8/06/2018

10 Universitas Terbaik Se-ASIA Tahun 2018 -2019 Versi QS World Univerisity



LIPUTANBERITA21.COM - Baru-baru ini sebuah lembaga universitas dunia yang terkenal yang bernama  QS World Univerisity Ranking sudah mengeluarkan kembali peringkat universitas terbaik di Asia untuk tahun 2018 - 2019. Sebanyak 450 Universitas di Asia masuk dalam daftar Universitas terbaik Versi QS World University. QS World University ini menggunakan 6 penilaian dalam menentukan universitas terbaik 6 Penilaian tersebut adalah : Reputasi akademik, Reputasi lulusan, Rasio fakultas dan mahasiswa, Kutipan jurnal ilmiah, Fakultas internasional dan Mahasiswa Internasional. Di karenakan sangat banyak ada 450 universitas terbaik Se-Asia maka Liputanberita21.com akan merangkum 10 Besar Universitas terbaik di Asia:

10. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

Di Peringkat 10 Di duduki oleh Chinese University of Hong Kong (CUHK) sebelumnya The Chinese University of Hong Kong menduduki peringkat 8 tapi di tahun ini turun 2 peringkat sehingga menduduki peringkat 10. Keunggulan CUHK adalah di Akademik nya sehingga dari QS World University memberi skor tertinggi untuk Mahasiswa Internasional dan Reputasi Akademik. Didirikan pada tahun 1963 CUHK menawarkan berbagai macam prodi yang sebagian besar diajarkan dalam bahasa Inggris. 

9. Peking University

Di posisi kesembilan di tempati oleh Peking University , Peking Univeisty ini selalu berhasil masuk dalam 10 besar universitas terbaik Asia dalam kurun waktu 9 tahun terakhir ini. Keunggulan Peking University berada di akademik dan kelulusan sehingga universitas ini memiliki lima teratas untuk Reputasi Akademik dan Reputasi Lulusan. Universitas ini berada di Beijing dan merupakan salah satu universitas sangat bergengsi di Beijing dan didirikan pada tahun 1898 di Beijing. Universitas ini juga terkenal dengan arsitektur tradisional Cina yang indah di halaman kampusnya. Sehingga Peking University ini telah berhasil menempati peringkat 15 terbaik di dunia dalam prodi linguistik, bahasa modern, kimia, dan kedokteran gigi.

8. City University of Hong Kong


Di posisi delapan berhasil diduduki oleh City Univeristy of Hong Kong pada tahun 2018 ini , City University of Hong Kong adalah universitas 'muda' yang berkembang pesat, didirikan pada 1984 sebagai City Polytechnic of Hong Kong. City University of Hong Kong masuk dalam 50 universitas top dunia untuk teknik sipil, matematika, akuntansi dan keuangan, komunikasi dan kajian media, serta kebijakan dan  administrasi sosial. Selain memiliki lebih dari 50 program gelar sarjana, City University of Hong Kong juga menawarkan program 'dual degree' dengan universitas bergengsi lainnya seperti Universitas Columbia di Amerika.

7. Fudan University


Di posisi berhasil diduduki oleh Fudan University yang  berlokasi di Cina, Fudan University naik empat peringkat di peringkat Asia pada 2018, mengalahkan Peking University. Didirikan tahun 1905 sebagai Sekolah Umum Fudan, Fudan terletak di Shanghai, dan dianggap sebagai salah satu universitas Cina yang paling selektif. Fudan University  memiliki sekitar 31.900 siswa, di antaranya 3.000 mahasiswa internasional, dan masuk dalam peringkat 50 universitas terbaik dunia untuk prodi bahasa modern, teknik mesin, kimia, ilmu material, dan politik.

6. Tsinghua University


Di posisi enam berhasil di tempati oleh universitas terbaik di china yaitu Tsinghua University, tapi sangat di sayangkan universitas ini turun 1 peringkat pada tahun 2018, tahun sebelum nya Tsinghua University berhasil menempati posisi 5 besar dalam Universitas terbaik Se-Asia. Keunggulan Tsinghua Univeristy adalah di dalam bidang akademik dan kelulusan sehingga Universitas ini masuk dalam 5 besar untuk Reputasi Akademik dan Lulusan.Tsinghua University beralamat di Cina,Beijing dan juga merupakan salah satu universitas yang bergensi di Cina yang  didirikan tahun 1911.Saat ini universitas ini berhasil masuk dalam peringkat 10 universitas terbaik di dunia untuk prodi teknik sipil, elektrik, dan mekanik, serta ilmu material.

5. University of Hong Kong (HKU)


Di posisi 5 besar di tempati oleh University Of Hong Kong, tapi sangat di sayangkan Universitas ini turun 3 peringkat dari tahun sebelumnya, di tahun sebelumnya universitas ini berhasil menduduki peringkat 2 besar universitas terbaik Se-Asia, sehingga di tahun 2018 universitas ini berada di posisi 5.. HKU adalah universitas tertua di Hong Kong yang telah didirikan pada tahun 1911 dan sejak itu memperoleh pengakuan internasional untuk pencapaiannya sebagai universitas untuk penelitian yang komprehensif. Universitas Of Hong Kong ini memiliki mahasiswa sebanyak 28.744 mahasiswa, termasuk 9.215 mahasiswa internasional.

4. Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST)


Di posisi Keempat berhasil di tempati oleh Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) Naik dua peringkat tahun ini, Korea Advanced Institute of Science & Technology (KAIST) didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan penelitian rekayasa pertama di Korea Selatan. Universitas ini terletak di Daejeon, kota yang terkenal dengan inovasi dalam sains dan pendidikan, dan juga memiliki kampus di ibu kota Seoul. KAIST saat ini memiliki sekitar 10.600 siswa, dengan proporsi pascasarjana lebih besar daripada mahasiswa.


3. The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)


Di posisi 3 besar sebagai Universitas Terbaik Se-Asia di tempatin oleh The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST). Di tahun 2018 ini Universitas The Hong Kong University of Science and Technology (HKUST) berhasil meningkat mutu kerja mereka sehingga mereka berhasil menduduki peringkat 3 besar, di tahun sebelumnya universitas ini puas berada di posisi empat.


2. National University of Singapore (NUS)


Di posis Runner Up Berhasil di duduki oleh National University of Singapore (NUS) sebelumnya  turun satu peringkat kedua di Asia pada 2018, namun tetap menerima nilai tertinggi di seluruh indikator reputasi lulusannya, dan hanya tertinggal satu tempat di belakang NTU untuk Kutipan Jurnal Ilmiah. NUS didirikan pada 1905 dengan nama King Edward VII College of Medicine dan saat ini memiliki sekitar 38.600 siswa, dan hampir 10.000 di antaranya belajar di tingkat pascasarjana. NUS termasuk dalam universitas terbaik di dunia untuk 36 prodinya, termasuk posisi di 10 teratas untuk teknik kimia dan sipil, kimia, ilmu material, arsitektur, dan statistik.

1. Nanyang Technological University (NTU)


Di Puncak sebagai Universitas Terbaik Se-Asia di tempati oleh Nanyang Technological University (NTU) di tahun 2018 ini Nanyang Technological University (NTU) berhasil naik 2 peringkat dari tahun sebelumnya di tahun sebelumnya universitas ini hanya puas berada di posisi 3 besar tapi di tahun 2018 universitas ini menjadi puncak sebagai Universitas Terbaik Se-Asia.


Korea Advanced Institute of Science & Technology didirikan pada 1971 sebagai universitas yang berorientasi sains dan rekayasa penelitian pertama di Korea Selatan. NTU menggantikan posisi National University of Singapore dan menyandang peringkat tertinggi di Singapura dan Asia. NTU menerima skor tertinggi di seluruh indikator termasuk Kutipan Jurnal Ilmiah yang mereka lansir.
Nanyang Technological University (NTU) ini masih di bidang universitas baru yang di dirikan pada tahun 1991 di umur mereka yang baru 28 tahun universitas ini berhasil menduduki peringkat pertama.

Nanyang Technological University (NTU)
mempunyai siswa sebanyak  32.400 dan dan luas lahan nya sekitas 200 hektar sehingga menhadu universitas terbesar di Singapura. Keunggulan Nanyang Technological University (NTU) juga memiliki program studi (prodi) terbaik di dunia untuk 31 prodi, termasuk 10 posisi teratas untuk teknik kimia dan sipil.

Demikianlah artikel ini semog bermanfaat untuk kalian semua

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon