4/18/2023

Pengertian,Manfaat,Bentuk dan Contoh Neraca Saldo



Liputanberita21.comPengertian,Manfaat,Bentuk dan Contoh Neraca Saldo - Selamat siang sobat kali ini Liputan Berita 21 Telah Kembali lagi dengan membawakan suatu informasi yang semogga bermanfaat untuk kalian.

Kalo dengan istilah Neraca saldo di anggap sudah tidak asing lagi khusus nya untuk jurusan Akuntansi dan Perbankan Biasa nya Neraca saldo ini kita dapatkan di Sekolah Mengenah Kejuruan(SMK) Dan di Universitas Negeri/Swasta yang ada Di Indonesia. Neraca saldo ini masih termasuk dalam Siklus Akuntansi yang terdiri dari Jurnal Umum,Buku Besar dan Neraca Saldo. .


BACA JUGA : Sejarah Leasing Di Dunia Dan Indonesia




     Neraca Saldo Membahas Suatu Keuangan Milik Perusahaan. Dengan adanya Neraca saldo di suatu perusahaan/Instansi Pemerintah Dapat menghitung kembali keuangan di perusahaan tersebut dengan mudah. tapi bagi kalian yang belum tahu khusus nya untuk anak SMA yang akan mengambil jurusan Akuntasi/Perbankan di Universitas Negeri maupun Swasta. Liputan Berita 21 akan membagi Informasi kepada kalian, baiklah untuk menghemat waktu kita ke inti paling dasar nya dahulu,



A.Pengertian neraca saldo 



Neraca Saldo suatu daftar yang terdiri dari nomor akun,Nama Akun , Debit dan kredit yang di bagi ke seluruh jenis nama akun beserta saldo total dari setiap akun yang disusun secara sistematis sesuai dengan kode akun yang bersumber dari buku besar perusahaan pada periode tertentu.


B. Manfaat Neraca Saldo


Manfaat dari penyusunan neraca saldo bagi suatu perusahaan adalah :



  •  Dapat memudahkan melakukan pengecekan terhadap kebenaran buku besar yang telah dibuat. Ketika jurnal buku besar yang dibuat dengan benar sebagai dasar penyusunan neraca saldo, maka jumlah total angka kolom debet dan kredit yang muncul di neraca saldo akan menunjukkan jumlah saldo yang ballance(sama). Dengan demikian neraca saldo dapat dianggap benar.
  • Penyusunan neraca saldo bermanfaat sebagai sumber pembuatan kertas kerja (neraca lajur) dan sebagai dasar penyusunan laporan keuangan perusahaan.

C. Bentuk Neraca saldo (Trial balance)



Format/bentuk neraca saldo yang sederhana memiliki 4 kolom utama diantaranya kolom kode (nomor) akun, kolom nama akun (keterangan), kolom debet dan kredit seperti gambar berikut ini:

Keterangan :
1. Kolom Kode (nomer) Akun


Kolom pada nomor akun akan di isi nomor akun suatu transaksi misalkan transaksi nya berjenis kas nomor akun nya 1.1.1. biasanya nomor akun tersebut di ambil dari buku besar dan nomor akun tersebut berasal dari setiap akun yang terdapat dalam buku besar perusahaan tersebut. Nomer/kode akun harus ditulis secara sistematis atau urut mulai dari kode 1 yang menunjukkan kode akun Harta sampai kode 4 yang menunjukkan kode akun Beban.

2. Kolom Nama Akun

Pada Kolom Nama akun ini harus di isi dengan nama akun yang mau di isi di neraca saldo biasanya di ambil dari buku besar juga dalam buku besar perusahaan. penulisan dalam neraca saldo di urutkan dari golongan akun harta, akun hutang, akun modal, akun pendapatan dan yang terakhir adalah akun beban.

3. Kolom Debit


Kolom berikut berisi saldo dari setiap akun yang memiliki saldo debet sesuai dengan buku besar.

4. Kolom Kredit


Kolom berikut berisi saldo setiap akun yang memiliki saldo total kredit sesuai yang ada di dalam buku besar.

D. Contoh Neraca Saldo 

Berikut ini adalah sebagai gambaran atau contoh  dari neraca saldo perusahaan.



Demikian Artikel ini semogga bermanfaat , jika kurang jelas silakan di komentar di bawah

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon