4/19/2023

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 3: Sejarah Internet

 

Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 3: Sejarah Internet

LIPUTANBERITA21.COMInternet adalah sebuah jaringan komputer global yang telah mengubah kehidupan manusia di era digital saat ini. Jaringan ini tidak lahir secara instan, melainkan melalui proses yang panjang dan menarik. Sebelum mempelajari lebih jauh tentang internet, Anda perlu memahami sejarah dan perkembangannya.

ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) adalah jaringan kecil yang dibangun oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969 untuk menghubungkan instalasi pertahanan. ARPANET kemudian berkembang dan mencakup universitas juga. Pada tahun 1973, protokol jaringan yang digunakan pada awalnya, NCP (Network Control Protocol), digantikan oleh TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) yang lebih dinamis, terbuka, dan andal.

BACA JUGA : Belajar Jaringan Komputer untuk Pemula - Modul 2: Tipe - Tipe Jaringan

TCP/IP distandardisasi dari tahun 1978 sampai 1981. Pada tanggal 1 Januari 1983 (dikenal sebagai "flag day"), ARPANET mengubah protokol jaringannya dari NCP ke TCP/IP. Pada pertengahan 1980-an, ARPANET banyak digunakan oleh para peneliti dan pengembang. Kemudian, National Science Foundation (NSF) mendirikan jaringan nasional yang dirancang untuk menyediakan akses ke superkomputer besar. NSFNET mulai menggunakan ARPANET sebagai tulang punggungnya sejak tahun 1984. Pada tahun 1990, ARPANET secara resmi dinonaktifkan, sementara NSFNET ditutup pada tahun 1995 dan internet  siap untuk dieksplorasi dan dihuni sepenuhnya.

Pada awalnya, internet hanya digunakan untuk tujuan militer dan akademik, namun saat ini internet menjadi jaringan global yang dapat digunakan oleh siapa saja di seluruh dunia. Melalui internet, kita dapat mengakses informasi, berkomunikasi, dan bertransaksi dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu, internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia di era digital saat ini.


DONASI

Dukungan anda dapat membantu dalam mengelola situs ini seperti melakukan perpanjangan domain atau hosting


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon