4/19/2023

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 1: Pengenalan Jaringan Komputer


Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 1: Pengenalan Jaringan Komputer

LIPUTANBERITA21.COMSelamat datang di kelas Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula. Di modul ini, Anda akan mempelajari tentang jaringan komputer. Materi yang akan disajikan mencakup cara kerja internet, model jaringan, konsep subnetting, DNS, keamanan jaringan. Namun, sebelum itu, mari kita mulai dengan materi dasar tentang jaringan komputer dan peranannya di kehidupan nyata.

Jaringan komputer telah merevolusi dunia komputer dan kehidupan jutaan bahkan miliaran orang. Saat ini, hampir semua orang di dunia tergantung pada internet, dan hampir semua kegiatan dilakukan secara daring. Dengan ketergantungan seperti itu, tidak mungkin mematikan koneksi internet seluruh dunia. Satu-satunya cara untuk mematikannya adalah jika terjadi bencana global.

Menurut dicoding.com Internet adalah manifestasi dari jaringan komputer dalam skala besar. Namun, pada dasarnya, jaringan komputer adalah kumpulan perangkat keras yang saling terhubung, baik melalui kabel maupun nirkabel, sehingga memungkinkan bertukar informasi.

Dalam jaringan komputer, seperti lingkungan sosial, perangkat keras saling bertukar informasi dan mengoordinasikan kegiatan bersama. Anda bahkan bisa membuat jaringan komputer sendiri menggunakan switch untuk menghubungkan semua komputer pribadi yang dimiliki.

Jadi, jika Anda baru dalam dunia jaringan komputer, artikel ini cocok untuk Anda. Di sini, Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penting, seperti: "Apa sih sebenarnya jaringan atau jaringan komputer itu?", "Apa konsep yang paling tepat untuk menggambarkan jaringan komputer?", dan "Apa saja tipe-tipe jaringan komputer yang ada saat ini?".

Manfaat Jaringan Komputer

Jaringan komputer telah membawa banyak manfaat bagi kita, terutama dalam memungkinkan komputer dan orang-orang terhubung satu sama lain, sehingga sumber daya dapat dibagikan dengan lebih mudah. Selain itu, ada beberapa keuntungan atau manfaat lain terkait jaringan komputer yang harus diketahui:

  1. Konektivitas dan Komunikasi

    Dengan jaringan komputer, pengguna dapat berkomunikasi dengan mudah melalui teknologi seperti email, messaging, dan platform komunikasi lainnya. Ini membuat transmisi informasi bisnis atau nonbisnis lebih mudah, efisien, dan murah.


  2. Berbagi Data

    Jaringan komputer memungkinkan untuk berbagi data dengan mudah dan cepat, serta memungkinkan aplikasi untuk diakses dan berbagi data yang sama. Sebelumnya, pegawai harus menyiapkan laporan di komputer pribadinya, menyimpan data di floppy disk, dan menyerahkan ke manajer, yang kemudian mentransfer data ke hard disk miliknya. Dengan jaringan komputer, ribuan karyawan dapat berbagi data dengan lebih mudah dan cepat.


  3. Akses Internet

    Internet sendiri adalah sebuah wujud jaringan yang cakupannya sangat besar. Setiap kali mengakses internet, sebenarnya kita sedang menggunakan jaringan komputer.


  4. Pengelolaan dan Keamanan Data

    Jaringan komputer memungkinkan administrator untuk mengelola data penting perusahaan dengan lebih baik, seperti memusatkan data pada sebuah server bersama, sehingga memudahkan semua orang di perusahaan tersebut untuk menemukan data dan memastikan bahwa data dicadangkan secara teratur. Administrator juga dapat menerapkan langkah-langkah keamanan untuk mengontrol siapa saja yang dapat membaca atau mengubah informasi penting.

BACA JUGA : Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

Pada kesempatan sebelumnya telah disebutkan mengenai server. Namun, apakah Anda sudah tahu apa itu server? Secara umum, server dapat diartikan sebagai sistem yang menyediakan sumber daya berupa data, program, atau layanan yang dapat diakses oleh komputer lain.

Dalam dunia teknologi informasi, server memiliki berbagai macam layanan atau services yang dapat disediakan. Salah satu jenis server yang akan banyak dibahas dalam kelas ini adalah web server. Web server bertugas untuk melayani aplikasi atau situs web yang dapat diakses oleh klien melalui internet atau intranet.

Sebagai contoh Liputanberita21 memiliki web server yang menjalankan situs liputanberita21.com. Dengan adanya web server tersebut, semua orang dapat mengakses situs Liputanberita21.com kapan saja dan di mana saja melalui internet. Jadi, apabila Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut mengenai server, terutama web server, pastikan untuk terus belajar dan mencari informasi lebih lanjut di internet.

Oke, itulah materi modul 1 tentang Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 1: Pengenalan Jaringan Komputer, semoga dengan materi ini anda semakin tertarik dengan jaringan.


DONASI

Dukungan anda dapat membantu dalam mengelola situs ini seperti melakukan perpanjangan domain atau hosting



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon