10/20/2022

STRATEGI INKLUSI KEUANGAN UNTUK DESA

 

STRATEGI INKLUSI KEUANGAN UNTUK DESA

STRATEGI INKLUSI KEUANGAN UNTUK DESA-DESA DI PROVINSI LAMPUNG DALAM RANGKA KEUANGAN YANG INKLUSIF


by


Wahyu Setia Nugraha, S.Ak.
Wahyuktb69@gmail.com

BIK, Siapa yang tidak kenal dengan Program yang diadakan oleh OJK ini setiap tahunnya. Menurut World Bank (2016) inklusi keuangan didefinisikan sebagai akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan yang bermanfaat dan terjangkau dalam memenuhi kebutuhan masyarakat maupun usahanya dalam hal ini transaksi, pembayaran, tabungan, kredit dan asuransi yang digunakan secara bertanggung jawab dan berkelanjutan.


Bulan Inklusi Keuangan (BIK) merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK),bersama dengan Kementerian/ Lembaga terkait dan Industri Jasa Keuangan (IJK), untuk meningkatkan pemahaman dan penggunaan masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan. Bulan Inklusi Keuangan 2022 akan berlangsung dari tanggal 1 - 31 Oktober 2022 diseluruh Indonesia.
Istilah Financial Inclusion atau inklusi keuangan menjadi tren pascakrisis 2008, terutama didasari dampak krisis kepada kelompok in the bottom of the pyramid (pendapatan rendah dan tidak teratur, tinggal di daerah terpencil, orang cacat, buruh yang tidak mempunyai dokumen identitas legal, dan masyarakat pinggiran) yang umumnya unbanked yang tercatat sangat tinggi di luar negara maju.
Untuk meramaikan Bulan Inklusi Itu sendiri ,Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 
bersama dengan Industri Jasa Keuangan dan lembaga-lembaga terkait, terus berupaya meningkatkan inklusi keuangan tidak hanya sebatas pengembangan produk, dan layanan jasa keuangan tetapi juga meliputi empat elemen inklusi keuangan lainnya, yaitu perluasan akses keuangan, ketersediaan produk dan layanan jasa keuangan, penggunaan produk dan layanan jasa keuangan, serta peningkatan kualitas baik kualitas penggunaan produk dan layanan jasa keuangan, maupun kualitas produk danlayanan jasa keuangan itu sendiri.  Upaya ini juga dilakukan melalui beberapa program, yaitu:

       1.      Layanan Keuangan Tanpa Kantor Dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai)
       2.      Simpanan Pelajar (SimPel)
       3.      Simpanan Mahasiswa dan Pemuda (SiMuda)
       4.      Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD)
       5.      Bank Wakaf Mikro (BWM)
       6.      Pusat Edukasi, Layanan Konsumen & Akses Keuangan UMKM (PELAKU)
       7.      Kredit Usaha Rakyat (KUR)
       8.      Layanan  Keuangan  Mikro.

STRATEGI INKLUSI KEUANGAN UNTUK DESA

Terobosan Jitu, Fasilitas Digitalisasi Bank Syariah WayKanan (Perseroda) untuk meningkatkan kemudahan pelayanan kepada nasabah, dalam rangka ikut serta Meng-Inklusif kan Keuangan masyarakat di Pedesaan.


PT. BPRS Way Kanan Perseroda, Berdiri berdasarkan Peraturan daerah Kabupaten Way Kanan, No.2 Tahun 2009 dengan keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. AHU-50532.A.H.01.01, tanggal 27 Oktober 2010. Ijin Operasional PT. BPRS WAY KANAN berdasarkan SK Gubernur Bank Indonesia No.13/1/KET.GBI/Dpg/2011, tanggal 11 Januari 2011.

Bersamaan dengan adanya Bulan Inklusi Keuangan, di tahun 2022 ini, Manajemen Bank Syariah WayKanan Perseroda, berusaha menemukan formula baru, demi memudahkan Transaksi Nasabah serta meng-Edukasi nasabah yang pada umumnya ber-mayoritas (Unbanked).

Terkhusus di daerah-daerah pedesaan, agar lebih teredukasi serta memliki rasa kepercayaan lebih untuk mengandalkan industri perbankan, dalam mengelola serta menjadi wadah dalam menabung dan bertransaksi, tentunya dijamin aman karena Bank Syariah WayKanan sendiri sudah terjamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan), dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Apa sih Fasilitas Baru dari Bank Syariah Way Kanan, yang mengakomodasi kemudahan nasabah  dalam menabung tanpa harus datang ke Bank???

Ini dia…..


MOBILE COLLECT

Fitur Mobile Connect

Perangkat  (Device) ini memang terdengar asing dan tidak familiar di dunia Perbankan, tetapi ini merupakan sebuah Inovasi yang membarengi pertumbuhan digitalisasi dunia perbankan, rencananya perangkat ini akan dalam waktu dekat akan di Launching oleh Bank Syariah Way Kanan, untuk menunjang kebutuhan Nasabah, agar dapat tetap menabung di Bank tanpa harus ke Bank nya itu sendiri.


Dan Bank Syariah Way Kanan menjadi BPRS Pioner, yang menggunakan Fasilitas Digitalisasi seperti “Mobile Collect”, dan menjadi satu-satunya di Lampung 

“Tentunya kami (Bank Syariah WayKanan)  berharap hal ini bisa menjadi contoh untuk Bank-bank lain agar dapat terus ber-inovasi serta saling bersinergi supaya layanan perbankan dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat”, ujar Sasmita (Audit Bank Syariah WayKanan), saat ditemui di KC BSWK Cab. Natar.

“Dimana fasilitas ini sudah Langsung Ter-Connect, dengan Sistem Operasional IBA ( Islamic Banking Application), milik Bank Syariah way kanan Perseoda. Jadi sangat meminimalisir terjadinya Manipulasi data, dan Human Error”, tambah sasmita.


Tentunya hal ini amat sangat membantu, dan sangat Friendly User untuk Nasabah terutama, karena Fasilitas ini sangat Flexible dimana para Tim Marketing, dari Bank Syariah WayKanan hanya perlu datang ke kediaman/tempat usaha nasabah dengan membawa device “Mobile Collect”, lalu nasabah hanya perlu memasukkan No. Rekening dan jumlah dana setorannya pada Mobile Collect yang di sediakan nantinya.


Adapun, tatacara pengoperasian dari “ Mobile Collect” ini sebagai berikut:

  1. Pertama, Nasabah meng-input No. Rekening nya ke system di Mobile Collect,
  2. Nasabah menyerahkan sejumlah uang tunai, yang rencana nya akan ditabung kan ke Bank kepada     Tim Marketing di Lapangan,Tim Marketing menerima dan menghitung uang tersebut
  3. Lalu Nasabah meng input sejumlah uang, yang sudah di Konfirmasi Jumlah nya oleh Marketing
  4.  Nasabah melakukan Konfirmasi ulang, atas Jumlah Uang yang tadi di serahkan,
  5. Kemudian, Device Mobile Collect Bank Syariah WayKanan, akan mengeluarkan Struk sebagai   Bukti Setoran Nasabah, secara actual,
  6. Dan juga system Mobile Collect ini diawasi secara dual control oleh Manager Operasional dan juga       Audit Bank Syariah WayKanan. Apa saja Keunggulan dari Fasilitas, “ Mobile       Collect” Bank Syariah     Waykanan ini??

Fasilitas “ Mobile Collect” ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya:

  1. Memudahkan Nasabah yang ingin menabung, tanpa meninggalkan Rumah dan tempat usaha nya, dan tanpa harus pergi ke Bank
  2. Efisiensi waktu
  3.  Proses Cepat, aman, dan Modern dan sangat Friendly User, Bukti Setoran actual
  4. Meminimalisir adanya Oknum, yang tidak bertanggung jawab dan Mis Komunikasi antara Tim Marketing dengan nasabah,
  5. Nasabah menjadi lebih tenang, dan tidak khawatir apabila menabung tanpa harus datang ke Bank Syariah WayKanan,
  6. Dapat Menjaga dan meningkatkan Kepercayaan Nasabah.

Tentunya hal ini sejalan dengan tujuan dari BIK, sebagai salah satu langkah untuk mencapai target inklusi keuangan pemerintah, yang mencapai 90% di tahun 2024, mengkampanyekan budaya menabung di berbagai sektor industri jasa keuangan, dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap produk dan/atau layanan jasa keuangan.

Serta pasti nya menargetkan Inklusi Keuangan di Desa-desa di seluruh Provinsi Lampung, serta menjadi Motor Penggerak bagi Bank Syariah WayKanan untuk terus memberikan Pelayan Prima, Selaras dan Bersinergi bersama Ummat dalam Rangka meningkatkan Taraf hidup dan mensejahterakan Ummat berdasarkan Prinsip Syariah.

Sejalan dengan harapan dan tujuan utama dari di adakannya Bulan Inklusi Keuangan ini, Bank Syariah WayKanan memberikan jawaban dan terobosan, yang tentunya sudah lama kita nanti-nantikan, yaitu mempermudah mobilitas dan meningkatkan kepercayaan masyarakat (Unbanked) terhadap Perbankan khususnya di daerah Pedesaan, yang minim edukasi akan dunia Perbankan.
Harapan besar Bank Syariah WayKanan dengan di Launching kan nya Fasilitas “ Mobile Collect” ini adalah dapat menjawab semua keterbatasan masyarakat di pedesaan yang masih minim akses kepada dunia perbankan, dan dapat menghapus Stigma Negatif di masyarakat , yang katanya “Menabung di Bank itu sulit dan ribet!”, tutur Masyarakat sekitar ( Unbanked).”

***



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon