4/19/2019

3 Jenis Kanker Darah Yang Perlu Diketahui


LIPUTANBERITA21.COM – Kanker Darah merupakan salah satu jenis kanker yang cukup berbahaya jika dibiarkan, Kanker darah ini pasti nya akan menyerang pada bagian sel darah manusia sehingga sel darah manusia tersebut mengalami pertumbuhan secara tidak normal dan tidak dapat dikontrol oleh tubuh manusia.

Dalam bidang kesehatan terdapat 3 macam sel darah yang berada di tubuh manusia, yaitu : sel darah merah (yang membawa oksigen), trombosit (berperan dalam proses pembekuan darah), dan sel darah putih (untuk melawan infeksi).
Perlu kalian ketahui bahwa kanker darah ini memiliki 3 jenis yang menyerang sel darah manusia. Bagian kalian yang belum mengetahui jenis-jenis kanker darah bisa lihat ulasan dibawah ini :
Jenis – Jenis Kanker Darah


1. Myeloma
Yang pertama adalah Myeloma merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang sel plasma yang berada di sumsum tulang. Fungsi dari sel plasma adalah untuk membuat protein fungsi lain juga adalah untuk mengebalkan antibody tumbuh manusia untuk melawan infeksi .
Yang terkena penyakit kanker darah ini adalah sel plasma akan membuat protein secara tidak normal sehingga antibody tubuh manusia menjadi lemah dan mudah terkena infeksi. Sel myeloma dapat menyebar dari sumsum tulang ke bagian terkeras tulang, sehingga menyebabkan kerusakan jaringan tulang. Myeloma dapat menyerang beberapa tulang, sehingga sering disebut sebagai multiple myeloma

BACA JUGA : Gejala-Gejala Kanker Darah

2. Limfoma
Yang kedua adalah Limfoma adalah salah satu jenis kanker darah yang dapat menyerang system limfatik dalam tubuh manusia , sehingga dengan diserang nya system tersebut terdapat penyakit yang akan timbul yaitu : kelenjar getah bening, limpa, kelenjar timus, tonsil, dan sumsum tulang.
Perlu kalian ketahui ternyata fungsi dari Sistem limfatik yaitu pertahanan tubuh manusia terutama untuk melawan infeksi.

3. Leukemia

Yang terakhir adalah Leukemia merupakan salah satu jenis kanker darah yang terdapat dari sel darah putih. Penyebab terjadi nya kanker darah Leukemia ini karena terjadi nya sel darah putih mengalami pertumbahan yang cepat sehingga sel darah putih itu tidak berkembang dengan baik.  
Dikarenakan pertumbuhan sel darah putih ini tidak baik sehingga sumsum tulang menjadi terkena korban dari pertumbahan tersebut. Sehingga fungsi dari sumsum tulang yang memproduksi sel darah yang normal dapat terganggu.

BACA JUGA : Penyebab Terkena Kanker Darah 
Kanker Darah Leukemia ini ternyata terdapat 2 jenis yaitu leukemia akut , pada tahap ini sel darah putih sudah berkembang dengan sangat cepat di sumsum tulang dan leukemia kronik yang berkembang lambat, serta membutuhkan waktu beberapa tahun sampai muncul gejala.
Selain berdasarkan perkembangan penyakitnya, leukemia juga bisa dikategorikan menurut jenis sel yang terpengaruh. Ada empat jenis leukemia, yaitu:
  1. Acute lymphoblastic leukemia (ALL)
  2. Acute myeloid leukemia (AML)
  3. Chronic lymphocytic leukemia (CLL)
  4. Chronic myeloid leukemia (CML)

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon