4/17/2020

Kini Dengan Memainkan Facebook Bisa Mendapatkan Uang Juta-an Rupiah, Bagaimana Caranya ?


LIPUTANBERITA21.COMDi Era digital seperti saat ini untuk mencari teman sangat mudah sekali karena pada saat ini telah tersedia aplikasi media sosial yang digunakan untuk mencari teman baru untuk seluruh penjuru dunia. Sehingga hal tersebut digunakan oleh orang lain untuk mencari kenalan yang berbeda pulau ataupun negara.


Fakta menarik nya di media sosial juga bisa dijadikan sebagai untuk mencari jodoh dan tidak sedikit juga orang yang berhasil mendapatkan pasangan hidup nya melalui media sosial contoh nya seperti warga sumatera barat yang berhasil mendapatkan istri dari negara Inggris. 

Eits... Stop, Sebelum menuju yang lebih jauh lagi, sebaiknya memahami terlebih dahulu pengertian dari media sosial itu sendiri agar tidak ada kesalahan dalam mengartikan nya..



Pengertian Media Sosial



Menurut Wikipedia Media Sosial adalah sebuah media daring dengan para penggunanya bisa mudah untuk berinteraksi, berbagi dan menciptakan isi blog, jejaring sosial dan dunia virtual.


Sedangkan menurut Andreas Kaplan dan Michael Haelein,  Media Sosial adalah sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang di bangun atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan memungkinan penciptaan dan pertkuraan user-generetad content.

Pada zaman dahulu media sosial hanya digunakan untuk berkomunikasi, mencari teman atau bahkan mencari pasangan hidup tetapi karena teknologi semakin maju maka fungsi dari media sosial di tambah seperti bisa mencari lowongan kerja, berjualan online dan bisa digunakan untuk bermain game.


Untuk yang hobi bisnis online atau jualan online pilihan yang tepat adalah media sosial kenapa ? Karena pada saat ini hampir di seluruh dunia menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Whatsapp , Twiter dan masih banyak lagi lainnya.  Untuk lebih yakin untuk menggunakan media sosial dalam berbisnis online silakan lihat diagram di bawah ini .
Back to Content




Survei Media Sosial Yang Paling Banyak Di Gunakan DI Indonesia

sumber : databoks.katadata.co.id




Berdasarkan hasil laporan survei Katadata pada tahun 2020 media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia pada tahun 2020 adalah pada posisi pertama ditempati oleh Youtube dengan presentasi 88% selajutnya di posisi kedua Whatsapp dengan presentasi 84% dengan di diikuti oleh Facebook dengan presentase 82% dan Instagram 79%.

Untuk masalah lama nya menggunakan media sosial, masyarakat Indonesia mengakses media sosial selama 3 jam 26 menit. Dengan total pengguna aktif media sosial sebanyak 160 Juta atau 59% dari total penduduk Indonesia dan 99% pengguna media sosial menggunakan smartphone untuk mengakses nya.

Dengan besarnya pengguna media sosial Facebok di Indonesia kemungkinan besar untuk berjualan melalui media sosial akan mendapatkan keuntungan yang besar.  Karena dengan media sosial tidak perlu repot - repot lagi untuk berjualan dengan memposting produk yang ingin dijual dan tunggu produk di beli oleh orang lain.  Untuk kalian yang masih bingung soal jualan melalui media sosial bisa simak video di bawah ini :

Back to Content




Cerita Pengalaman Saya Berjualan Melalui Media Sosial


Maaf saya ingin bercerita tentang pengalaman saya soal berjualan melalui media sosial semoga bisa menjadi inspirasi bagi kalian semua.

Pada waktu saya berumur 13 tahun saya sudah menyukai bidang penjualan karena saya pada waktu itu sudah mempunyai mindset "Bagaimana mendapatkan penghasilan sendiri tanpa minta kepada orang tua".

Yang saya bisa lakukan pada umur 13 tahun adalah mengikut paman saya untuk berjualan bakso di toko bakso paman saya. Saya pikir - pikir lumayan saya sebulan bisa dapat Rp 300.000 / bulan untuk anak yang berumur 13 tahun uang itu sudah sangat banyak cukup buat jajan sebulan bahkan malah sisa. Akhirnya uang yang sisa itu saya tabung untuk masa depan saya nanti.

Pada umur 18 tahun akhirnya berfikir untuk kuliah yang pasti nya dengan uang saya sendiri, karena kebetulan saya dari SMP suka berjualan akhirnya saya berniat ingin berjualan sendiri untuk biaya kuliah saya.

Setelah saya masuk kuliah saya mulai berpikir ingin jualan apa. Setelah cukup lama memikirkan barang yang bisa di jual sehingga akhirnya saya menemukan barang yang pasti dibutuhkan oleh mahasiswa yaitu laptop. 

Saya pikir untuk berjualan laptop cukup mudah tetapi sangatlah susah karena saya pada saat itu tidak memiliki laptop dan harga laptop juga cukup mahal bagi anak kosan seperti saya. Akhirnya saya merencanakan untuk bekerja sama dengan toko  penyalur laptop yang terdapat di kota saya setelah mengikuti prosedur dan pelatihan pada toko tersebut akhirnya saya diterima menjadi reseller oleh toko penyalur laptop yang terdapat di kota saya.

Untuk melakukan penjualan laptop tersebut saya menggunakan dua cara yaitu dengan sistem Cod(Cash on delivery) dan jual melalui media sosial seperti Facebook, Whatsapps dan Instagram. Untuk mendapatkan kepercayaan konsumen atas produk yang saya jual akhirnya saya membuka nama toko yaitu ANS Computer store, nama toko tersebut saya gunakan di Facebook, Whatsapps dan Instagram dan juga memberikan garansi selama 2 minggu perbaikan saya berjualan laptop nya hanya di kosan, karena kosan saya deket universitas jadi mudah diakses oleh konsumen yang ingin membeli produk dari saya..

Karena d media sosial Facebook terdapat fitur Marketplace  saya akhirnya menggunakan fitur tersebut karena di fitur marketplace saya bisa menjual produk laptop saya dengan mudah dan kemudiaan bisa di share ke grup jualan beli yang ada di Facebook, alhamdulilah nya keuntungan omset penjualan laptop saya meningkat dratis, bisa di bilang pada waktu itu saya serba kecukupan.


Untuk keuntungan dari penjualan laptop saya yang menentukan keuntungan yang saya inginkan saya mempunyai mindset "Lebih baik mendapatkan keuntungan yang kecil yang penting laku terus dari pada untung besar tidak laku - laku" .  Saya menempatkan keuntungan saya hanya kisaran Rp 200.000 - Rp. 300.000 itu juga masih bisa di negosiasi oleh konsumen.

Biasanya saya untung pada 1 laptop kisaran Rp. 150.000 - Rp. 200.000 dalam waktu 6 bulan saya bisa menjual laptop sebanyak 15 - 20 laptop jadi keuntunan yang saya dapat dalam waktu 6 bulan adalah kisaran Rp. 3.000.000 - Rp. 4.000.000 lumayan kan keuntungannya uang dari hasil penjualan laptop tersebut saya gunakan untuk membayar uang semester kuliah saya dan beli perlengkapan kuliah sehingga orang tua saya tidak memiliki beban yang berat karena memikiran biaya kuliah 
Back to Content




Masalah Yang Terjadi Saat Berjualan Laptop



Mungkin kalian semua telah mendengar istilah "Semakin tinggi pohon semakin kencang tiupan anginnya ".  Atau artinya semakin terkenal sebuah usaha maka akan lebih banyak rintangannya. Hal ini sedang di alami oleh saya sendiri pada saat itu. Masalah nya adalah penjualan omset laptop saya turun secara drastis biasa nya dalam 6 bulan bisa menjual 15 - 20 laptop bahkan lebih, pada terjadi pada masalah tersebut penjualan laptop saya hanya laku 5-8 laptop dalam 6 bulan.

Pada waktu itu saya depresi akhirnya saya menghapus nama toko saya di media sosial Facebook, Whatsapps dan Instagram setelah menghapus nama toko saya, saya akhirnya menenangkan diri saya terlebih dahulu untuk berapa hari kedepan. 

Kemudian saya berpikir  kenapa omset penjualan saya turun ? memang pada saat itu saya ingin membayar uang kuliah sama uang kosan saya sedikit stress. Sehingga akhirnya Untuk menyelesaikan masalah yang saya hadapi saya berkonsultasi kepada toko penyalur laptop di toko yang ada di kota saya. Mereka memberikan semangat kepada saya untuk berjualan lagi dan mengulang dari awal.  Lalu kemudian mereka memberikan saran kepada saya untuk bergabung dengan AVANA.ID  .  Pada waktu itu saya belum mengetahui apa itu Avana ? kemudian mereka menjelaskan AVANA adalah tempat yang bisa digunakan untuk berjualan melalui media sosial seperti Facebook . Kata mereka bergabung dengan AVANA itu sangat menguntungkan. Akhirnya saya mengikuti saran dari mereka untuk bergabung dengan Avana .

Dari tadi saya mengatakan Avana, Avana , Avana , apa sih AVANA itu ?
Back to Content




Avana Itu Apa ?


Avana adalah platform social e-commerce yang dapat mengubah medial sosial menjadi toko online yang berkualitas dan membangun website dengan instant. Jika kalian telah bergabung dengan Avana kalian akan mendapatkan tiga toko utama yaitu Webstore, Facebook Store,  dan messenger store.  Tiga toko untuk bisa dikelola dengan mudah hanya di satu dasbor di Avana, sehingga pelanggan dapat langsung beli tanpa harus meninggalkan halaman toko online tersebut.

Dari tiga toko tersebut ada toko webstore, kalian tenang aja dengan toko webstore kalian tidak disuruh untuk membuat website jual online sendiri. Setelah kalian bergabung dengan avana kalian langsung dibuatkan website jualan online tersebut jadi tinggal santai website jualan online kalian akan langsung jadi.


AVANA ini di dirikan pada tahun 2016 yang pada saat itu hanya di dirikan oleh 6 orang saja hingga saat ini telah ada 40 orang yang telah membantu perkembangan perusahaan AVANA.  Hingga pada hari ini Avana telah membantu orang dalam membuka bisnis jualan sebanyak 30.000 toko yang tersebar di seluruh Dunia. Kantor pusat  Avana ini berada di Malaysia lalu membuka cabang di dua negara tetangga yaitu Indonesia dan Singapura.


Back to Content




Manfaat Jika Bergabung Dengan AVANA



Alasan saya ingin bergabung dengan Avana karena avana memiliki tiga manfaat yang menurut saya itu sangat bermanfaat untuk saya. Apa saja manfaat nya simaklah penjelasan di bawah ini :

1. 3 Toko Dalam 1 Dasbor
  Alasan pertama saya bergabung dengan avana karena avana memiliki dasbor yang berkualitas, dimana dasbor tersebut bisa saya gunakan untuk memantau semua toko saya. Misalkan saya membuka toko lebih dari satu saya tidak perlu membuat dasbor baru, karena 1 dasbor avana saja sudah bisa menangani tiga toko sekaligus.

2. Pembayaran Yang Mudah
Alasan saya bergabung dengan avana adalah karena avana di lengkapi dengan sistem pembayaran yang sangat mudah, sehingga jika pembeli produk saya ingin transfer uang ke saya tidak sulit karena Avana juga di dukung oleh 10 bank yang ada di Indonesia seperti BRI, Mandiri, BCA, BNI dan masih banyak lainnya. Di Avana nya tersedia AVAPay sehingga dapat mempermudah pengelolaan proses transaksi pelanggan ke saya.

3. Kurir Terpercaya
Alasan saya bergabung dengan AVANA adalah AVANA telah menyediakan jasa kurir yang terpercaya seperti JNT, Pos Indonesia, JNE, Ninja express dan masih banyak lainnya sehingga soal pengiriman barang pasti aman dan sampai dengan selamat kepada pelanggan. 
Back to Content




Fitur Yang Terdapat Di Avana






Jika kalian sudah bergabung dengan AVANA seperti saya ini kalian akan mendapatkan semua fitur yang tersedia di AVANA, apa aja fitur nya baik lah langsung ke penjelesannya di bawah ini :

1. Mengutamakan Ciri Media Sosial


Fitur pertama yang dapat kalian rasakan saat telah bergabung dengan AVANA adalah Mengutamakan Ciri Media Sosial. Dengan fitur ini target jualan kamu akan terlihat jelas mau kemana misalkan AVANA menentukan target penjualan produk kamu di Media Sosial maka produk kamu akan tampil pada semua halaman facebook. Sehingga produk yang kamu jual di Facebook dapat dilihat oleh semua pengguna Facebook. Manfaat lain dari fitur ini adalah :

  1. Tambah toko Facebook di halaman facebook Anda
  2. Pelanggan Bayar tanpa meninggalkan  halaman facebook
  3. Dapatkan data pengikut Facebook Anda
  4. Mendapatkan balasan otomatis yang disebut comment bot
  5. Bisa menjual langsung ke Instagram
  6. Bisa share produk kamu di whatsaap, Line twitter dan email.
  7. Dorong produk ke halaman pribadi atau teman di Facebook

2. Manajemen Stok dan Produk

 Manfaat dari fitur adalah kalian bisa mengelola produk kalian dengan mudah seperti menghapus, mengupdate, menambahkan produk. Manfaat lain dari fitur ini adalah :

  1. Dengan mudah menambahkan, mengedit, dan daftar produk baru di toko Facebook dan situs e-commerce pada satu sistem pusat
  2. Bisa drag dan drop gambar pada produk
  3. Bisa menampilkan harga sale atau promo
  4. Bisa melacak produk dalam inventaris anda
  5. Bisa mengelompokan berdasarkan kelompok jenis produk
  6. Bisa menambahkan tag label pada produk

3. Manajemen Order

Manfaat dari fitur Manajemen Order adalah :

  1. Bisa menerima notifikasi pesanan baru melalui email
  2. Bisa tampilkan pesanan dan berbagai saluran
  3. Faktur, pelacakan pembaruan nomor dan penerimaan otomatis di kirim ke pelanggan
  4. Bisa melacak pesanan dan status pembayaran dari pelanggan
  5. Bisa filterkan order berdasarkan status pesanan
  6. Bisa mengekspor pesanan dengan mudah dan detail pelanggan untuk analisis dan pemasaran selanjutnya

4. Manajemen Admin

Untuk manfaat dari fitur manajemen dasbor admin sebagai berikut :

  1. Satu dasbor bisa mengelola semua jalur penjualan
  2. Bisa memperbarui  informasi dan halama toko  dengan mudah
  3. Integrasi gateway pembayaran untuk menerima pembayaran dari pelanggan
  4. Bisa aktifkan integrasi analisis google untuk melacak trafic situs jualan
  5. Pengelolaan pajak untuk bisnis sangat mudah

Dari keempat fitur utama diatas  ada fitur lainnya yang pasti nya bermanfaat untuk kalian semua : 

1. Manajemen Ketersediaan
Dengan fitur ini kalian bisa melakukan pelacakan pada produk jualan kalian dan juga dapat sinkronkan produk anda pada saat kalian mejual produk ke beberapa saluran. Sehingga dengan ada nya fitur ini dapat membuat kalian lebih mudah dalam mengurus produk - produk kalian.

2. Pemasaran Facebook
Karena pasar utama dari AVANA ini adalah Facebook maka pasti penjualan produk kalian akan di pasaran di media sosial Facebook dan kalian juga bisa menjalankan iklan Facebook atau bahasa keren nya di kenal Facebook ads. dengan Facebook ads ini membuat produk kalian selalu tampil pada halaman Facebook sehingga pengguna Facebook dapat melihat produk kalian.

3. Tak Terbatas
Fitur ini sangat bermanfaat kenapa ? karena pihak AVANA tidak membatasi produk yang ingin dijual sehingga dengan fitur tak terbatas ini penjual sangat di untung kan karena semakin banyak produk yang di posting maka kemungkinan besar produk juga akan banyak di beli oleh pelanggan dan akhirnya akan mendapatkan penghasilan yang sangat besar.
4. Kami Sedia Setiap Saat
Fitur ini sangat bermanfaat untuk penjual pemula yang baru bergabung di AVANA, karena dengan fitur ini penjual bisa langsung berkomunikasi melalui Facebook, email dan Whatsapp jika ada yang belum di ketahui tentang penjualan di AVANA . 

5. Pembayaran
Fungsi dari fitur ini adalah untuk menerima pembayaran dari pelanggan, kalian tidak perlu khawatir apabila pelanggan yang membeli produk kalian itu berasal dari luar negeri, pasti yang masih pemula pasti bingung bagaimana cara menerima pembayaran dari pelanggan tersebut. Dengan adanya fitur ini soal pembayaran telah di selesaikan dengan mudah karena Avana telah menyediakan Kartu credit, Online banking, Visa dan lainnya sehingga untuk menerima pembayaran lebih mudah dan lancar.

6. Promosi
Untuk meningkatkan penjualan produk kalian ke pelanggan maka pihak AVANA akan memberikan potongan harga dan kode diskon yang akan diberikan kepada penjual sehingga dapat menjual produk lebih banyak lagi dan bisa mendatangkan pelanggan baru kepada penjual.

Back to Content





Kisah Sukses Berjualan Di AVANA.ID


Berdasarkan dari lima orang yang terdapat di video kesimpulan nya adalah mereka saya senang sekali karena telah bergabung dengan Avana, karena dengan ada avana mereka bisa lebih mudah berjualan karena di lengkapi dengan fitur - fitur yang dapat membantu kinerja penjualan. Untuk kaum milenial seperti saat ini bergabung dengan avana merupakan pilihan yang tepat karena dengan memainkan media sosial bisa mendapatkan uang juta-an rupiah.

Berikut ini adalah kisah sukses yang lainnya

Back to Content



Harga Paket Di Avana



Untuk masalah pemilihan paket untuk membuka toko di AVANA.ID terdapat tiga pilihan paket yang bisa di pilih oleh calon penjual yaitu Paket Advance, Paket Business dan Paket VIP dan memiliki tiga jangka waktu yaitu 3 Bulan, 6 Bulan dan 1 Tahun. Berikut ini adalah penjelasan dari ketiga paket tersebut :

1. Paket Advance

Untuk pilihan paket advance ini biasanya paket ini digunakan untuk penjualan dengan skala kecil seperti menjual satu jenis barang contoh nya seperti Laptop. Untuk harga paket ini sebesar Rp. 2.500.000 / tahun harga itu termasuk yang murah karena harga sebelum nya sebesar RP. 3.000.000. atau jika di hitung dalam harian harga paket ini hanya Rp. 6.900. Untuk manfaat nya banyak sekali dari 18 manfaat hanya ada 4 manfaat yang tidak tersedia di paket advance ini yaitu : Tidak ada pelatihan digital marketing gratis, tidak ada pelatihan Facebook ads, tidak ada atur agen dan reseller dan yang terakhir tidak ada Facebook advertising  training.Untuk lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi situs AVANA

Menurut saya harga tersebut termasuk murah jika kalian berjualan di AVANA pasti keuntungan nya sangat banyak sekali pasti kebayar lah harga paket tersebut dalam satu tahun. Pokok nya tidak rugi jika memilih paket ini untuk membeli paket ini bisa langsung kunjungi situs AVANA.

 2. Paket Business

Untuk pilihan paket Business ini biasanya paket ini digunakan untuk penjualan dengan skala menengahUntuk harga paket ini sebesar Rp. 4.999.999 / tahun harga itu termasuk yang murah karena harga sebelum nya sebesar RP. 6.000.000. atau jika di hitung dalam harian harga paket ini hanya Rp. 13.700. Untuk manfaat nya banyak sekali terdapat 18 manfaat dan semua nya dapat dimiliki oleh harga paket business lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi situs AVANA

Menurut saya harga tersebut termasuk murah jika kalian berjualan di AVANA pasti keuntungan kalian dalam sehari bisa lebih Rp 13.700 bisa jadi keuntungan dalam sehari sebesar Rp. 1.370.000 jadi bisa lah untuk membeli paket ini  dalam satu tahun. Pokok nya tidak rugi jika memilih paket ini untuk membeli paket ini bisa langsung kunjungi situs AVANA.

3. Harga Paket VIP

Untuk pilihan paket VIP  ini biasanya paket ini digunakan untuk penjualan dengan skala besarUntuk harga paket ini sebesar Rp. 12.999.999 / tahun  atau jika di hitung dalam harian harga paket ini hanya Rp. 35.700. Untuk manfaat nya banyak sekali terdapat 18 manfaat dan semua nya dapat dimiliki oleh harga paket business lebih lengkapnya bisa langsung kunjungi situs AVANA

Menurut saya harga tersebut termasuk murah jika kalian berjualan di AVANA pasti keuntungan kalian dalam sehari bisa lebih Rp 35.700 bisa jadi keuntungan dalam sehari sebesar Rp. 3.570.000 jadi bisa lah untuk membeli paket ini  dalam satu tahun. Pokok nya tidak rugi jika memilih paket ini untuk membeli paket ini bisa langsung kunjungi situs AVANA.

Kenapa saya dari tadi menjelaskan jangka waktu yang satu tahun karena menurut saya pilihan paket jangka satu tahun itu lebih murah ketimbang dari jangka waktu yang tiga dan 6 bulan. Contoh nya pada paket advance pada jangka waktu yang 6 bulan harga paket advance berkisar Rp. 1.500.000 dan tidak ada promo lagi sedangkan harga satu tahun harga nya cuma Rp. 2.500.000 hemat Rp 500.000 kan.
Back to Content



AYO Sekarang Saatnya Kita Sukses Di ANAVA.ID


Setelah melihat kisah orang yang sukses sebagai penjual di AVANA.ID  apakah kalian ingin juga menjadi seperti mereka. Jika Iya ayo mulai dari sekarang tidak ada alasan lagi bagi kita untuk menjadi pengusaha yang sukses yang dapat membanggakan orang tua kita.  Untuk menjadi penjual di AVANA.ID sangat mudah ko kalian harus mempunyai barang yang ingin di jual, mempunyai smartphone atau laptop dan mempunyai jaringan Internet. bahkan kalian akan mendapatkan gratis pembukaan toko selama dua minggu selebih dari itu kalian harus membeli paket.

Untuk menjadi penjual yang terdaftar di AVANA.ID cukup mudah. Berikut ini adalah cara mendaftar sebagai penjual di AVANA  :

1. Masuk Situs AVANA.ID

Langkah pertama kalian harus masuk terlebih dahulu ke situs AVANA setelah masuk situs kalian pilih bacaan COBA GRATIS jika gambar di atas itu yang saya kotakin berwarna merah.

2. Login

Pada saat kalian menuju menu login kalian akan menemukan dua pilihan yaitu login dengan Facebook atau login dengan Google. Setelah kalian berhasil login maka kalian akan disuruh untuk mengisi formulir seperti Nama, Alamat, Nama Toko dan sebagainya. 

3. Tampilan Situs Penjualan

Setelah berhasil mengisi formulir kalian berikut nya akan di arahkan ke tampilan penjualan kalian, di tampilan tersebut kalian di suruh untuk melengkapi data toko yang belum di isi. Setelah di isi kalian sudah bisa mulai berjualan dengan mudah dan sekarang kalian tinggal menikmati keuntungan dari hasil jualan kalian.

Setelah saya bergabung dengan AVANA dengan nama toko saya ans computer store saya mengikuti pelatihan dan tutorial di AVANA agar meningkat dalam berjualan Laptop di Facebook. Setelah lama mengikuti pelatihan saya berhasil masuk sebagai member resmi dari AVANA sehingga lama - kelamaan saya bisa menyelesaikan masalah terhadap omset penjualan saya yang menurun. 

Sehingga saat ini setelah saya bergabung dengan AVANA  omset penjualan saya naik kembali  dari pada sebelumnya jika pada sebelumnya penjualan laptop saya dalam waktu 6 bulan sampai 15 - 20 laptop. Setelah bergabung dengan AVANA.ID laptop yang berhasil saya jual sampai 40 - 53 laptop dalam waktu 6 bulan dengan keuntungan saya setelah bergabung dengan AVANA.ID  adalah Rp. 8000.000 - Rp. 10.600.000 dalam 6 bulan. Dengan keuntungan saya yang sangat banyak saya bisa bayar uang kuliah, bayar uang kosan, sama beli perlengkapan kuliah dari uang saya sendiri tanpa minta kepada orang tua saya 1% pun. Untuk mendapatkan keuntungan juta-an rupiah saya hanya berjualan melalui Facebook.

Rencana kedepan nya sih saya ingin membuka toko komputer sendiri tidak lagi menjadi reseller dari toko orang lain. Bagi kalian yang ingin sukses ayo buruan daftar dari sekarang. Selamat Berjualan AVANA.ID .
Back to Content



Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian dan mohon maaf apabila ada kesalah penulisan selama membuat artikel ini.



Sumber : LIPUTANBERITA21.COM dan AVANA.ID
Gambar : LIPUTANBERITA21.COM dan AVANA.ID
Video  : Youtube channel AVANA INDONESIA
Intrografis : LIPUTANBERITA21.COM

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon