1/30/2020

Pentingnya Menjaga Keanekaragaman Hayati Demi Kelangsungan Bumi



LIPUTANBERITA21.COM - Menjaga Keanekaragaman hayati sangatlah penting sehingga untuk menjaganya menjadi  tanggung jawab untuk semua makhluk hidup di bumi, dengan menjaganya maka bisa terhindar dari bencana yang akan terjadi dan bumi juga dapat bekerja secara optimal, jika keanekaragaman hayati dirusak maka dapat menyebabkan kerugian untuk semua makhluk hidup di bumi terutama manusia.


Karena manusia merupakan faktor utama dari kerusakan keanekaragaman hayati di bumi, misalkan menebang hutang sembarangan maka itu akan menyebabkan banjir dan tanah longsor dengan kejadian tersebut maka dapat menyebabkan kerugian makhluk hidup yang ada disekitarnya.

Dengan melimpahnya keanekaragaman hayati di Indonesia sehingga masyarakat dunia menjuluki Indonesia dengan nama Megabiodiversty karena Indonesia merupakan beriklim tropis maka menjadi tepat yang cocok untuk keanekaragaman hayati dari flora maupun fauna.


Pengertian Keanekaragaman Hayati


Keanekaragaman Hayati merupakan kekayaan atau kehidupan di bumi dari tumbuhan, hewan, mikroorganisme, genetik, ekosistem yang ada di dalam bumi. Dengan keanekaragaman hayati inilah bumi bisa bekerja lebih baik sehingga dapat menguntungkan untuk semua makhluk hidup yang berada di bumi.

Back to Content



Tingkatan Keanekaragaman Hayati


Secara garis besar keanekaragaman Hayati memiliki tiga tingkatan yaitu :

1. Gen


Gen merupakan tingkatan yang paling rendah di keanekaragaman hayati dikarenakan gen hanya mencakup bagian kecil dari keanekaragaman hayati gen ini bisa juga di bilang keturunan dari sebelumnya. Dalam gen ini memiliki suatu variasi yang kelihatan(Fenotipe) dan variasi yang tidak kelihatan(Genotipe), untuk susunan gen ini pasti berbeda-beda walapun bentuk dan namanya sama tetapi dalam nya berbeda karena gen ini merupakan hasil perkawinan antara gen jantan dan gen betina.

Contoh tanaman mangga memiliki gen yang paling mencolok yaitu mangga harus manis, mangga mana lagi, mangga bali, mangga madu, walaupun mangga ini bentuk sama tetapi untuk sifatnya berada, sifat yang paling mencolok adalah di bagian rasa mangganya.

2. Spesies

Spesies ini berada di atas satu tingkat dari gen karena spesies ini yang paling mencolok. Contoh nya kucing, harimau, macam, chettah dan hyena, kelima hewan tersebut memiliki bentuk yang hampir sama karena kelima hewa tersebut termasuk dalam spesies kucing besar karena tidak heran bentuknya hampir sama karena hewan tersebut masih ada kaitan kerabat dekat.

3. Ekosistem

Ekosistem ini adalah tingkatan yang paling tinggi karena ekosistem ini menggambarkan lokasi tempat tinggal dari makhluk hidup. Berikut ini adalah jenis-jenis ekosistem yang ada di bumi :

1. Ekosistem Pantai/Laut

Untuk ekosistem pantai ini tempatnya berada disekiaran pantai atau laut yang di dalam nya biasanya di tempati oleh makhluk hidup seperti ikan, kepeting, kura-kurang, lumba-lumba dan lain-lain.

2. Padang Pasir

Padang pasir merupakan tempat yang dimana yang luasnya hanya ada pasir yang sangat banyak dan suhu nya juga sangat panas karena padang pasir ini memiliki entitas hujan yang sangat rendah bahkan dalam kurun satu tahun hanya dapat hujan sebanyak satu kali.

Tetapi di padang pasir ini juga dapat dihuni oleh makhluk hidup contoh nya unta, kaktus dan manusia bahkan bisa di dirikan sebuah negara seperti Arab Saudi, Mesir, Lebanon dan lain-lain, biasanya ekosistem ini berada di daratan Asian dan Afrika.

3. Padang Rumput

Padang rumput adalah tempat yang dimana yang isi nya hanya di isi rumput dan pohon yang hijau, padang rumput ini kebalikan dari padang pasir jika di padang pasir memiliki entitas hujan yang rendah sedangkan di padang rumput memiliki entitas hujan yang tinggi.

Sehingga di padang rumput ini bisa di tempati banyak makhluk hidup seperti rusa, kerbau, sapi , kambing dan lain-lain biasanya ekosistem ini berada di dataran Asia dan Eropa. 



4. Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis merupakan hutan yang memiliki entitas suhu yang lembab atau basah, biasanya hutan ini dapat ditemui di negara yang beriklim tropis contoh nya seperti negara Indonesia.

5. Hutan Daun Berjarum

Sesuai dengan nama nya makhluk hidup yang berada di hutan ini adalah pohon yang memiliki daun yang seperti jarum, hutan ini bisa ditemui di negara yang memiliki suhu sub-tropis dan suhu yang dingin, biasanya hutan ini berada di daratan Eropa, Australia, Amerika, Dan Asia.

6. Ekosistem Lumut

Lumut adalah ekosistem yang dapat tumbuh dimana saja biasanya lumut ini dapat dijumpai pada suhu yang lembab atau basah contoh nya pada sumur, kamar mandi, gunung, perbukitan dan lain-lain. Lumut sering dianggap pengganggu bagi manusia tetapi perlu diketahui lumut memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia dan makhluk hidup lainnya.

Back to Content




Manfaat Keanekaragaman Hayati


Tujuan dari penciptaan keanekaragaman hayati dibumi tidak lain hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam kehidupan sehari-hari, karena dalam kehidupan sehari-hari manusia membutuhkan sandang, pangan dan papan ketiga kebutuhan tersebut hanya bisa diperoleh dari jenis keanekaragaman hayati tersebut.

Jika manusia membutuhkan sandang atau pakaian manusia dapat memperoleh dari ulat sutera dan bulu domba, untuk pangan atau makanannya manusia dapat memperoleh nya dari telur ayam, sapi, kambing, ayam, padi, gandum, susu, buah-buah, sayuran dan lain-lain. untuk papan nya manusia dapat memperolehnya dari pohon jati, pohon mahoni, dan pohon sengon.

Banyak sekalikan manfaatnya jadi jika keanekaragaman hayati dirusak oleh manusia itu sendiri maka yang akan merasakan kerugiannya adalah manusia sehingga untuk mencari kebutuhan sehari-hari akan terasa sulit.

Back to Content



Penyebab Punahnya Keanekaragaman Hayati


Berikut ini adalah 6 yang menyebabkan Keanekaragaman Hayati:

1. Hilangnya Habitat
2. Pengecilan Habitat
3. Kerusakan Habitat
4. Ekspolitasi berlebihan
5. Industrilalisasi kehutanan
6. Pemasanan Global


Back to Content




Upaya Untuk Menjaga Kelestarian Keanekaagaman Hayati


Yang dimaksud judul diatas adalah upaya-upaya untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan keanekaragaman hayati sepei flora, fauna dan ekosisem lainnya agar tidak punah, untuk mencegah kerusakan tersebut maka tim liputanberita21.com dan liputanloker21.com melakukan kegiatan yang dapat meningkatkan keanekaragaman yang ada di bumi, kegiatan tersebut adalah:

1. Reboisasi Pohon

Tim kami mengajak masyrakat setempat untuk melakukan penanaman pohon ditempat yang telah tandus tujuan dari program ini agar masyarakat akan sadar pentingnya menjaga keanekaragam hayati dan juga agar terdapat spesies baru yang datang ke hutan dan menempati hutan tersebut, program ini jalankan setiap minggu terdapat 10 pohon baru yang berhasil kami tanam disekitar hutan atau kebun.

2. Membersihkan Lingkungan

Unuk menciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman tim kami mengajak masyrakat setempat untuk melakukan kerja bagi yang berujuan untuk menjaga kebersihan lingkungan, misalkan lingkungan bersih maka akan terhindar dari hewan-hewa berbahaya seperti ular dan jika lingkungan bersih dapat menciptakan kenyaman dan ketenangan.

3. Melarang Penebangan Pohon Sembarangan

Program tim kami selanjtnya adalah melarang penebangan pohon sembarangan, tim kami telah bekerja sama dengan dinas kehutanan setempat agar dapat membantu menemukan oknum yang tidak bertanggung jawab, setiap hari tim kami dan dinas setempat berkeliling untuk menjaga hutan jika menemukan okmum yang menebang pohon tanpa seizin dari dinas kehutanan maka akan di tangkap dan di intograsi.

4. Melakukan Tebang Pilih

Program kali selanjunya adalah melakukan tebang pilih untuk pohon yang telah kelihatan rimbun atau sudah siap untuk di tebang, tim kami masih bekeja sama dengan dinas kehutanan setempat dan warga setempat untuk melakukan tebang pilih kepada pohon, tujuan dari program kami adalah agar pohon dapat terkena matahari sehingga dapat bekerja lebih optimal dan mampu menampung karbondioksida lebih banyak sehingga dapat bermanfaat untuk makhluk hidup disekitarnya dan untuk pohon yang sudah siap untuk ditebang maka akan kami jual kayu nya kepada penjual kayu sehingga dapat menguntungkan untuk manusia.

5. Membantu Pencegahan Kebakaran hutan

Demi terjaganya keanekaragaman hayati tim kami membantu pemadaman kebakaran apabila terjadinya kebakaran hutan tujuan dari program ini agar proses pemadaman hutannya cepat selesai sehingga ekosistem yang ada hutan tersebut dapa terselamatkan.

6. Membantu Pengelolaan Limbah

Untuk menciptakan lingkungan yang bersih tanpa tercemar limbah maka tim kami bersedia membantu dalam pengelolaan limbah pabrik dan limbah rumah tangga, tujuannya dari program ini agar lingkungan selalu bersih tanpa limbah dan agar ekosistem selalu terjaga , bayangkan jika lingkungan tercemar oleh limbah maka ekosistem yang ada di air maupun darat lama-lama akan pada mati sehingga ini bisa merugikan manusia dan makhluk hidup lainnya.

7.Melindungi Hewan

Program berikutnya adalah perlindungan terhadap hewan, tim kami telah bekerja sama dengan komunitas pencinta hewan, kebon binatang dan warga setempat agar dapat menemukan hewan yang telah terdampar atau di buang oleh pemilik aslinya agar hewan tersebut tidak mati maka tim kami akan menyalurkan hewan tersebut kepada pencinta hewan atau ke kebun binatang setempat.

8. Mendaur Ulang Sampah

Tim kami telah melakukan kerja sama dengan pabrik pendaur ulang sampah dengan dinas kebersihan tujuan melakukan program ini agar dapat menguntungkan sehingga bisa menjadi nilai jual untuk manusia dan agar tempat menjadi bersih sehingga nyaman untuk ditinggali oleh ekosistem yang lain.

Itulah upaya yang telah tim kami lakukan dalam menjaga bumi dan melindungi keanekaragaman hayati. Untuk melindungan keanekaragaman hayati tidak harus tim, sendiri pun juga bisa cara nya dengan hanya menjaga kebersihan lindungan agar makhluk hidup di bumi tetap terjaga dan tidak punah.

Jika kalian ingin bekerja tim dalam melindungi bumi dan menjaga keanekaragaman hayati di bumi kalian bisa bergabung dalam organisasi MSIG

Back to Content



Apa Itu MSIG ?


MSIG(Mitsui Sumitomo Insurance Group) adalah perusahaan yang berada di Indonesia yang bergerak dalam jasa asuransi, di Indonesia hanya perusahaan cabang dan untuk perusahaan pusat nya ada di negara Jepang, tujuan dari perusahaan ini untuk memberikan tawaran asuransi kepada masyarakat Indonesia dengan harga premi yang murah. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 22 Oktober 1975.

Back to Content



Produk Dan Layanan MSIG Indonesia


Perusahaan PT Asuransi MSIG Indonesia memiliki 2 jenis produk yang telah disediakan yaitu : Asuransi Personal dan Asuransi Komersial.

Pada Asuransi Pesonal memiliki 6 pelayanan yang terdiri dari :

1. Asuransi Home Shield

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap rumah tinggal dan beserta anggota keluarga. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila rumah tersebut mengalami kebakaran, kebanjiran, kena tanah longsor. pencurian, gempa bumi dan lain-lain.

2. Asuransi Kendaraan Bermotor




Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kerusakan atau kerugian kepada kendaraan bermotor anda. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila motor anda mengalami kecelakan, benturan, pencurian, kebakaran dengan tanpa unsur kesengajaan.

3. Asuransi Ladies Car Protection

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kerusakan atau kerugian kepada kendaraan bermotor atau mobil anda dan akan mendapatkan tambahan jika pengemudinya seorang wanita. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila motor anda mengalami kecelakan, benturan, pencurian, kebakaran dengan tanpa unsur kesengajaan.

4. Asuransi Kecelakaan Diri

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap diri anda yang mengalami kecelakan, cidera dan luka-luka Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila anda mengalami kecelakan, benturan, cidera, gangguan metal, keracunan dan tanpa unsur kesengajaan.

5. Asuransi Perjalanan Internasional

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap anda yang sedang melakukan perjalanan wisata ke luar negeri. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila  anda mengalami ketidaknyaman dalam perjalanan, sakit dan kecelakaan dan tanpa unsur kesengajaan.

6. Asuransi Perjalanan Domestik

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap anda yang sedang melakukan perjalanan wisata dan bisnis di dalam negeri. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila  anda mengalami ketidaknyaman dalam perjalanan, sakit dan kecelakaan dan tanpa unsur kesengajaan.

Pada Asuransi Komersial memiliki 6 pelayanan yang terdiri dari :

1. Asuransi Pengangkutan

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kehilangan dan kerusakan kargo.  Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila  anda mengalami pencuriaan, kebakaran, kerusakan dan tanpa unsur kesengajaan.

2. Asuransi Harta Benda

Dalam Asuransi harta benda ini memiliki 4 jenis yaitu :
1. Asuransi Kebakaran
2. Asuransi Kebongkaran
3. Asuransi Barang Bergerak
4. Asuransi Uang

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap anda sedang membeli salah satu dari asuransi diatas. Asuransi tersebut akan dapat dicairkan apabila  anda mengalami kebakaran, kena peledak, pencurian, kerusakan, kehilangan  dan tanpa unsur kesengajaan.

3. Asuransi Kendaraan Bermotor

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kerusakan atau kerugian kepada kendaraan bermotor anda. Asuransi ini akan dapat dicairkan apabila motor anda mengalami kecelakan, benturan, pencurian, kebakaran dengan tanpa unsur kesengajaan.

4. Asuransi Tanggung Gugat

Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap pihak ketiga atas cedera badan dan kerusakan harta benda pihak ketiga, yang disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian dari tertanggung dan tanpa ada unsur kesengajaan.


5. Asuransi Lini Keuangan

Dalam asuransi lini keuangan ini memiliki 2 jenis asuransi yaitu :
1. Asuransi direktur dan penjabat
Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap hukum para direktur dan penjabat atas kerugian perusahaan terhadap tuduhan tindakan yang tidak pantas.

2. Asuransi Siber
Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kewajiban yang timbul dari perlindungan data dan informasi, termasuk investigasi, pemerasan dan kejahatan cyber.(Asuransi Siber).

6. Asuransi Teknik

Dalam asuransi teknik ini memiliki tiga jenis asuransi yaitu :
1. Asuransi Kontruksi
Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap pekerjaan konstruksi dimulai dari awal sampai selesai. Asuransi ini dapat dicairkan apabila telah terjadi kerusakan harta benda dan kecelakan kepada pihak ketiga.

2. Asuransi pemasangan mesin
Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap pekerjaan dari tahap pemasangan mesin sampai instalisasi mesin dan juga akan menjamin resiko saat pemasangan mesin.

3. Asuransi Kerusakan Mesin
Perusahaan MSIG Indonesia akan memberikan perlindungan secara penuh terhadap kerugian dan kehilangan mesin akibat operasional kerja. 

Back to Content




Kegiatan MSIG Indonesia


Berdasarkan data dari WWF(World Wide Fund For Nature) mengatakan bahwa pada tahun 2018 telah terjadi penyesutan keanekaragaman hayati sebanyak 60% dan untuk kedepan nya kemungkinan terus berkurang. Penyebab dari penyesutan ini disebabkan oleh manusia itu sendiri seperti merusak habitat, pencemaran limbah ke air atau ke lingkungan, membangun gas rumah kaca, membuang sampah plastik dan gas kimia ke lautan.

Dengan melihat hasil data tersebut maka kemungkinan dalam jangka waktu yang panjang keanekaragaman hayati akan punah atau sisah sedikit sehingga keanekaragaman hayati menjadi terancam, dengan melihat data tersebut sehingga ada suatu perusahaan asuransi yang di Indonesia untuk membangun kembali kenaekaragaman hayati agar tidak punah, perusahaan asuransi tersebut adalah PT. Asuransi MSIG Indonesia.

Misi utama dari perusahaan MSIG adalah  untuk menjamin dan membantu masa depan yang baik untuk bumi sehingga dapat layak dihuni oleh generasi yang akan mendatang.

Back to Content



Keberhasilan MSIG Di Indonesia




Untuk meningkatkan keanekaragaman hayati yang terancam berikut ini keberhasilan MSIG Indonesia yang dilakukan di Indonesia :

1. Pemulihan Hutan Yogyakarata

Pada tahun 1990-an hutan yogyakarta telah rusak bahkan gundul akibat dari penebangan liar dan penjarahan saat krisis ekonomi di Indonesia. Kemudian pada tahun 2005  perusahaan MSIG Indonesia bekerja sama dengan Kementerian Kehutanan Indonesia dan di dukung oleh Universitas Gajah Madah telah berhasil menanam pohon sebanyak 300.000 batang pohon.

Keberhasilan dari pemulihan hutan Yogyakarta yaitu :
  1. 300.000 pohon ditanam di lahan seluas 350 hektar
  2. 23 spesies burung yang singgah
  3. 9 spesies kupu-kupu yang singgah
  4. 19 sekolah berpartisi dalam pendidikan lingkungan
  5. 165 guru diberikan pelatihan tentang pendidikan lingkungan
  6. 97.075 benih siap ditanam
  7. 185 rumah tangga diberikan pelatihan tentang metode penanaman


2. Memberikan Pendidikan Lingkungan Kepada Siswa

Demi terhindarnya kerusakan kembali pada hutan Yogyakarata maka perusahaan MSIG Indonesia yang di bantu oleh Univeristas Gajah Mada memberikan ilmu tentang lingkungan tujuan pendidikan supaya para siswa dapat mengetahui pentingnya untuk menjaga kelangsungan hutan.

Back to Content


Keberhasilan MSIG Di Asia



Untuk meningkatkan keanekaragaman hayati yang terancam berikut ini keberhasilan MSIG Indonesia yang dilakukan di negara-negara Asia :

1. Jepang

Pembangunan Surugadai Building Green Space

Surugadai Building Green Space merupakan kantor pusat MSIG di Jepang yang dibangung tepat ditengah-tengah kota untuk mengurangi efek sinar matahari dan rumah kaca  dan mengatasi banjir maka  kantor ini  dirancang sehingga  dapat menampung ribuan pohon diatasnya, bangunan ini dikelilingi dengan 6000 meter persegi tanaman hijau. 

2. Singapura

Pemanfaatan Teknologi Untuk Promosikan Pentingnya Keanekaragaman Hayati 

Untuk melakukan promosi ini MSIG Singapura telah bekerja sama dengan WWF-Singapura dan District Race dengan melalui aplikasi MSIG Singapura mengajak pengguna untuk dapat mempelajari keanekaragaman hayati agar dapat mengetahui pentingnya menjaga keanekaragaman hayati di bumi.

3. Hong Kong

Untuk menghargai keanekaragam hayati maka MSIG Hong Kong mengajak warga setempat untuk lebih menghargai betapa pentingnya keanekaragaman hayati dibumi, MSIG Hong Kong ini berfokus kepada anak muda, mitra bisnis dan klien agar mereka tahu cara menjaga kelangsungan hidup keanekaragaman hayati dan anak muda juga sebagai generasi penerus yang akan menikmati dan menjaga keanekaragaman hayati.

4. Thailand Dan Malaysia

Demi mencegah punahnya keanekaragam hayati di bumi  maka MSIG Thailand dan MSIG Malaysia mengajak warganya untuk memulihan tanaman bakau yang hampir hilang maka para warga setempat sangat antusias untuk membantu perusahaan MSIG, manfaat dari pemulihan hutan bakau ini yaitu dapat menahan erosi, menahan badai, memecah gelombang, mencegah gelombang pasang dan tempat berkumpulnya para ikan di bawah hutan bakau.

Back to Content



Video Keanekaragam Hayati Saat Ini


Back to Content



Kesimpulan

Menjaga kelangsungan hidup keanekaragaman hayati sangatlah penting yang harus dijaga oleh seluruh makhluk hidup di bumi terutama manusia, jika tidak dijaga maka dapat merugikan untuk semuanya, sehingga efek jangka panjangnya bumi akan mengalami kerusakan dan akhirnya sering terjadinya bencana alam seperti banjir, tsunami, longsor bahkan gempa bumi, jadi ayo semuanya untuk menjaga keanekaragaman hayati yang ada di bumi kita ini.

Untuk menjadi perang penting dalam menjaga keanekaragam hayati ini sangatlah muda karena saat ini ada perusahaan asuransi yang membuka bagi siapa aja yang mau bergabung dengan mereka dalam perusahaan tersebut kalian akan diberi pengetahuan tentang lingkungan nanti kedepannya kalian akan langsung terjun lapangan, nama perusahaan asuransi tersebut adalah PT. Asuransi MSIG Indonesia. 

Back to Content


Demikian artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian semua dan mohon maaf apabila ada kesalahan kata saat sedang menulis.

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon