3/18/2020

Mari Hidupkan Kembali Fungsi Perpustakaan Sebagai Gerbang Ilmu Dunia


Di Era digital seperti saat ini untuk mencari informasi sangatlah mudah dengan di bantu teknologi seperti smartphone yang canggih dapat mempermudah setiap orang untuk mencari informasi dengan hanya sekali sentuh layar kita sudah bisa menemukan informasi yang kita inginkan.
Dalam kemajuan era digital seperti saat ini pasti memiliki manfaat  dan dampak nya . Manfaat dari era digital ini adalah mempermudahkan untuk mencari informasi yang cepat dan akurat dan dampak nya bisa membuat orang menjadi malas bergerak karena dengan era digital mereka bisa melakukan apapun dengan hanya di kasur sambil tiduran sedangkan dampak lainnya adalah bisa menyebabkan tempat seperti perpustakaan menjadi kurang diminati kenapa ? karena dengan smartphone mereka bisa mencari informasi penting tanpa harus pergi ke perpustakaan bahkan sekarang saat ini terdapat aplikasi perpustakaan sehingga dapat lebih mempermudahkan mereka untuk membaca lewat smartphone.

Jika dibandingkan dengan zaman dulu sebelum ada teknologi yang canggih, perpustakaan dijadikan pilihan utama untuk mencari ilmu, mengerjakan tugas kuliah, belajar dan lain - lain. Bahkan hampir setiap hari perpustakaan selalu ramai dikunjungi oleh orang demi untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Karena zaman dulu untuk mendapatkan informasi masih serba manual jika tidak pergi ke perpustakaan mereka tidak dapat ilmu yang bermanfaat.

Coba dibandingkan pada zaman sekarang perpustakaan malah menjadi kurang diminati bahkan jika ada seseorang yang rajin masuk ke perpustakaan maka akan dianggap sebagai orang yang kurang bersosialisasi atau gaptek menurut saya itu sangatlah salah karena dengan kita terus berkunjung ke perpustakaan setiap hari kita akan selalu bisa kenalan dengan orang banyak berbeda - beda dan juga kita bisa lebih mendapatkan ilmu yang belum ada di smartphone.  



Pentingnya Perpustakaan Bagi Kita



Perpustakaan sangatlah penting untuk kita karena dengan perpustakaan itulah kita bisa memperoleh ilmu yang lain yang dimana ilmu yang belum ada di smartphone. Alasan lain adalah perpustakaan sebagai tempat untuk saling berbagi pengetahuan dari satu orang ke orang lain karena saling berbagi pengetahuan kepada orang lain sehingga kita dapat lebih memperluas relasi dengan orang lain yang berada di perpustakaan tersebut.

Coba dibandingkan belajar di perpustakaan dengan belajar di smartphone pasti lebih seru belajar di perpustakaan karena jika belajar di perpustakaan kita dapat belajar dengan ramai - ramai jika tidak memahami suatu hal kita bisa bertanya dengan orang yang lebih paham yang berada di perpustakaan tersebut.  Apalagi sekarang ada perpustakaan yang menyediakan fasilitas memadai seperti wifi gratis dan komputer sehingga hal dapat membuat kalian belajar lebih nyaman dan tidak membosankan.

Untuk kalian yang mempunyai bakat seperti penulis, bernyanyi, membuat pantun dan lain - lain. Perpustakaan tempat yang sangat cocok untuk mengembangkan bakat kalian karena di perpustakaan tersebut kalian bisa menemukan buku soal bakat kalian. Misalkan untuk penulis kalian bisa mencari buku tentang bagaimana menjadi penulis yang baik. Jika untuk penyanyi kalian bisa mencari buku tentang bagaimana meningkatkan suara nada yang baik. Jadi kalo mau bakat kalian terus berkembang sebaiknya harus banyak belajar dari buku - buku yang ada di perpustakaan. Kenapa harus di perpustakaan sih ? karena di buku perpustakaan itu gratis dan boleh di pinjam di bawa pulang jadi tidak perlu repot - repot membeli buku. 

Hal yang paling penting dari perpustakaan ini adalah sebagai tempat untuk meningkatkan minat baca seseorang dan menghilangkan buta huruf contohnya seperti di Indonesia saat ini warga Indonesia sedang mengalami menurunnya minat baca dan terdapat warga yang masih ada yang buta huruf.  Ok lah kalo buta huruf bisa terjadi karena beberapa faktor seperti tidak pernah menempuh pendidikan atau faktor usia. Jika untuk minat baca yang menurun itu disebabkan karena terdapat teknologi seperti smartphone sehingga menyebabkan malas membaca.

Tujuan dari perpustakaan disini adalah untuk mengatasi dua masalah diatas, sekarang ini sudah banyak sekali perpustakaan yang gratis tanpa perlu mengeluarkan biasa 1 persen pun sehingga bagi yang tidak mempunyai dana untuk menempuh pendidikan bisa langsung mengunjungi perpustakaan untuk belajar.  Untuk yang malas membaca untuk harus bisa diperbaiki diri sendiri agar timbul mainset membaca itu sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Jika mainset tersebut sudah keluar pasti kalian aka rajin membaca baik melalui smartphone atau di perpustakaan. Berikut video dibawah ini untuk mengatasi menurunntya minat baca kalian 

Back to Content



Rekomendasi Perpustakaan Yang Nyaman Dan Gratis


Penyebab dari menurunnya minat baca dan buta huruf ini bisa jadi karena faktor perpustakaan nya, misalkan seperti buku perpustakaan hanya sedikit, fasilitas kurang memadai, tidak nyaman, dan tidak gratis atau prabayar. Sehingga dengan faktor -  faktor tersebut masyarakat kurang minat untuk mengunjungi perpustakaan tersebut. Sebaiknya perpustakaan nya lebih baik diperbaiki terlebih dahulu dari segi fasilitas maupun kenyamanan agar mampu menarik masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan setiap waktu sehingga dapat menghidupkan kembali fungsi perpustakaan sebagai tempat untuk mencari ilmu. 

Jika kalian ingin mencari perpustakaan yang nyaman dengan fasilitas yang memadai dan yang pasti gratis. Saya rekomendasikan kepada kalian untuk mengunjungi perpustakaan, UPT. Perpustakaan Unsyiah atau lebih dikenal dengan Unsyiah. 

Back to Content



Apa Itu UPT. Perpustakaan Unsyiah ?



Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri di Banda Aceh yang tepatnya di jalan. T. Nyak Arief Kampus Unsyiah Darussalam, Banda Aceh yang di dirikan pada tahun 1970.  Pada tahun 1970 ini jugalah di dirikan UPT. Perpustakaan Unsyiah tujuan dari di dirikan UPT. Perpustakaan adalah untuk menyatukan semua perpustakaan yang berada di lingkungan unsyiah di dalam satu UPT Perpustakaan.

Sampai saat ini  UPT. Perpustakaan Unsyiah  mempunyai koleksi buku sebanyak 75.114 judul atau 136. 925 eksemplar. Semua koleksi tersebut terbagi menjadi beberapa jenis seperti buku teks, jurnal, laporan akhir, skripsi, tesis , majalah dan buku referensi.

Untuk soal kualitas jangan di tanya lagi soal nya Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) telah berhasil memperoleh sertifikasi internasional ISO 27001 dalam bidang keamanan Informasi dan sistem perpustakaan dengan aplikasi OPAC, OER dan room booking. Sertifikasi ini langsung disahkan oleh Dakks, Badan Akreditasi Nasional Jerman. 

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) juga merupakan unit kerja pertama dalam Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang berhasil mendapatkan sertifikasi ISO 27001.

Back to Content



Visi Dan Misi 

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)

Berikut ini adalah misi dan visi Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) :

VISI :
  1. Menjadi pusat informasi ilmiah yang menginspirasi dan memotivasi pencapaian visi dan misi Universitas Syiah Kuala.

MISI :
  1. Menjaga Relevansi koleksi dengan kebutuhan pemustaka
  2. Menciptakan loyalitas pemustaka dengan layanan prima.
  3. Menumbuhkan motivasi dan inspirasi pemustaka untuk berinovasi dan berkreatifitas dengan fasilitas dan kegiatan dalam bidang literasi informasi.
  4. Mengembangkan Reposity lokal konten yang open akses
  5. Mengembangkan kompetensi sumber daya manusia yang bersertifikasi
  6. Mengembangkan aplikasi teknologi informasi perpustakaan sesuai standar
  7. Mengembangkan tata kelola manajemen perpustakaan sesuai standar menjalin kerjasama dengan institusi lain dalam pengembangan layanan dan operasional perpustakaan serta tanggung jawab sosial kepada masyarakat dalam bidang literasi informasi. 

Back to Content


Fasilitas 

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) :

Berikut ini adalah fasilitas yang diberikan kepada kalian dari Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) : 

1. Ruang Baca Buku
Untuk meningkatkan minat baca masyarakat dan mahasiswa maka Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) menyediakan ruang baca buku yang dilengkapi dengan fasilitas yang nyaman dan buku yang sangat banyak yaitu  sebanyak 75.114 judul buku atau 136. 925 eksemplar. Sehingga dengan sangat banyak sekali buku dan ruangan yang nyaman mampu menciptakan suasana yang menyenangkan saat membaca buku dan pasti nya tidak membosankan. 

2. Full AC dan Free Internet
Untuk menciptakan suasana nyaman dan menyenangkan maka UPT. Perpustakaan Unsyiah memasangkan AC dan free internet agar dapat menarik mahasiswa dan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan unsyiah. Jadi mereka yang sedang membaca buku akan merasakan nyaman karena di lengkapi AC sehingga ruangan nya tidak panas.

3. Ruang Diskusi
Tujuan diciptakan ruangan diskusi ini adalah untuk mahasiswa atau masyarakat yang sedang mengerjakan tugas atau ingin memperdalam pengetahuan lagi. Misalkan kalian memasuki perpustakaan bersama teman kalian sebanyak 10 orang, ketika kalian membaca buku langsung ada yang kalian tidak mengerti kalian bisa bertanya dengan teman kalian yang mengerti tetapi kan di perpustakaan itu tidak bisa terlalu berisik jadi kalian harus pergi ke ruangan diskusi agar dapat mengetahui yang belum kalian pahami. 

4. Ruang Ganti Multi Media Center
Jika kalian bosan membaca buku langsung di perpustakaan kalian bisa menggunakan Ruang media center yang telah di sediakan oleh UPT. Perpustakaan Unsyiah. Ruangan media center itu di lengkapi dengan komputer yang siap paka dan telah terhubung oleh koneksi internet  jadi kalian bisa membaca buku dari UPT. Perpustakaan Unsyiah dengan melalui aplikasi OPAC, OER dan room booking yang telah di sediakan oleh Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) . 

5. Ruang Seminar + Perlengkapan seminar
Seperti kalian ketahui ruangan seminar ini digunakan untuk pengajaran akademis yang dilakukan oleh ahli nya. Jika kalian telah membaca buku di UPT. Perpustakaan Unsyiah tetapi kalian merasa kurang puas nah kalian bisa langsung memasuki ruangan seminar yang telah disediakan oleh Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) supaya ilmu kalian lebih dalam lagi. 

6. Gratis

Kalian bisa berkunjung  di UPT. Perpustakaan Unsyiah secara gratis tetapi sebelum berkunjung di UPT. Perpustakaan Unsyiah kalian harus mendaftar terlebih dahulu agar dapat kartu perpustakaan. Nah kartu tersebut bisa digunakan untuk memasuki UPT. Perpustakaan Unsyiah setiap waktu dan kapan pun. 

Back to Content



Lomba Di 

Perpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
Jika kalian memiliki bakat seperti bisa menciptakan puisi, membuat artikel, baca puisi dan debat bahasa Indonesia. Kalian harus bisa kembangkan bakat kalian dengan mengikuti lomba - lomba dimana pun agar bakat kalian terus terasah. Nah pada tahun 2020 ini PPerpustakaan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) sedang membuka event lomba yang mereka beri nama Unsyiah Library Fiesta 2020.

Dalam event Unsyiah Library Fiesta 2020 ini membuka berbagai jenis perlombaan seperti : Menyusun kembali buku di rak perpustakaan , lomba cipta puisi, lomba baca puisi , membuat artikel dan lomba debat bahasa Indonesia  dengan hadiah total juta-an rupiah dan mendapatkan sertifikat resmi dari  Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) .

Untuk pendaftaraan pelombaan nya ada yang perbayar ada juga yang gratis sesuai dengan pilihan lomba yang kalian inginkan. Lomba ini ada dua jenis ada yang secara langsung ada juga melalui online, untuk lomba yang secara langsung ini seperti Lomba Shelving Unsyiah Library Fiesta 2020, Lomba debat bahasa Indonesia, Lomba baca puisi. Untuk lomba yang dilakukan secara online itu seperti lomba membuat artikel dan lomba cipta puisi ULF 2020. AYO BURUAN DAFTAR UNTUK MENGASAH BAKAT KALIAN YANG TERPENDAM. 

Back to Content



Pengalaman Saya Mengunjungi Perpustakaan



Kisah awal saya terjadi pada waktu saya masih duduk di kelas 1 SMK pada tahun 2015 ketika itu saya belum mempunyai smartphone jadi saya masih fokus pada pelajaran setiap istirahat atau ada tugas pasti saya selalu mengunjungi perpustakaan SMK saya untuk membaca buku. Karena perpustakaan SMK saya ada AC dan free wifi jadi saya betah berlama - lama di perpustakaan bahkan jika guru saya tidak masuk kelas saya langsung ke perpustakaan sampai berjam - jam dan tidak membosankan.

Di dalam perpustakaan SMK saya tersebut saya selalu mengajak kenalan kepada orang lain yang dari  jurusan lain yang belum saya kenal, karena saya sering berkenalan sehingga saya cukup terkenal di SMK saya itu bahkan penjaga perpustakaan SMK saya sudah kenal sama saya. Karena banyak teman saya kenal jadi belajar di perpustakaan sangat menyenangkan. 

Hasil dari saya membaca buku di perpustakaan dan fokus belajar ketika pada semester ganjil saya berhasil mendapatkan peringkat 2 dari seluruh kelas saya dan pada semester genap saya naik menjadi peringkat 1 dari seluruh kelas saya. Pada waktu itu saya sangat senang karena prestasi saya selalu naik karena fokus belajar dan membaca baca buku di perpustakaan terus - menerus.

Ketika saya naik ke kelas 2 SMK mulai terjadi masalah pada diri saya, ketika itu saya telah mempunyai smartphone pada saat mempunyai smartphone pasti saya sangat senang sehingga masalah pun terjadi karena saya sering bermain game dan bermain media sosial setiap hari saya sehingga tidak lagi fokus belajar dan tidak pernah mengunjungi perpustakaan lagi dan selalu mengerjakan tugas h - 1 sebelum dikumpul.

Bahkan pada saat istirahat dan tidak ada guru yang datang ke kelas saya saya selalu bermain game bersama teman - teman hampir setiap hari kaya gitu. Karena saya tidak pernah ke perpustakaan lagi sehingga teman - teman saya di perpustakaan dan penjaga perpustakaan smk mencari saya. Mereka bingung kenapa saya tidak mengunjungi perpustakaan lagi.

Ketika pada pembagian lapor  semester ganjil kelas 2 pada semester ganjil itu saya mendapatkan peringkat 12 ketika itu saya sangat kaget melihat peringkat saya yang merosot jauh sekali dari peringkat 1 ke peringkat 12 bahkan teman - teman sekelas dan guru wali kelas saya kaget melihat peringkat saya. Saya pada waktu itu sangat menyesal dan malu sama orang tua saya karena bermain game terus sampai lupa belajar.

Mulai dari kejadian tersebut saya di suruh orang tua saya untuk mengurangi main smartphone agar prestasi saya meningkat lagi. Nah saya menuruti orang tua saya saya dari itu mulai fokus belajar lagi dan mengunjungi perpustakaan SMK saya lagi walaupun tidak setiap saat.  Pada pembagian lapor semester genap kelas 2 peringkat naik menjadi peringkat 6 saya senang karena peringkat saya naik walaupun bukan peringkat 1 lagi.

Ketika saya naik ke kelas 3 SMK saya berpikir pada saat itu ada semester akhir saya untuk bias menaikan prestasi saya karena kelas 3 hanya ada semester ganjil saja untuk semester genap nya digunakan untuk UNBK jadi tidak bisa mendapatkan peringkat. Jadi dari situ saya mulai seperti biasa lagi saya benar - benar fokus belajar dan mengunjungi perpustakaan SMK saya setiap hari untuk membaca buku dan hampir saya jarang menggunakan smartphone saya pada waktu itu demi untuk menaikan peringkat saya. 

Pada pembagian lapor semester ganjil kelas 3 saya berhasil memperoleh peringkat 2 ketika itu saya sangat senang lagi karena bisa kembali seperti dahulu lagi dan saya berterima kasih banyak sama perpustakaan karena bisa membantu saya dalam mengerjakan berbagai hal seperti mengerjakan tugas dan memperdalam ilmu pengetahuan. 

Back to Content



Itulah cerita pengalaman saya tentang pentingnya perpustakaan semoga menjadi inspirasi kalian kedepannya.

Demikianlah artikel saya mohon maaf apabila ada kesalahan penulisan kata saat pembuatan artikel.

Sumber :
RuangGuru.com
Youtube : Narasi dan SMK Muhammadiyah 2 Surabaya



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di dirikan oleh Andi Syaputra pada tanggal 4/05/2017, sekarang umur Liputan Berita 21 mau menuju ke 2 tahun.


EmoticonEmoticon