4/18/2023

Cara Menyusun Buku Besar Dari Jurnal Umum Yang Benar


LiputanBerita21.com-  Cara Menyusun Buku Besar Dari Jurnal Umum Yang Benar Selamat sore gan Bagi kalian yang jurusan akuntasi pasti kalian akan tahu apa itu buku besar ,

Buku besar adalah buku utama pencatatan transaksi keuangan yang mengkonsolidasikan masukan dari semua jurnal akuntansi setelah jurnal umum.


BACA JUGA : Sejarah Asuransi Di Dunia Dan Indonesia

Tapi saya disini tidak hanya menjelaskan pengertian buku besar ,saya juga akan menjelaskan bagaimana cara menyusun buku besar, baiklah langsung ke inti nya saja.
Selamat Membaca


Cara menyusun Buku besar Yaitu:

BACA JUGA : Sejarah Koperasi Di Indonesia

  • Langkah pertama adalah kalian harus membuat Catat saldo awal buku besar dari neraca awal . Akun yang ada di sisi debet neraca dicatat sebagai saldo awal debit akun buku besar dan akun yang ada di sisi kredit neraca dicatat sebagai saldo awal kredit akun buku besar
    • Langkah Kedua adalah kalian harus mencatat tanggal pada buku besar diambil dari kolom tanggal transaksi pada jurnal kemudian pindahkanlah ke kolom tanggal akun buku besar yang bersangkutan. Secara berurutan mulai dari tanggal termuda.

    • Langkah Ketiga adalah kalian harus mencatat keterangan buku besar yang diambil dari keterangan jurnal ke dalam kolom keterangan pada akun buku besar

    • Langkah empat adalah kalian harus  mencatatlah  jumlah debit akun pada jurnal ke kolom debet akun buku besar yang bersangkutan dan mencatat jumlah kredit akun pada jurnal ke kolom kredit akun buku besar yang bersangkutan.

    • Langkah Kelima adalah kalian harus  Mencatat nomor halaman jurnal yang diposting ke kolom referensi (Ref) pada akun buku besar langsung kolom akun ref tersebut di isi dengan halaman buku besar.

    • Langkah ke enam adalah Jika akun dalam jurnal sudah dipindahkan atau diposting ke dalam akun buku besar maka di kolom referensi jurnal dicatat dengan nomor kode akun yang bersangkutan agar menandakan bahwa akun tersebut sudah diposting.

    • Langkah terakhir adalah Jika menggunakan akun buku besar yang berbentuk tiga kolom atau empat kolom, maka carilah saldonya dengan cara membandingkan antara keseluruhan saldo debit dengan kredit transaksi sebelum dimasuki oleh transaksi periode baru. Untuk mendapatkan saldo akhir dari setiap akun.


Demikian lah artikel tentang cara menyusun buku besar dari jurnal umum semoga bermanfaat untuk kalian


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon