6/12/2020

Maag : Cara Mencegah , Mengetahui Gejala - Gejala Dan Jenis - Jenis Maag

sakit-maag


LIPUTANBERITA21.COM  Maag atau radang lambung adalah salah satu penyakit yang menyerang pada organ lambung sehingga penyebabkan luka pada lambung dan untuk penderita akan mengalami sakit dan perih pada perut dan jika di biarkan akan berakibat fatal bagi penderita.

Berdasarkan data dari pusat endoskopi di Indonesia terdapat 7000 kasus maag yang dilakukan endoskopi dan sebanyak 85% adalah dispepsia fungsional yang dimana penderita sakit maag tidak mengetahui penyebabnya. 




Jenis - Jenis Maag


Menurut halodoc.com jenis - jenis maag ini terbagi menjadi dua jenis yaitu :

Maag Akut

Maag akut terjadi karena terjadinya reaksi tubuh terhadap mikroorganime dan benda asing yang berada di lambung dengan tanda - tanda seperti panas, bengkak, nyeri dan gangguan pada organ tubuh lainnya.

BACA JUGA : Kenali Penyebab - Penyebab Maag


Maag Kronis

Maag Kronis disebabkan terjadinya gangguan pada organ tubuh yang disebabkan oleh mikroorganime dan benda asing yang berada di lambung dengan tanda - tanda seperti panas, bengkak, nyeri dan gangguan pada organ tubuh kronis dari tipe gangguan tertentu sehingga dapat menyebabkan Maag kronis. 

Untuk tingkat keparahan maag dapat di bagi menjadi 4 yaitu :


Maag Ringan

Pada tahap maag ringan maka penderita akan merasakan seperti asam lambung pada area dinding lambung agar tidak lebih parah sebaiknya harus cepat di periksa.

Maag Sedang

Jika maag ringan terus dibiarkan maka akan terus meningkat menjadi maag sedang pada tahapan ini maka penderita akan merasakan nyeri, sakit dan mual.

Maag Kronis

Jika penderita sudah mencapai pada tahap ini maka penderita tersebut sudah memasuki tahap yang sangat parah dari penyakit maag sebelumnya. Pada tahap ini penyakit maag akan sering timbul dalam waktu dekat dan merasakan sakit dan nyeri yang luar biasa.

Kanker Lambung

Tingkatan yang paling parah untuk penyakit maag adalah kanker lambung penyebab sampai terkena kanker lambung dikarenakan penderita kurang melakukan pemeriksaan kepada dokter sehingga penyakit maag yang semakin parah. 

Faktor lain yang menyebabkan terkena kanker lambung karena ada mikroorganisme bernama Helycobacter Pylori  yang tumbuh pada area lambung sehingga menyebabkan kanker lambung.


Gejala Awal Maag

Menurut Alodokter.com gejala - gejala awal maag ini terdapat 4 gejala yaitu :

  • Sering muntah tanpa sebab
  • Sulit menelan
  • Merasakan nyeri pada ulu hati
  • Berat badan turun tanpa sebab

Jika gejala - gejala tersebut berlanjut silakan melakukan pengobatan berdasarkan saran dari dokter.

Cara Mencegah Sakit Maag

Untuk penderita sakit maag pada tahapan ringan untuk dapat hilang sendiri dengan syarat harus melakukan hidup sehat seperti makan yang teratur, tidur yang cukup, tidak merokok dan rajin olahraga. 

Untuk tingkatan sedang sampai kronis untuk harus melakukan pengobatan dengan resep dokter, obat - obatan yang bisa mengurangi sakit maag seperti antasida, antibiotik dan antidepresan. 

Untuk melakukan pencegahan agar tidak terkena penyakit maag yaitu :

  • Makan secara teratur dengan porsi kecil
  • Kurangi memakanan yang pedas dan berlemak
  • Kurangi mengkonsumsi minuman berkafein secara berlebihan
  • Hindari obat - obatan yang menyebabkan nyeri lambung
  • Rajin olahraga
  • Tidak merokok

Demikan artikel tentang Maag : Cara Mencegah , Mengetahui Gejala - Gejala  Dan Jenis - Jenis Maag semoga bermanfaat untuk semuanya.




Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon