jo yang itu - itu saja sehingga Jo pun menambahkan variasi produk yang dijual Jo. Sehingga toko komputer Jo memiliki produk komputer yang sangat lengkap apaun bisa di cari di toko komputer Jo.

3. Akses Pembelinya Semakin Luas

Karena Jo Susanto berjualan online melalui blibli.com maka pembeli produk nya tidak hanya di satu kota tetapi di seluruh kota di Indonesia karena Blibli.com dapat diakses mudah dengan melalui Internet sehingga Jo pun hanya perlu memposting produk dari rumah dan produk nya pun dapat terjual dengan mudah. Jo juga mengatakan sebelum Jo bergabung dengan blibli.com produk nya hanya mampu dibeli oleh satu Jabodetabek tetapi setelah bergabung dengan blibli.com Jo bisa mengirimkan produk nya dari Sabang sampai Merauke. 

Buka hanya Jo yang telah sukses berjualan di blibli.com berikut ini penjual lain yang telah suskes :

Penjual Sukses Lainnya



Back to Content




Ayo Saat Nya Kita Yang Menjadi Sukses Di Blibli.com

Setelah melihat kisah orang yang sukses sebagai penjual di blibli.com apakah kalian ingin juga menjadi seperti mereka. Jika Iya ayo mulai dari sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menjadi pengusaha yang sukses yang dapat membanggakan orang tua kita.  Untuk menjadi penjual di blibli.com sangat mudah ko kalian harus mempunyai barang yang ingin di jual, mempunyai smartphone atau laptop dan mempunyai jaringan Internet.

Untuk menjadi penjual yang terdaftar di blibli.comcukup mudah. Berikut ini adalah cara mendaftar sebagai penjual di blibli.com :

1. Login Akun Blibli.com





Setelah kalian telah login akun di blibli.com, lalu kalian klik bacaan jual di blibli untuk lebih jelasnya lihat gambar diatas yang saya beri kotak segi empat berwarna merah. Untuk lebih cepatnya bisa kunjungi di bawah ini

DAFTAR SEBAGAI PENJUAL

2. Daftar Sebagai Penjual

Setelah itu klik bacaan Daftar sebagai Penjual yang berwarna orange. Jika sudah di klik nanti kalian akan masuk ke menu pendaftaran.

3. Mengisi Biodata Pendaftaran

Setelah kalian klik yang diatas, kalian akan di tampilan seperti gambar diatas maksud gambar diatas adalah kalian wajib mengisi biodata diri kalian agar terdaftar sebagai penjual di blibli.com . Kalian harus mengisi semua menu yang saya beri tanda kota segi empat warna merah.

Setelah berhasil mendaftar permintaan pendaftaran kalian akan di proses selama 2x24 jam jika berhasil terdaftar maka nanti ada pemberitahuan yang akan masuk melalui email kalian. Gimana mudah kan mendaftar sebagai penjualan di blibli.com pokonya tidak rugi deh soal nya sangat menguntungkan. Untuk melihat cara jualannya bisa lihat gambar di bawah ini




Untuk masalah pada omset penjualan saya menurun setelah saya bergabung dengan blibli.com omset penjualan saya naik dua kali lipat dari pada sebelumnya jika pada sebelumnya penjualan laptop saya dalam waktu 6 bulan sampai 15 - 20 laptop. Setelah bergabung dengan blibli.com laptop yang berhasil saya jual sampai 40 - 60 laptop dalam waktu 6 bulan dengan keuntungan saya setelah bergabung dengan blibli.com adalah Rp. 8000.000 - Rp. 12000.000 dalam 6 bulan. Dengan keuntungan saya yang sangat banyak saya bisa bayar uang kuliah, bayar uang kosan, sama beli perlengkapan kuliah dari uang saya sendiri tanpa minta kepada orang tua saya 1% pun. Untuk mendapatkan keuntungan juta-an rupiah saya hanya berjualan melalui kosan saja.

Rencana kedepan nya sih saya ingin membuka toko komputer sendiri tidak lagi menjadi reseller dari toko orang lain. Bagi kalian yang ingin sukses ayo buruan daftar dari sekarang. Selamat Berjualan blibli seller.

Artikel ini diikutsertakan dalam blibli seller blog competition dengan tema Jualan untung ga tanggung - tanggung periode Maret 2020



Back to Content




Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian dan mohon maaf apabila ada kesalah penulisan selama membuat artikel ini.

Sumber : LIPUTANBERITA21.COM dan BLIBLI.COM
Gambar : LIPUTANBERITA21.COM dan BLIBLI.COM
Video  : Youtube channel BLIBLI.COM
Intrografis : Nodiharahap.com


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

82 comments

  1. Replies
    1. Hahaha ya ka kita coba yuk kaya artikel di atas

      Delete
    2. ya mbak silakan dicoba semoga mbak sukses dalam penjualan harus semangat ya mbak

      Delete
    3. ya mbak semoga bermanfaat untuk mbak, jika ingin komentar silakan memberikan nama mbak, terima kasih telah berkunjung kesini ya

      Delete
    4. Baik ka terima kasih informasi nya

      Delete
  2. Replies
    1. ya mas/mbak semoga bermanfaat untuk kamu. terima kasih telah berkunjung kesini. Sebaiknya jika ingin komentar mohon untuk memberikan nama biar saya tahu

      Delete
  3. Bisa dijadikan usaha si bang buat kalangan pelajar , thx info

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak saya juga ingin jualan di Blibli.com

      Delete
    2. asli mbak jualan di blibli.com ini sangat cocok untuk mahasiswa atau mamah mudah karena jualan nya dari rumah

      Delete
    3. Asli mbak silakan jualan mbak biar bisa mendapatkan penghasilan sendiri tanpa minta orang tua. Jika kurang paham bisa hubungi kontak situs liputanberita21.com. Terima kasih telah berkunjung kesini

      Delete
    4. Ok nanti saya ingin berjualan juga

      Delete
    5. Silakan mbak soal nya jika jualan di blili.com banyak untung nya

      Delete
  4. Wah bisa dicontoh nih sma saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli mas/mbak semoga bermanfaat untuk kamu. terima kasih telah berkunjung kesini. Sebaiknya jika ingin komentar mohon untuk memberikan nama biar saya tahu

      Delete
  5. Replies
    1. Ya bang rizki semoga pengalaman saya berjualan di blibli.com bisa bermanfaat untuk bang rizki. Terima kasih ya telah berkunjung ke sini

      Delete
  6. Replies
    1. Ya mbak Yanti semoga pengalaman saya berjualan di blibli.com bisa bermanfaat untuk mbak yanti. Terima kasih ya telah berkunjung ke sini

      Delete
  7. Buset cuma jualan laptop bisa untung 12 juta ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak nur, berjualan laptop di blibli.com sehingga omset penjualan saya meningkat 2 kali lipat mbak nur. Terima kasih ya mbak telah berkunjung

      Delete
    2. Wah jadi pengen juga saya berjualan di Blibli.com

      Delete
  8. Nice info, untuk pemula sebaiknya pemasaran dimulai darimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak mulia semoga bermanfaat untuk mbak. Menurut saya untuk memulai pemasaran harus dimulai dari diri sendiri dan harus niat dan jangan menyerah agar sukses

      Delete
  9. Replies
    1. silakan ka krikil jika ingin mengshare artikel ini agar artikel ini bisa bermanfaat untuk semua orang

      Delete
  10. Replies
    1. Terima kasih ka krikil. Semoga terus berkunjung ke sini terus

      Delete
  11. ya mas/mbak semoga bermanfaat untuk kamu. terima kasih telah berkunjung kesini. Sebaiknya jika ingin komentar mohon untuk memberikan nama biar saya tahu

    ReplyDelete
  12. mantap bener keuntungan nya, jadi pengen juga saya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. emb alhamdulilah ka karena saya bergabung dengan blibli.com sehingga keuntungan saya meningkat. Jika kakak ingin berjualan silakan jualan dari blibli.com saja pasti menguntungkan 100%

      Delete
    2. ok ka gimana ka strategi kk berjualan di blibli.com?

      Delete
    3. Untuk strategi nya saya berjualan dengan memberikan promo kepada pembeli, seperti gratis ongkir dan potongan harga

      Delete
    4. Biasanya promo nya selama berapa lama ka ?

      Delete
    5. gak dong ka, untuk masalah gratis ongkir sudah di tanggung oleh blibli.com, untuk potongan harga saya masih mendapatkan untung 100Rb ka,

      Delete
    6. oh gtu ya ka banyak juga manfaat berjualan di blibli.com ? saya juga mau berjualan jaga deh di blili.com

      Delete
    7. asli ka banyak bener manfaat nya. Ydh silakan kakak angga langsung jualan aja di blibli.com, jika kurang paham bisa hubungi saya melalui kontak melalui di situs liputanberita21.com

      Delete
    8. baik ka, terima kasih informasi nya

      Delete
  13. terima kasih telah berkunjung ke sini. Masalah yang sering hadapi sangat banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti saya cerita saya di artikel saya diatas, misalkan omset penjualan laptop saya turun drastis sehingga saya memutuskan untuk berjualan di blibli.com

      Delete
    2. untuk mendapatkan penghasilan 12 juta tidak lama ka cuma butuh waktu sekitar 1 tahun semenjak bergabung di blibli.com

      Delete
    3. Baik ka semoga sukses ya ka, selamat berjualan, jika masih bingung bisa hubungi saya melalui kontak situs Liputanberita21.com

      Delete
    4. Siap ka terima kasih informasi nya

      Delete
  14. Terima kasih, nice infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ka semoga bermanfaat untuk kakak, terima kasih telah berkunjung

      Delete
  15. wah mantap bener cara kakak jualan, ajarin dong ka hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe alhamdulilah ka, ok

      Delete
    2. dari tahun kapan kakak suka berjualan ?

      Delete
    3. kalo berjualan offline itu saya dari SMK tahun 2015 kalo berjualan online seperti di blibli.com pas saya kuliah

      Delete
    4. emb gtu ya ka, berapa tahun kakak bisa sukses seperi sekarang ?

      Delete
    5. kalo sukses ka saya butuh 5 tahunan untuk seperti sekarang ini

      Delete
    6. lama juga ya ka, untuk berjualan menggunakan modal tidak gak ?

      Delete
    7. kalo untuk jualan pasti menggunakan modal, tapi karena saya waktu itu saya tidak mempunyai modal untuk menjual laptop sehingga saya mendaftar menjadi reseller di toko penyalor laptop

      Delete
    8. wah enak juga ya ka, saya juga ingin menjadi reseller juga lah biar sukses seperti kakak

      Delete
    9. hehehe ya ka, ya sudah ka semoga sukses ya ka, selamat berjualan, jika masih kurang paham bisa chat saya melalui kontak di situs liputanberita21.com, insyallah saya bisa membantu masalah kakak

      Delete
    10. Ok ka terima kasih ya

      Delete
  16. Mantap bener kakak bisa jadi inspirasi saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe terima kasih ka, semoga bermanfaat untuk kakak

      Delete
    2. ok ka, saya mau tanya ka, kakak udah berapa kali gagal soal penjualan ?

      Delete
    3. kalo untuk kegagalan pasti banyak ka, misalkan pernah rugi, barang rusak, dan lain - lain. Untuk menyelesaikan masalah tersebut saya terus berusaha ka pantang menyerah

      Delete
    4. pantesan kakak bisa sukses seperti sekarang ini ka,

      Delete
    5. alhamdulilah ka, kesuksesan saya ini juga karena adanya blibli.com, karena dengan adanya blibli.com produk laptop saya bisa di akses di seluruh Indonesia ka

      Delete
    6. emb begitu toh ka, saya pengen berjualan juga nih di blibli.com

      Delete
    7. silakan ka pokoknya berjualan di blibli.com sangat menguntungkan

      Delete
    8. baik ka, soal nya saya juga sudah berjualan pakaian pria tapi masih sistem offline

      Delete
    9. Nah enak langsung di kembangin aja jual online melalui blibli.com biar bisa mendapatkan keuntungan yang banyak

      Delete
    10. Ok ka terima kasih ya informasi nya

      Delete
  17. terimakasih informasinya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak sama - sama , terima kasih telah berkunjung

      Delete
  18. Ka mau tanya soal jualan online ?

    ReplyDelete
  19. Ka saya akan sudah siapin produk yang ingin saya jual di blibli.com tapi saya masih ragu soal nya baru sekali jualan online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak usah ragu ka di jamin menguntungkan jika berjualan di blibli.com

      Delete
  20. ya kakak harus daftar terlebih dahulu di blibli.com

    ReplyDelete

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon