12/28/2019

Bagaimana memanfaatkan domain untuk bisnis Anda ?



LIPUTANBERITA21.COM Domain merupakan nama yang diberikan untuk mengidentifikasi sebuah wesbite yang tujuannya untuk mempermudah mencari website dengan adanya DNS Server maka tidak perlu lagi mengakses website melalui alamat IP.

Nama domain memiliki banyak sekali fungsi yang digunakan yaitu mempermudah untuk menemukan sebuah website dan untuk berbisnis yang akan menjadi penghasilan bagi membuat website tersebut dan masih banyak lainnya. Jadi untuk pemilihan nama domain harus hati - hati karena nama domain akan berpengaruh besar terhadap bisnis kalian. 
Di dunia ini sudah banyak sekali yang menggunakan nama domain untuk bisnis, dengan nama domain yang menarik dan mudah dimengerti oleh pengguna maka bisnis tersebut akan ramai dikunjungi oleh pengguna di internet. Berikut ini contoh nama domain yang menarik dan mudah diingat oleh pengguna yaitu "Rumahweb.com". Sesuai dengan nama domain rumah web berbisnis yang berkaitan dengan website seperti Domain Murah, Hosting Murah, Hosting Unlimited dan masih banyak lainnya. 

Jadi sekarang apakah kalian mau seperti Rumah Web dengan bisnis melalui website maka sangat menguntungkan untuk kalian, mendapatkan uang dari website dan tidak minta uang lagi dengan orang tua. Jika mau silakan baca artikel ini lebih lanjut.

Untuk berbisnis melalui website yang perlu diperhatikan pertama kali yaitu pemelihan nama domain seperti yang sudah saya jelaskan di atas, nama domain akan sangat berpengaruh untuk bisnis kalian di website. Jadi sebelum menentukan nama domain sebaiknya kalian harus memilih terlebih dahulu untuk membuat nama domain yang cocok untuk bisnis kalian dan mudah diingat oleh pengguna. 

TIPS MEMILIH DOMAIN UNTUK BISNIS 

1. Pilih produk yang digunakan untuk bisnis


Kenapa langkah ini merupakan langkah pertama dikarenakan ini adalah yang sangat penting untuk memilih nama domain nanti, karena produk yang dijual sama nama domain nya harus berkaitan contoh nya seperti Rumah web tadi yang bisnis nya berkaitan dengan website seperti menjual domain murah, menjual hosting murah, dan hosting unlimited. Jika produk dan nama domain berbeda maka itu akan membuat pengguna menjadi bingung dan akhirnya bisnis kalian tidak akan berjalan dengan lancar. 

2. Domain harus mudah diketik pengguna

Domain Jika kalian kalian mau memilih nama domain harus mudah diketik oleh pengguna jadi disaranakan menggunakan nama domain yang pendek semakin pendek nama domain maka semakin mudah diakses oleh pengguna.  

3. Domain harus mudah diingat pengguna

Coba bayangkan jika kalian disuruh untuk menulis domain yang tentang bisnis web dalam waktu 1 detik, domain mana yang anda ketik. Nah begitu juga dengan nama domain untuk bisnis kalian semakin mudah diingat maka akan semakin ramai dikunjungi pengguna. 

4. Hindari Penggunaan angka atau penghubung untuk domain  bisnis

Kenapa langkah keempat ini harus dihindarin dikarenakan dapat mengganggu perkembangan bisnis anda. Yang paling parah untuk penggunakan angka atau penghubung untuk domain bisnis adalah website kalian akan dianggap spam oleh pengguna.  

5. Daftarkan nama domain ke lembaga hukum Trademark. 

Langkah kelima ini adalah sangat penting untuk bisnis kalian dikarenakan ini akan berkaitan berhubungan langsung dengan hukum.  Jika kalian telah mendaftarkan domain kalian maka akan dianggap sudah legal dimata hukum.
Kalian juga dapat mengecek nama domain yang ingin diwebsite database merek dagang(Trademark). Untuk mengecek nama domain nya bisa di situs WIPO Indonesia. 

6. Masukan kata kunci untuk di domain

Jika kalian pernah membaca soal SEO(Search Engine Optimization) yang pernah populer. SEO ini akan mencari kata kunci yang paling banyak di kunjungi oleh pengguna. Jika bisnis anda memasukan kata kunci yang akurat bisa jadi situs bisnis anda akan berjalan dengan lancar. Tetapi harus perlu diketahui kalian tidak bisa memasukan kata kunci yang banyak. maka situs bisnis anda akan kena pelanggaran dari google.

7. Tambahkan ekstensi pada domain

Berikut ini pasti kalian sudah sering kali menjumpai pada situs-situs manapun maupun situs bisnis atau situs berita pasti menggunakan ekstensi. Ekstensi ini sangatlah penting untuk nama domain dikarenakan jika tanpa ekstensi maka situs tidak dapat ditemukan oleh google atau pengguna sehingga ekstensi ini sangat penting untuk digunakan. Ekstensi yang sering digunakan untuk bisnis maupun non-bisnis oleh semua orang yaitu .COM, .ID, .CO.ID.
Dari harga tiga ektensi diatas itu harga nya berbeda-beda ada yang mahal ada juga yang murah. Tetapi sekarang ini sudah banyak situs yang menjual domain murah jadi kalian tidak perlu khawatir untuk membeli nya. Soal nya banyak pilihan ektensi seperti .COM, .ID, .CO.ID. .NET, .CO, .STORE, .TOP, .xyz dan masih banyak lainnya. 

8. Tambahkan hosting untuk situs bisnis. 

Hosting adalah tempat untuk penyimpan data-data penting yang diperlukan oleh situs sehingga dapat ditampilkan di internet seperti gambar, file, database, script dan masih banyak lainnya. 
Sesuai pengertian diatas hosting untuk menyimpan data-data penting, jadi untuk mengembangkan bisnis kalian maka hosting sangat dibutuhkan karena dapat menampung semua data penting dari bisnis kalian. Memang hosting ini tidak diperlukan bagi website yang bukan bisnis jika website yang diharuskan untuk login terlebih dahulu maka itu akan menggunakan hosting dikarenakan akan menampung data user yang login di website kalian. 
Tetapi saat ini untuk membeli hosting sudah sangat mudah dikarenakan situs telah menyedia layanan hosting murah yang terpercaya, hosting ini memiliki banyak pilihan ada hosting yang menggunakan ukurang seperti hosting 3GB ada juga hosting unlimited , sesuai nama nya hosting ini tidak mempunyai batas ukuran penyimpanan data jadi kalian bisa menyimpan data yang penting sebanyak-banyaknya.
Itulah cara memilih nama domain yang cocok untuk bisnis kalian. Jika bisnis anda telah jadi langsung kalian akan timbul pertanyaan apa sih manfaat domain untuk bisnis ?

Manfaat domain itu banyak sekali untuk bisnis yaitu :

1. Domain Sebagai ciri khas untuk bisnis

Kenapa disebut sebagai ciri khas ? dikarenakan domain berfungsi sebagai tanda pengenal untuk pengguna, misalkan situs Rumahweb.com pasti pengguna akan berpikir rumah web adalah penjual yang berkaitkan dengan web seperti domain murah, hosting murah sehingga pengguna yang ingin membeli sesuatu untuk website nya maka akan menuju ke rumah web.
Jadi begitu juga dengan domain kalian harus sesuai dengan apa yang kalian jual untu semua orang, sehingga pengguna berpikir jika memerlukan sesuatu akan menuju ke situs kalian.

2. Domain sebagai kepercayaan untuk pengguna

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas soal pemilihan nama domain kenapa domain bisnis tidak boleh menggunakan tanda penghubung atau angka dikarenakan itu akan mengurangi kepercayaan pengguna kepada situs bisnis kita. Domain yang tanpa angka atau penghubung itu lebih kuat di pengguna dikarenakan dapat meningkatkan kepercayaan sehingga pengguna tidak takut untuk masuk ke situs kalian.  

3. Domain sebagai target bisnis

Kenapa sebagai target bisnis  dikarenakan domain yang paling dominan access sesuai pilihan domain bisnis . Misalkan kalian memilih domain .ID maka situs anda dominan akan di access oleh warga Indonesia jika domain .COM maka dapat di access oleh semua orang diseluruh dunia. Dengan pemilihan domain yang tepat itu dapat menguntungkan bisnis kalian.

4. Domain sebagai keseriusan pemilik bisnis

Domain sangat cocok untuk bagi orang yang serius untuk menjalankan bisnis, pengguna akan menilai situs kalian lebih propesional sehingga mudah di akses untuk pengguna. Bayangkan jika situs bisnis kalian masih menggunakan domain bawaan google seperti .BLOGSPOT  maka akan terlihat aneh oleh pengguna sehingga dianggap bisnis yang tidak serius sehingga bisnis kalian tidak akan berjalan dengan lancar. 
Demikianlah artikel manfaat domain untuk bisnis semoga bermanfaat
#rumahweb
#blogcompetition

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

2 comments

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon