3/25/2018

7 Bahaya Makan Sambil Posisi Berdiri Dan Cara Mengatasinya



Liputanberita21.com– Selamat siang sahabat 21 kembali lagi dengan Liputan Berita 21 kali ini Liputan berita 21 akan membagikan informasi yang penting bagi kesehatan kalian semua ,simaklah informasi dari Liputan berita 21 di bawah ini:

Makan merupakan kebutuhan terpenting kedua setelah minum ,karena kalau kita tidak makan kita akan mengalami masalah dalam tubuh kita misalkan lapar  ,maka dari itulah kalian harus makan tepat waktu sesuai ajaran nabi Muhammad Saw adalah Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang.

Kenapa sesuai aturan kalau makan nah bayangkan saja kalau kita makan kelebihan maka kita akan mengalami sakit perut begitu pula kalau kita tidak makan sesuai waktu nya, aturan makan biasanya 3X Sehari yaitu pagi,siang dan malam. Aturan makan yang lainnya adalah baca doa sebelum makan,duduk ,makan menggunakan tangan kanan dan setelah selesai makan baca doa selesai makan.

Kalian pernah tidak makan sambil berdiri hal ini sih memang jarang terjadi tapi memang ada yang makan sambil berdiri ,tapi kalian tahu tidak bahaya nya makan sambil berdiri, jika tidak tahu simaklah di bawah ini:

1. Asam lambung naik ke esofagus
Makan sambil berdiri dapat menyebabkan asam lambung tiba tiba naik. Bumbu masakan yang mengandung cabai, merica dan asam rentan menyebabkan asam lambung naik kearah esofagus dan memberikan efek panas yang bisa memicu munculnya luka luka dan iritasi pada dinding esofagus.

2. Kinerja pencernaan menurun
Makan sambil berdiri menyebabkan jatuhnya makanan kedalam lambung lebih cepat dan tiba tiba. Kondisi ini mengakibatkan dinding lambung menderita luka dan iritasi. Organ pencernaan yang mengalami luka akan menyebabkan rasa nyeri yang sangat luar biasa sehingga seseorang dapat mengalami mual dan muntah muntah serta mengakibatkan kinerja pencernaan dalam keadaan tidak lancar.

3. Kanker saluran esofagus
Makan sambil berdiri dapat menyebabkan sel sel kerongkongan akan timbul iritasi dan infeksi.Kondisi ini dapat mempercepat pertumbuhan sel abnormal yang berpotensi menjadi sel kanker aktif pada saluran esofagus.


4. Gangguan pada saraf otak kesepuluh
Membiasakan diri makan sambil berdiri dapat menyebabkan makanan yang masuk lewat kerongkongan akan langsung berajalan dengan kasar menuju pencernaan, Sehingga dapat menyebabkan disfungsi saraf kronis pada saraf otak kesepuluh dan memicu denyut jantung menjadi kacau.

5. Kinerja ginjal terganggu
Makan sambil berdiri dapat membuat makanan tidak mengalami proses penggilingan pada pencernaan secara normal. akibatnya penyerapan nutrisi jadi terhambat dan mengakibatkan ginjal bekerja keras untuk mengolah air untuk mendukung terjadinya proses penghancuran makanan tersebut. Kondisi tersebut beresiko ginjal mengalami iritasi , kelelahan dan kinerjanya menjadi menurun. Jika tidak mendapat penanganan khusus dari tim medis maka kerusakaan ginjal tak bisa dihindari.

6. Ulu hati tidak nyaman
Makan sambil berdiri tanpa minum dapat menyebabkan penegangan otot dan aliran darah disekitar ulu hati menjadi tidak lancar. Kondisi tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri disekitar ulu hati dan memicu seseorang terserang keringat dingin dan stres ringan secara bersamaan.

7. Sakit maag kambuh
Seseorang yang memiliki penyakit maag hindarilah makan sambil berdiri dalam waktu lama atau jangan lakukan sama sekali, Karena makanan yang masuk kedasar lambung akan mengganggu maag. Makanan yang masuk dalam sistem pencernaan lalu tidak menjalani proses penggilingan yang seharusnya, maka penyakit kambuh yang sudah sembuh akan kambuh kembali. Iritasi pada lambung seringkali memicu kambuhnya penyakit maag.

Cara mengatasi makan sambil berdiri:
1.Makan dahulu
Makanlah saat anda memiliki waktu yang luang untuk duduk karena jika kalian tidak memiliki waktu peluang untuk duduk maka kalian akan mengalami masalah bagi kesehatan kalian.

2.Makan sedikit
Jika kalian di undang dalam suatu acara maka sebelum berangkat ke acara tersebut makan nya sedikit sambil posisi duduk untuk menjaga situasi saat di acara ,jika kalian makan banyak saat di rumah pasti kalian akan kenyang duluan sebelum datang ke acara sehingga kalian di acara tersebut tidak makan akhirnya kalian tidak menghargai tuan rumah yang mengundang anda.

3. Mengkonsumsi makanan penekan rasa lapar
Jika kalian mau datang ke acara sedangkan kalian saat itu dalam kondisi lapar maka sebaiknya kalian tidak makan nasi dulu tapi makanlah yang dapat menekan rasa lapar seperti Roti,Buah dan lain-lain. Ketika kalian telah sampai ke acara baru lah kalian makan nasi sambil posisi  duduk agar lambung kalian tidak bermasalah dan kalian juga menghargai tuan rumah acara tersebut.  

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon