5/07/2020

Teks Ekposisi(Pengertian paragraf Dalam Dan Jenis-Jenis Beserta Contoh Teks)



Liputanberita21.comSelamat siang sahabat 21 kembali lagi dengan Liputanberita21.com maaf sebelumnya Liputan berita 21 karena jarang memosting artikel tentang materi bahasa indonesia,tapi saat ini Liputan Berita 21 akan membagikan artikel materi bahasa indonesia untuk kalian semoga bermanfaat yaitu yang berjudul “Teks Eksposisi”.


Teks Ekposisi  ini bisa kalian dapatkan di kelas 10 SMA/SMK di bagian materi semester 1 teks Ekposisi ini di gunakan untuk memberikan informasi yang tepat dan benar, teks Ekposis ini sangat mudah di pelajari di
karenakan menggunakan bahasa yang sangat mudah di mengerti untuk anak sekolah.

Baiklah untuk menghemat waktu sebaiknya langsung ke isi materi nya simaklah dengan baik.


1. Pengertian Paragraf dalam Teks Eksposisi

Paragraf teks eksposisi adalah paragraf  yang berisi informasi untuk menambah wawasan pembaca dan pada umumnya menjawab 5W dan 1H .


2 Jenis-jenis Paragraf  Teks Eksposisi


a.    Eksposisi berita adalah paragraf yang berisi pemberitaan suatu kejadian yang terjadi.  
b.    Eksposisi ilustrasi adalah paragra yang pengembanganya melalui bentuk gambar sederhana atau bentuk konkret dari suatu ide, biasanya terdapat kata “seperti, bagaikan”.  
c.    Eksposisi proses adalah paragraf yang berisi petunjuk penggunaan atau cara-cara tertentu.  
d.    Eksposisi perbandingan adalah paragraf  dimana penulis ingin mencoba menerangkan dengan menggunakan sesuatu yang lain.  
e.    Eksposisi pertentangan adalah paragraf yang berisi pertentangan antara sesuatu dengan yang lainnya, biasanya ada kata “akan, tetapi, meskipun”.  
f.     Eksposisi definisi adalah paragraf yang berisi batasan pengertian sesuatu dengan memfokuskan pada karakteristik suatu hal tersebut.  
g.    Eksposisi analisis adalah paragraf yang berisi proses memisahkan suatu masalah dari ide gagasan menjadi beberapa sub bagian, kemudian masing-masing dikembangkan secara berurutan.  
h.    Eksposisi klasifikasi adalah paragraf yang membagi sesuatu dan mengelompokkan kedalam kategori-kategori.


Contoh Teks Eksposisi Tentang Pendidikan

Peningkatan Pendidikan
Tesis : 
Pendidikan adalah hal yang paling efektf dalam memperbarui dunia. Hal tersebut dikarenakan pendidikan dapat digunakan sebagai batu loncatan untuk mengetahui segala informasi serta ilmu yang ada.

Argumentasi :
Banyak sekali upaya yang dilakukan oleh pihak pemerintah contohnya Indonesia dalam melakukan pembangunan gedung sekolah bahkan sampai melakukan kegiatan bebas biaya sekolah atau sekolah gratis. Di Indonesia peningkatan upaya pendidikan memang tergolong lumayan baik. Selain itu hal paling utama ialah harus ada minat siswa untuk berprestasi dan belajar. Hal tersebut akan mempermudah pemerintah agar tingkat pendidikan pada siswa semakin meningkat. Sehingga para penerus bangsa dapat memberikan yang terbaik bagi Bangsa dan Negaranya.

Penegasan Ulang : 
Jika peserta didik semakin aktif sert diimbangi dengan fasilitas yang baik dapat melakukan kerja sama maka akan meningkatkan martabat Indonesia dikalangan negara negra di dunia. Jika hal tersebut terjadi maka akan menarik perhatian investor asing untuk menanamkan modalnya dinegara ini sehingga tingkat ekonomi masyarakat dalam negeri semakin meningkat. Peningkatan pedidikan tersebut harus diimbangi dengan kompetensi maupun kualitas guru yang bagus.

Demikianlah artikel tentang Teks Ekposisi(Pengertian paragraf Dalam Dan Jenis-Jenis Beserta Contoh Teks) semoga bermanfaat untuk kalian

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon