8/17/2019

Waspadailah Madu Untuk Ibu Hamil, Ini Alasanya?


LIPUTANBERITA21.COMMadu banyak sekali manfaat nya untuk tubuh manusia seperti menjaga kekebalan tubuh, menyembuhkan luka infeksi, masalah kulit, gangguan pencernaan dan diabetes, dikarenakan di dalam madu mengandung glukosa, fruktosa, air, dan beberapa nutrisi penting lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, vitamin B2, B3, B6, B9 (asam folat), vitamin C, magnesium, zinc, zat besi, fosfor, kalium, serta kalsium.

 

BACA JUGA : DDOWNLOAD APLIKASI LIPUTAN BERITA 21 GRATISS

Tetapi untuk ibu hamil harus lebih teliti untuk memilih madu yang berkualitas dan cocok untuk kandungan.

Untuk bayi yang di bawah 1 tahun tidak sangat dianjurkan untuk mengosumsi madu dikarenakan di dalam madu terdapat bakteri Clostridium botulinum di dalamnya bisa menyebabkan penyakit botulisme. Tetapi untuk ibu hamil bakteri tersebut tidak dapat memengaruhi janin yang dikandungan nya. . Bakteri penyebab botulisme tidak dapat berkembang di dalam saluran pencernaan ibu hamil yang sehat. Selain itu, bakteri botulisme juga tidak dapat masuk dan melewati plasenta ibu hamil.
Untuk Ibu hamil cara terbaik untuk mengosumsi madu adalah dengan campurkan madu dengan the hangat dikarenakan hal ini dapat membantu mencegah batuk dan pilek, meringankan sakit tenggorokan, serta mengatasi insomnia. Namun, pilihlah madu yang telah melalui proses pasteurisasi.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Ibu Hamil Mengonsumsi Madu

1.     Konsumsi dalam jumlah terbatas

Untuk menjaga kesehatan ibu hamil, ibu hamil masih boleh mengosumsi untuk madu tetapi tidak secara berlebihan. Terutama untuk ibu hamil yang menderita diabetes gestasional. Hal ini harus dikurangkan dikarenakan frusktosa dalam madu dapat meningkatkan kadar gula darah

2.     Cermat dalam memilih madu

Bumil sebaiknya memilih madu dengan kandungan murni dan tanpa tambahan pemanis. Selain itu, pilihlah madu yang sudah terdaftar di BPOM dan perhatikan juga tanggal kedaluwarsa yang tercantum pada label kemasan.

      3. Waspadai reaksi alergi pada Ibu hamil

Untuk Ibu hamil yang mengalami keluhan seperti reaksi alergi, seperti bersin-bersin, mata berair, gatal-gatal, ruam kemerahan, dan pembengkakan kulit, setelah mengonsumsi madu. Sebaiknya untuk konsultasi ke dokter kandungan untuk memeriksa madu yang di konsumsi itu aman atau tidak.  Sebaiknya untuk ibu hamil harus konsultasi dulu ke dokter kandungan jika mau mengosumsi makanan agar tidak kejadian yang tidak diinginkan kepada janin.
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon