8/16/2019

Akibat Jika Kekurangan Dan Kelebihan Mengosumsi Garam Beryodium



LIPUTANBERITA21.COMSaat ini banyak sekali orang yang mengalami kekurangan yodium dikarenakan mereka jarang mengosumsi garam beryodium atau juga mereka belum tahu manfaat garam yodium. Bagi sudah terkena kekurangan yodium silakan konsultasi ke dokter. Bagi yang belum terkena sebaiknya kalian menghindai nya karena akibat dari kekurangan dan kelebihan yodium cukup serius.

 

BACA JUGA : DOWNLOAD APLIKASI LIPUTAN BERITA 21 GRATISS

Bagi yang belum mengetahui akibat dari kekurangan dan kelebihan yodium sebaiknya baca di bawah ini :

 

Kekurangan yodium

 

Yang paling popular akibat dari kekurangan yodium adalah terkena penyakit gondok. Tenyata bukan penyakit gondok saja akibat dari kekurangan yodium, penyebab dari terkena penyakit tersebut dikarenakan kekurangan kadar asupan yodium, kekurangan yodium juga bisa mengakibatkan hipotiroidisme, yaitu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak dapat menghasilkan hormon tiroid yang cukup. Gejala-gejala hipotiroidisme yang dapat muncul adalah:
  1. Pertambahan berat badan
  2. Kelelahan
  3. sembelit
  4. Sering merasa kedinginan atau sensitif terhadap suhu dingin
  5. Kulit kering
Bagi untuk ibu hamil harus menjaga janin yang ada di kandunganya, karena jika sampai kekurangan yodium sehingga mengakibatkan kekurang hormon iroid. Dengan kekurangan hormon iroid dapat mengakibatkan gangguan tumbuh kembang janin dan kesulitan belajar pada anak di kemudian hari, serta meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan cacat bawaan lahir.
Kelebihan yodium
Ternyata tidak hanya kekurangan yodium yang dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia ternyata jika kelebihan yodium dapat mengganggu kesehatan juga.

Berikut ini gangguan kesehatan jika berlebihan mengosumsi yodium :
  1. Berat badan turun meski tidak sedang menjalani diet
  2. Napas pendek atau terasa berat
  3. Dada berdebar
  4. Tangan gemetar
  5. Sering berkeringat
  6. Sangat sensitif terhadap suhu panas
  7. Mudah lelah
  8. Gatal-gatal
  9. Perubahan siklus menstruasi
Sebaiknya mengosumsi yodium dengan kadar yang normal dan seimbang agar tidak mengganggu kesehatan tubuh kalian.
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon