12/19/2017

BMKG Menghimbau Untuk Warga Yogyakarta Waspadai Cuaca Ekstrem

Image result for BMKG
Logo BMKG©2017 LIPUTANBERITA21.COM    



LIPUTANBERITA21.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta Menghimbau pada warga Yogyakarta untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem. Penyebab nya adalah dari angin mansoon Asia ke wilayah Pulau Jawa.

"Ada penguatan angin monsoon Asia yang banyak membawa uap air hingga di Pulau Jawa," kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta Djoko Budiono seperti dilansir dari Antara, Selasa (19/12).

Menurut Djoko, Tidak hanya angin monsoon Asia saja tapi dari analisa pola angin terlihat terdapat adanya daerah tekanan rendah di barat daya Pulau Jawa. Kondisi itu berdampak pada pembentukan awan-awan hujan di DIY.

Penyebab Angin Monsoon itu akhirnya dapat mengakibatkan potensi Hujan menjadi lebih tinggi , Lebat dan di sertai dengan petir danserta angin kencang akan berpotensi muncul pada sebagian besar wilayah Kabupaten Sleman, Kulon Progo bagian utara dan barat, Kota Yogyakarta, Bantul utara, dan sebagian besar Gunungkidul.

Curah hujan di DIY, kata Djoko, diprediksi berkisar antara 30-70 milimeter per hari. Sedangkan kecepatan angin maksimum bisa mencapai 20 knot atau 36 km per jam dengan suhu udara berkisar 22-32 celsius.

"Untuk gelombang laut di pesisir selatan DIY kategori sedang dengan ketinggian berkisar 1,5 hingga 2,5 meter," ungkapnya.

Hal seperti ini harus di perhatikan oleh masyarakat Yogyakarta, frekuensi dan intensitas hujan yang akan terus meningkat selama Desember 2017 hingga Januari 2018."
kata Djoko "

"Oleh karena itu semua warga Yogyakarta di imbau untuk selalu menjaga kesiapsiagaan guna mengantisipasi bencana hidrometeorologi seperti banjir, longsor, dan pohon tumbang," tutup Djoko"
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon