8/11/2018

Jokowi Dan Prabowo Akan Optimalkan Program Ekonomi Syariah

    Jokowi(Hitam) Dan Prabowo(Putih).©Liputanberita21.com


LIPUTANBERITA21.COM - Pengamat Ekonomi Syariah Institut Pertanian Bogor, Irfan Syauqi Beik, angkat suara terkait pencalonan presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di pilpres 2019 mendatang. Irfan menyampaikan, siapapun pemimpin terpilih nanti, diharapkan mampu mendorong sektor industri keuangan syariah. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi Indonesia dinilai akan semakin baik.

Berdasarkan dilansir dari Merdeka.com Sabtu(11/8),Sebagai informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KM Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presiden untuk mendampinginya di Pilpres 2019. Sementara pesaingnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga secara resmi telah menggandeng Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden di Pilpres 2019.

"Saya melihat ada dua yang harus dikerjakan di tiga tahun pertama siapapun yang nanti mempimpin. Tiga tahun pertama itu, makanan halal sama pariwisata halal. Ini harus digenjot," ungkapnya
Berdasarkan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (RAPBN) tahun 2019, pemerintah telah menargetkan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,4 persen. Ifan mengatakan, apabila keduanya difokuskan pada pemimpin selanjutnya, maka ke depan akan mendorong pertumbuhan ekonomi lebih baik.

"Misalkan bisa optimalkan sektor riil ini dari makanan halal, pariwisata halal dan sebagiannya, itu saya yakin ini bisa mendorong bahkan pertumbuahan ekonomi. Jadi saya yakin kalau target ekonomi 7 sampai 8 persen tiap tahun, itu menurut saya sangat mudah dicapai. Dengan cara apa? Dengan cara manfaatkan keuntungan ekonomi syariah," paparnya.

Irfan mengatakan, industri makanan halal hingga satu tahun ini, volume penjualan globalnya sudah mencapai sekitar USD 3,7 triliun. "Kalau kita misalkan bisa manfaatkan 10 persen saja, itu sudah dapet USD 370 miliar, itu lebih besar dari APBN. Jadi bayangin 10 persen saja pangsa pasar industri makanan halal itu udah bisa ningkatin PDB kita hampir 4 persen," imbuhnya.

"Artinya kenapa sekarang pertumbuhan ekonomi kita stagnan 5 persen? Karena kita tidak membidik sektor-sektor itu di mana kita punya potensi untuk kita maksimalkan. Itu masalahnya," sambung Irfan.

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon