4/19/2023

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

 

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

LIPUTANBERITA21.COMSelamat datang di submodul kedua! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai tipe-tipe jaringan komputer yang ada di sekitar kita. Jaringan komputer biasanya dibagi berdasarkan rentang geografisnya. Mulai dari jarak yang sangat dekat, seperti antara perangkat jemala nirkabel (headset wireless) dengan ponsel cerdas (smartphone) Anda, hingga mencakup seluruh dunia seperti internet yang kita gunakan sehari-hari.

Sebenarnya, ada banyak sekali tipe jaringan komputer di dunia ini. Namun, pada pembelajaran kali ini, kita hanya akan membahas beberapa tipe yang paling umum dan sering dijadikan acuan, yaitu Personal Area Network, Local Area Network, Metropolitan Area Network, dan Wide Area Network. Mari kita mulai dari yang pertama!


Personal Area Network (PAN)

Dikutip dari Gudangssl.id Personal Area Network (PAN) adalah jenis jaringan komputer yang sangat pribadi dan memiliki cakupan terkecil. Jaringan PAN menghubungkan perangkat elektronik yang berada dalam jangkauan pengguna dengan ukuran konektivitas berkisar dari beberapa sentimeter hingga 10 meter.

Koneksi dalam jaringan PAN dapat berupa kabel atau nirkabel, seperti USB, FireWire, Bluetooth, WiFi, IrDA, dan Zigbee. Meskipun perangkat dalam jaringan PAN dapat bertukar data satu sama lain, biasanya tidak terhubung ke internet secara langsung karena tidak menyertakan router.

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

Namun, perangkat dalam jaringan PAN dapat terhubung ke Local Area Network (LAN) dan kemudian terhubung ke internet. Sebagai contoh, komputer desktop, mouse nirkabel, dan headphone nirkabel dapat dikoneksikan satu sama lain dalam jaringan PAN, namun hanya komputer desktop yang dapat terhubung langsung ke internet. Setelah ini, kita akan membahas LAN.


Local Area Network (LAN)

Dikutip dari dataglobal.co.id Local Area Network (LAN) adalah tipe jaringan komputer yang memiliki cakupan geografis yang relatif kecil. Biasanya, komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan ini berada dalam satu gedung, kantor, atau area yang sama.

Jumlah komputer yang dapat terhubung dalam LAN dapat bervariasi mulai dari beberapa unit hingga ratusan unit, selama komputer-komputer tersebut masih berada dalam satu wilayah yang dapat dijangkau oleh peralatan jaringan. Contoh dari jaringan LAN adalah barisan komputer di laboratorium sekolah, kumpulan komputer pegawai di suatu perusahaan, atau warung internet.

BACA JUGA : Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 1: Pengenalan Jaringan Komputer

Koneksi jaringan pada LAN umumnya menggunakan Ethernet, WiFi, atau keduanya untuk menghubungkan perangkat dalam jaringan. Ethernet adalah protokol untuk koneksi jaringan fisik yang memerlukan penggunaan kabel Ethernet, sedangkan WiFi adalah protokol untuk menghubungkan ke jaringan melalui gelombang radio.

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

LAN terdiri dari peralatan jaringan dan perutean yang murah. Ini mungkin berisi server lokal yang melayani penyimpanan file dan aplikasi berbagi lokal lainnya. LAN sebagian besar beroperasi pada alamat IP pribadi dan tidak melibatkan perutean yang berat. LAN bekerja di bawah domain lokalnya sendiri dan dikendalikan secara terpusat.

Perangkat apa pun dapat terhubung ke LAN, termasuk server, komputer desktop, laptop, printer, dan perangkat IoT. Jaringan LAN dapat berbentuk kabel, nirkabel, atau gabungan keduanya.


Metropolitan Area Network (MAN)

Dikutip dari dataglobal.co.id Metropolitan Area Network (MAN) adalah jaringan komputer yang menghubungkan beberapa komputer di wilayah metropolitan seperti kota besar atau area luas dengan banyak bangunan. Meskipun namanya menunjukkan wilayah metropolitan, MAN dapat digunakan di berbagai daerah. Cakupan MAN lebih besar daripada LAN namun lebih kecil daripada WAN.

BACA JUGA : Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 3 : Sejarah Internet

Jaringan MAN seringkali digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN yang jaraknya cukup jauh dan tidak bisa dihubungkan melalui kabel sederhana atau nirkabel. Layanan Metro Ethernet yang disediakan oleh ISP dapat digunakan sebagai solusi untuk memiliki jaringan MAN.

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

Fungsi dari jaringan MAN adalah memenuhi kebutuhan internet pada perusahaan atau organisasi, memudahkan pembagian dan penerimaan data, dan melakukan kegiatan seperti video conference, email, atau chat secara real-time menggunakan koneksi lokal. Sebuah perusahaan dapat melakukan pemusatan data pada jaringan MAN dengan mudah. Beberapa ISP di Indonesia saat ini sudah memiliki layanan Metro Ethernet untuk mencakup wilayah kota besar seperti Jakarta atau Surabaya.


Wide Area Network (WAN)

Menurut dataglobal.co.id WAN (Wide Area Network) adalah jenis jaringan komputer yang mencakup wilayah geografis yang sangat luas, termasuk lintas provinsi, lintas negara, bahkan lintas benua. Jaringan WAN sering digunakan oleh perusahaan besar untuk menghubungkan beberapa jaringan LAN yang jaraknya relatif jauh. Misalnya, perusahaan dapat menggunakan jaringan WAN untuk menghubungkan kantor cabang mereka yang berada di Jakarta dengan kantor pusat yang berada di Sydney.

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

Pembuatan jaringan WAN memerlukan peralatan yang canggih dan rumit serta biaya yang sangat besar. Oleh karena itu, operator telekomunikasi sering dilibatkan dalam pembuatan jaringan WAN untuk memudahkan perangkat-perangkat dalam jaringan untuk saling berkomunikasi dengan lebih lancar.

Dalam teknisnya, setiap jaringan yang besar dan tersebar di wilayah geografis yang luas dapat dianggap sebagai WAN. Sebagai contoh, internet itu sendiri bisa dianggap sebagai WAN. Jaringan WAN memungkinkan perusahaan untuk saling berkomunikasi dengan lebih mudah dan efisien, bahkan dari lokasi yang sangat jauh sekalipun. Dengan menghubungkan beberapa jaringan LAN, WAN membantu perusahaan dalam berbagai hal seperti transfer data, video conference, dan komunikasi real-time.

Oke, itulah materi tentang Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan semoga pada materi kedua ini bisa semakin mengerti tentang jaringan


DONASI

Dukungan anda dapat membantu dalam mengelola situs ini seperti melakukan perpanjangan domain atau hosting


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon