11/09/2018

5 Manfaat Vitamin D Untuk Tubuh


LIPUTANBERITA21.COM-  Vitamin D merupakan kelompok vitamin yang larut dalam lemak prohormon . Vitamin D ini juga dikenal dengan nama kalsiferol, vitamin D ini sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia terutama untuk anak-anak maupun dewasa, karena Vitamin D ini berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang manusia, kenapa Vitamin D ini sangat dibutuhkan oleh anak-anak? Karena anak-anak masih dalam fase pertumbuhan tulang sehingga mereka sangat membutuhkan Vitamin D ini . Jika manusia kekurangan Vitamin D maka mereka akan mengalami penyakit serius terutama di bagian tulang mereka. Karena tulang kita membutuhkan kalsium yang banyak untuk menjaga keseimbangan tulang.
Menurut para ahli manfaat Vitamin D bukan hanya untuk tulang saja, tapi manfaat vitamin D sangatlah banyak, jika kalian pengen tahu manfaat lain dari Vitamin D simaklah penjelasan berikut ini .
Inilah manfaat dari Vitamin D
Manfaat Vitamin D Sebagai berikut:

  1. Kanker
    Manfaat Vitamin D Yang pertama adalah untuk mencegah kanker, jenis kanker yang bisa di cegah dengan Vitamin D adalah kanker usus besar, kanker prostat, dan kanker payudara. Kenapa Vitamin D bisa mencegah tumbuh nya kanker? Karena di dalam Vitamin D terdapat Hormon aktif bernama calcitrio fungsi dari hormon aktif ini adalah mampu mengurangi perkembangan sel kanker dengan meningkatkan kematian sel kanker, memperlambat perkembangan pembuluh darah baru di jaringan kanker, serta mengurangi pertumbuhan, penambahan, dan penyebaran sel kanker

  1. Diabetes
    Manfaat Vitamin D yang kedua adalah untuk terhindar dari penyakit Diabetes dalam kandungan Vitamin D terdapat insulin dan glukosa , tapi insulin dan glukosa dalam vitamin D tidak terlalu tinggi kadar nya, sehingga jika kita mengonsumsi Vitamin D dengan banyak maka kita akan terhindar diabetes tipe 2. Menurut penelitian, vitamin D yang cukup semasa kanak-kanak akan membuat anak terhindar dari diabetes tipe 1.

  1. Kehamilan
    Manfaat Vitamin D yang ketiga adalah Agar ibu yang sedang hamil terhindar dari penyakit preeklamsia, terhindar dari operasi sesar, terhindar dari diabetes gestasional, dan terhindar dari vaginosis bakterialis. Tapi harus di perhatikan ternyata Vitamin D memiliki kadar yang tinggi dan cukup berbahaya utnuk ibu hamil akibatnya alergi makanan pada anak.

  1. Multiple sclerosis
    Manfaat Vitamin D yang keempat adalah untuk terhindar dari penyakit multiple scrlerosis ,Menurut penelitian, seseorang dengan kadar vitamin D yang rendah berisiko terkena multiple sclerosis dan beberapa penyakit autoimun seperti artritis, penyakit tiroid, penyakit Crohn, psoriasis dan radang usus. Sebab, vitamin D turut memengaruhi sistem imunitas.
  2. Depresi
    Manfaat Vitamin D yang kelima adalah untuk terhindar dari depresi, ternyata vitamin D tidak hanya berfungsi untuk melindungi tulang ternyata vitamin D juga berfungsi untuk melindungi perkembangan dan fungsi dari otak. Jika kalian mengonsumi Vitamin D dengan kadar yang cukup dan tidak berlebihan diyakini itu dapat mengurangi resiko depresi. Dan jika kalian malah kurang mengonsumsi Vitamin D maka kalian akan mengalami depresi dan gangguan saraf pada otak kalian.  
Bagi kalian yang belum tau cara mendapatkan Vitamin D dengan mudah sebaiknya kalian simak penjelasanya di bawah ini :
Cara Mendapatkan Vitamin D secara Alami
Agar terhindar dari 5 penyakit diatas , kalian bisa mendapatkan Vitamin D dengan alami dari sumber di bawah ini :
1.     Sinar matahari Pagi
Sumber pertama untuk mendapatkan Vitamin D adalah dengan Sinar matahari pagi, Ketika sinar matahari masuk ke dalam kulit, tubuh akan membuat vitamin D sendiri. Tapi kalian jangan terlalu lama di bawah matahari, jika kalian terlalu lama kulit kalian akan terbakar.
  1. Makanan
    Sumber kedua untuk mendapatkan Vitamin D adalah dengan makanan, makanan yang mengandung Vitamin D yaitu :ikan berminyak (salmon, sardin, makarel), telur, susu, jamur, hati sapi, minyak ikan cod, ikan tuna, dan yogurt.

Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian semua


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon