6/13/2020

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Maag


Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Maag
LIPUTANBERITA21.COM - Maag atau radang lambung adalah salah satu penyakit yang menyerang pada organ lambung sehingga penyebabkan luka pada lambung dan untuk penderita akan mengalami sakit dan perih pada perut dan jika di biarkan maka akan menimbulkan kanker lambung untuk penderita. 
Maag ini timbul disebabkan karena penderita berlebihan dalam mengonsumsi makanan atau minuman seperti asam, pedas, berlemak tinggi, beralkohol, kafein dan soda. Bukan hanya dari makanan atau minuman tetapi juga dari gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok, stress dan tidak olahraga. 

Untuk yang sudah terkena penyakit asam lambung tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat jika melakukan maka penyakit maag akan kambuh dan jika di biarkan akan menjadi tambah parah. Sehingga penderita penyakit maag harus memilih makanan dan minuman yang sehat untuk lambung mereka. 

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Maag


Pada penyakit maag yang masih ringan bisa disembuhkan dengan cara mengonsumsi makanan dan minuman sehat setiap hari dan mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Jika untuk tingkatan sedang sampai berat maka penyakit maag dapat melakukan pengobatan berdasarkan resep dari dokter. Berikut ini adalaha makanan sehat yang baik untuk penderita penyakit maag berdasarkan Halodoc.com yaitu :

  1. Adas

Makanan sehat adas

Makanan sehat yang pertama yaitu Adas, dengan mengonsumsi adas adalah pilihan yang baik untuk menjaga lambung agar tetap sehat dan dapat  memperlambat maag kambuh. Cara mengonsumsi adas ini yaitu dengan cara membuat salad yang terdiri dari adas dan di dukung dengan sayuran lainnya. Tanamanan adas ini memiliki kadar keasamn yang rendah dan dapat meningkatkan fungsi lambung sehingga adas ini aman untuk di makan bagi penderita maag.

2. Beras Cokelat

Makanan sehat beras cokelat

Makanan sehat berikut nya adalah beras cokelat, walaupun beras cokelat ini masih terdengar asing bagi masyarakat Indonesia tetapi beras cokelat ini memiliki manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan lambung manusia. Karena dalam beras cokelat ini memiliki kandungan karbohindrat kompleks yang mudah dicerna oleh lambung manusia sehingga untuk penderita maag sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beras cokelat untuk pengganti beras putih.

3. Daging

makanan sehat daging

f
Untuk penderita maag sebaiknya lebih hati lagi jika ingin mengonsumsi daging karena daging ini memiliki banyak jenis ada yang baik untuk lambung ada juga yang tidak baik untuk lambung jika sampai salah memilih daging maka dapat menyebabkan maag akan kambuh.


Daging yang terbaik untuk penderita maag yaitu daging unggas, daging ikan dan daging tanpa lemak cara mengelola daging tersebut yang baik adalah dengan cara memanggang atau merebusnya. Untuk penderita maag sebaiknya jangan menggoreng daging karena saat daging di goreng maka minyak akan menempel pada daging sedangkan minyak dalam daging memiliki kandungan lemak.

4. Jahe

Makanan sehat jahe

Jahe memang dari dahulu sangat terkenal dengan khasiat yang ada di dalamnya, walaupun jahe bukan jenis makanan melainkan jenis rempah - rempah tetapi jahe ini cukup ampuh untuk merendahkan penyakit maag. Di dalam jahe ini memiliki kandungan antiradang dan pereda asam sehingga sangat sehat untuk lambung. 

Cara mengelola jahe agar dapat di konsumsi bagi penderita penyakit maag yaitu dengan cara memotong atau memarut jahe lalu dimasukan ke dalam air mendidih sehingga air jahe nya bisa di minum untuk penderita peyakit maag.

5. Lidah Buaya

Makanan sehat lidah buaya

Makanan sehat lainnya adalah lidah buaya, walaupun lidah buaya bukan salah satu jenis makanan tetapi lidah buaya ini bisa di olah menjadi makanan sehingga bisa di makan bagi penderita maag.

Dalam lidah buaya ini memiliki kandungan zat antiradang, antimikroba dan antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan lambung. Lidah buaya ini mampu mengurangi resiko terkena asam lambung dan  dapat mencegah produksi asam lambung berlebihan.

Cara mengosumsi lidah buaya yang baik yaitu dengan memotong daging lidah buaya secara dadu lalu di masak agar rasa nya lebih enak bisa menambahkan sayuran - sayuran lainnya. 


6. Mengonsumsi Buah Dengan Tingkat Keasaman Rendah

Makanan sehat pisang

Penyebab terjadinya asam lambung atau maag dikarenakan lambung memproduksi asam secar berlebihan sehingga membuat lambung menjadi tidak sehat sehingga menyebabkan naiknya ke asam lambung ke kerongkongan mulut.

Bagi penderita maag di sarankan untuk mengonsumsi buah - buah yang memiliki tingkat keasaman yang rendah. Buah yang memiliki tingkat keasamn yang rendah yaitu pisang, melon, apir dan pir.

7. Oatmeal

makanan sehat oatmeal


Makanan sehat yang bisa di konsumsi untuk penderita maag yaitu Oatmeal, dengan mengonsumsi oatmeal dapat membantu menyerap asam lambung dan dapat mengurangi gejala naiknya asam lambung. 

Dalam oatmeal ini memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu kinerja lambung menjadi lebih baik lagi.

8. Sayuran Hijau


makanan sehat sayuran hijau

Sayuran hijau adalah salah satu makanan sehat yang wajib di konsumsi bagi penderita penyakit maag. Karena dari dahulu sayuran hijau ini memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh dan juga lambung.

Sayuran hijau yang baik di konsumsi untuk penderita maag yaitu brokoli, asparagus, kembang kol, kacang panjang, bayam dan ketimun karena sayuran tersebut memiliki kadar keasaman yang rendah. 

9. Seledri

Makanan sehat Seledri

Makana sehat yang terakhir adalah seledri, Seledri ini sangat dipercaya dapat mengurangi asam lambung dan maag karena di dalam seledri ini memiliki banyak sekali air dan juga hampir tidak ada kalori pada seledri ini sehingga sangat baik untuk penderita penyakit maag atau asam lambung.

Cara mengelola seledri menjadi makanan yang sehat sangat mudah yaitu dengan cara memotong kecil - kecil seledri lalu di taburkan di atas nasi.

Untuk terhindar dari penyakit maag atau asam lambung harus memperhatikan pola makana yang teratur dan juga gaya hidup yang sehat. Jangan pernah membiarkan perut kosong terlalu lama kecuali yang sedang berpuasa. Jika kalian mengalami maag sebaiknya buru - buru melakukan pemeriksaan ke dokter agar maag tidak semakin parah.

Demikan artikel tentang Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Maag semoga bermanfaat.






Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon