8/02/2019

Pemerintah Indonesia Telah Mengumumkan Ibu Kota Akan Pindah Ke Kalimantan



LIPUTANBERITA21.COM – Pada bulan Agustus ini dinyatakan Ibu Kota akan pindah dari Jakarta ke Kalimantan hasil pengumuman secara resmi dari Pemerintah Indonesia. Pada 2021 pemerintahan Indonesia merencanakan perpindahakan Ibu kota ke Kalimatan, dengan rincian pengembangan jangka panjang ibu kota baru telah disusun hingga tahun 2045.


Hasil laporan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro  mengatakan, pusat Pemerintahan di Ibu Kota Negara(IKN) akan baru dimulai pada tahun 2021-2024 dengan luas lahan sekitar 2000 hektar.

"Pusat pemerintahan dengan luas kira-kira 2.000 hektare, itu yang pasti akan berisi seluruh keperluan eksekutif, yudikatif, legislatif, termasuk istana, DPR, MA, MK, yang lainnya," kata dia dalam acara Dialog Nasional III: Pemindahan Ibu Kota Negara, di Gedung Bappenas, Jakarta, Kamis (1/8).
Pada pembangunan pertama pemerintah Indonesia akan membangun seperti gedung-gedung pemerintahan, kantor-kantor pejabat negara, termasuk taman budaya dan botanical garden sebagai zona hijau.
Pada tahun 2025-2029 pemerintah Indonesia akan melakukan pembangunan yang kedua di lahan seluas 40 ribu hektar.
Untuk pembangunan kedua ini pemerintah Indonesia akan membangun fasilitas untuk masyarakat dan angkatan militer seperti dibangun rumah bagi para ASN, TNI/Polri, serta fasilitas penunjang lainnya seperti pendidikan, kesehatan, universitas, science and technic park, high tech and clean industries, R&D center, hingga sport center.

"Pembangunan kedua ini akan didukung oleh fasiltas penunjang lainnya dan hasil diskusi pemerintah indonesia  fasiltas utama nya seperti TNI terutama untuk membangun military base, baik darat, luat, udara di daerah sekitar ibu kota baru," katanya.
Pada tahun 2030 – 2045 pemerintah akan melakukan pembangunan tahap terakhir yang dengan luas lahan sebesar kurang lebih 200 Ribu Hektar .
Pada pembangunan tahap terakhir ini pemerintahan akan membangun lebih luas lagi dikarenakan untuk tempat pariwisata seperti taman nasional, konservasi orangutan, dan klaster permukiman non ASN.
Akhirnya pemerintah Indonesia akan optimis dalam membangun ibu kota yang baru, ibu kota yang baru ini akan tumbuh menjadi kota yang besar dengan jumlah penduduk yang cukup tinggi.
 "Jadi sangat mungkin, apalagi melihat penduduk Indonesia yang jelas besar, maka kota ini tidak dalam waktu dekat, tapi dalam jangka panjang akan menjadi kota yang cukup besar yang 1,5 juta orang kira-kira," tutupnya


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon