8/31/2017

Idhul Adha: Presiden Jokowi Mengurbankan sapi seberat 1,1 ton di Banjarmasin,Kalimantan

   Sapi kurban Jokowi. ©2017 Liputanberita21.com


LIPUTANBERITA21.COM -  Pada Idhul Adha Tahun ini  pak Joko Widodo atau yang sering kita dengar dengan nama  pak Jokowi telah mengurbankan satu ekor sapi yang berat nya sangat besar yaitu sebesar 1,1 ton pak jokowi menyumbang hewa ini untuk sebagai hewan kurban bagi masyarakat Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Nantinya sapi tersebut akan disembelih sehari setelah Idul Adha 1438 Hijriah, Sabtu (2/9).

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel Suparmi mengatakan, sapi jenis Limousin jantan berusia sekitar 3 tahun itu dibeli langsung oleh sekretaris presiden.

"Sebagian masyarakat Banjarmasin langsung mendatangi tempat pertenakan sapi untuk memilih secara langsung.  Kami hanya mengarahkan lokasi peternak dan seluruh biaya termasuk penyembelihan serta transportasi dibayar sekretaris presiden," katanya Kamis (31/8).

Seperti dilansir dari Antara, dia mengatakan, sapi kurban hadiah dari pak Jokowi ini di berikan kepada pengelola Masjid Jami yang berada di kota Banjarmasin, karena masjid ini menyelenggarakn penyembelihan hewan kurban dan membagikan ke masyarakat.

"Kamis siang ini, sapinya diserahkan kepada pengelola Masjid Jami dan teknis penyembelihan maupun pembagian kepada masyarakat diserahkan kepada panitia masjid," ungkapnya.

Suparmi mengatakan, sebelumnya terdapat 3 ekor sapi yang sejenis dengan berat yang berbeda-beda yang di tawarkan kepada kota Banjarmasin ,3 ekor sapi ini dengan berat dari 900 - 1100 Kg atau 1,1 ton.

Langsung mereka memilih hewan kurban sapi ini dengan bobot yang paling berat langsung mereka juga di minta untuk  dipelihara oleh peternak di Jalan Kurnia Banjarbaru selama 1,5 bulan sebelumnya.

Suparmi berkata "Sapi yang dipilih merupakan dengan ukuran berat yang  paling besar dan paling berat,  jika ada sapi yang lebih besar lagi, sapi tersebut yang akan di pilih oleh warga Banjarmasin di karenak daging nya banyk dan dapat di bagikan kepada masyarakat dengan banyak juga.

Menurut dia, pihaknya sudah memeriksa kesehatan sapi warna coklat berbobot di atas 1.000 kilogram itu dan kondisi kesehatan maupun fisiknya baik sehingga layak disembelih.

"Kami sudah mengecek kesehatan sapinya melalui laboratorium dan hasilnya sudah memenuhi syarat baik kesehatan maupun kelayakan dijadikan hewan kurban," tutupnya.
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon