5/07/2020

Pengertian Puisi Menurut Para Ahli


LIPUTANBERIT21.COM - Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

Pengertian Puisi Menurut Prito Windiarto Puisi merupakan salah satu ragam sastra selain prosa fiksi (novel, cerpen, roman) dan drama. Sampai saat ini belum ada satu definisi yang pasti mengenai puisi. Para ahli memberikan pengertian dan batasan yang beragam mengenai puisi.


Puisi dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI, 1989: 706)

diartikan sebagai “Ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.”


Samson dalam Waluyo (1987: 23)

mengatakan bahwa “Puisi adalah bentuk pengucapan bahasa yang ritmis, yang mengungkapkan pengalaman intelektual yang bersifat imajinatif dan emosional.”


Sementara Shelley dalam Gumiati dan Mariyah (2010: 5)

mengemukakan bahwa “Puisi adalah rekaman yang paling indah dalam hidup kita, misal peristiwa-peristiwa yang mengesankan dan menimbulkan keharuan yang kuat, seperti kebahagiaan, kegembiraan yang memuncak, percintaan, bahkan kematian orang yang sangat dicintai.”


Adapun McCaulay dalam Aminuddin (2011: 134)

mengungkapkan bahwa “Puisi adalah salah satu cabang sastra yang menggunakan kata-kata sebagai media penyampaian untuk membuahkan ilusi dan imajinasi, seperti halnya lukisan yang menggunakan garis dan warna yang menggambarkan gagasan pelukisnya.”


Menurut Waluyo (1987: 25)

“Puisi adalah karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif yang disusun dengan mengkonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengkonsentrasian sktuktur fisik dan stuktur batinnya. Reeves dalam Waluyo (1987: 23) mengatakan “Puisi adalah ekspresi bahasa yang kaya dan penuh daya pikat.” Spencer dalam Waluyo (1987: 23) menyatakan bahwa “Puisi merupakan bentuk pengucapan gagasan yang bersifat emosional dengan memperhatikan efek keindahan.”


Carlyle dalam Waluyo (1987: 23) 

mengungkapkan “Puisi merupakan ungkapan pikiran yang bersifat musikal.” Poe dalam Tarigan (1984: 4) mengatakan bahwa “Puisi kata sebagai kreasi keindahan yang berirama (the rhythmical creation of beauty)

Berdasarkan pendapat-pendapat di atas secara sederhana dapat disimpulkan bahwa puisi adalah ragam sastra yang berusaha mengungkapkan pemikiran, gagasan dan perasaan penyair dengan bahasa yang padat, indah dan imajinatif.

Demikianlah artikel tentang Pengertian Puisi Menurut Para Ahli  semoga bermanfaat untuk kalian
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon