2/01/2020

Menikmati Segelas Kopi Berteknologi Blockchain


LIPUTANBERITA21.COM - Pada saat ini siapa sih yang tidak mengenal kopi? minuman yang memiliki aroma dan rasa yang khas sehingga dijadikan sebagai minuman favorit yang dapat dinikmati oleh semua kalangan dari anak kecil sampai orang tua pasti pernah memnium kopi, kopi juga bisa dinikmati untuk semua kondisi misalkan saat sedang kumpul-kumpul dengan teman, sedang rapat atau sedang berkumpul bareng keluarga.



Di dalam kopi ini memiliki kandungan kafein dan antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperlambat penuaan dini, mencegah stress, mengurangi mengantuk, menurunkan berat badan, mencegah diabetes dan masih banyak lainnya, dengan banyaknya sekali manfaat dari meminum kopi sehingga kopi menjadi minuman paling populer diseluruh dunia.


Di Indonesia sendiri pencinta kopi sudah sangatlah banyak sekali sehingga terciptanya komunitas untuk pencinta kopi se-Indonesia, dan merek kopi dari Indonesia yang terkenal seperti kopi luwak, kopi bengkulu, kopi lampung, kopi toraja dan lain-lain untuk saat ini terdapat dua merek kopi yang telah tembus pasar Internasional yaitu kopi luwak yang mendapatkan predikat kopi termahal di dunia dan kopi Bengkulu yang berhasil masuk ke pasar Internasional.


Survei International Coffee Organization(ICO)


Hasil data survei yang di lakukan ICO pada tahun 2016 mengatakan penikmat kopi di Indonesia setiap tahunnya selalu meningkat sehingga pada tahun 2016 terdapat 4,6 juta bungkus kopi yang berhasil dikomsumsi oleh masyarakt Indonesia, survei diperkuat kembali oleh organisasi Indonesia yaitu HonesDocs yang melakukan survei kepada 9684 responden dan terdapat 39% yang minum kopi minimal 1 gelas dalam sehari.

Melihat hasil data dari dua organisasi tersebut kemungkinan setiap tahun pencinta kopi di Indonesia akan terus mengalami kenaikan sehingga hal ini dapat meningkatkan pendapatan negara Indonesia.

Demi untuk meningkatakn pendapatan perusahaan kopi sehingga perusahaan kopi selalu berinovasi untuk menciptakan kopi yang memiliki rasa dan aroma yang sangat enak tujuannya agar dapat menarik para pencinta kopi untuk menikmati kopi racikan mereka. Dengan di dukungnya teknologi yang sudah maju sehingga perusahaan kopi menciptakan kopi yang menggunakan teknologi yaitu Kopi Blockhain

Back to Content





Apa Itu Blockchain?


Block Chain adalah sistem teknologi dimana data dapat tersimpan dalam komputer dan tidak dapat dirubah oleh siapapun sehingga tingkat kejujuran dan keasliannya terjamin, dengan mengetahui teknologi ini para petani kopi sangat senang karena petani kopi dapat mengetahui informasi seperti pembeli kopi, harga kopi yang dijual, demografik pembelinya dan lain-lain.

Jika dari sisi customer i juga akan merasa senang karena menggunakan teknologi blockchain ini karena pembeli dapat mengetahui informasi dari kopi yang dibeli seperti kualitas kopi, kebun kopi, gudang kopi, Transpor, Pengolahan Kopi, pemasaran kopi yang digunakan sehingga kedua belah pihak akan sama-sama untung karena hasil dua penggabungan teknologi block chain dengan kopi sehingga menjadi Kopi Blockchain.

Untuk lebih memperjelaskan soal Kopi Blockchain berikut ini adalah contoh nya :
Misalkan seorang petani Bengkulu ingin mengekspor biji kopi ke negara Prancis  dengan adanya teknologi blockchain  kedua belah pihak dapat melihat informasi keaslian data tujuannya agar terhindar dari kecurangan.

Sehingga saat ini hasil penemuaan teknologi ini telah banyak terbukti untuk menjaga keaslian data informasinya dan akhirnya saat ini sudah banyak para pembisnis kopi yang menggunakan kopi blockchain. Sehingga salah satu platform penyedia jasa digitalisasi komoditas kopi yang menggunakan kopi blockchain di Indonesia adalah Kopi Blockchain

Back to Content





Apa Sih Kopi Blockchain Itu ?



Kopi Blockchain merupakan hasil dari penggabungan kopi dengan teknologi blockchain, dengan teknologi ini diharapkan dapat membantu pencarian transaksi di waves explorer dan etherscan. Kopi blockchain ini menggunakan sistem ERC20, Waves dan desentrilisasi tujuanya untuk mempermudah dalam melakukan transaksi dan transfer dengan sistem tersebut kopi ini bisa dipasarkan secara global, tiap satu kopi bisa di ganti dengan 1 KG Fine Robusta lewat PT Cyber Persada Nusantara.

Teknologi ini dapat memberikan informasi harga kopi robustra dengan transparan sehingga para petani kopi dapat keuntungan lebih baik dari harga jual untuk kualitas kopi yang dibuat diluar itu kopi blockhain iut akan memberikan dampak positif dalam kesejahtreaan petani kopi Indonesia.

Back to Content





Manfaat Menggunakan Teknologi Block Chain


Berikut ini adalah 6 manfaat kopi yang menggunakan teknologi block chain :

1. Mempermudah dalam pengelolaan kopi dari awal hingga selesai
2. Mempermudah dalam mengontrol hasil perkebunan kopi
3. Tingkat kepercayaan yang sangat tinggi.
4. Membantu proses pembelian kopi dari pembeli ke petani kopi.
5. Pemprosesan kopi menggunakan standar Internasional
6. Permintaan ekspor kopi yang tinggi

Back to Content







Contoh Perusahaan Yang Sukses Dalam Menggunakan Kopi Block Chain 




Perusahaan yang menggunakan metode kopi blockchain adalah PT Cyberindo Persada Nusantara(CPN) perusahaan ini berasal dari Bengkulu dan perusahaan ini berhasil menciptakan kopi yang diberi merek Bencoolen Coffee, kopi yang paling diminati adalah Bencoolen Kepahiang dan Bencoolen Rejang Lebong.

Pada tahun 2019 kopi Bengkulu ini berhasil masuk ke pasar Internasional dan kopi ini sangat disukai oleh negara lain dan kopi Bengkulu ini berhasil memperoleh penghargaan dari AVPA Perancis dengan pencapaian tersebut dapat menguntungkan perusahaan ini dan petani kopis karena dengan permintaan ekspor kopi yang tinggi maka para petani akan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Dalam mengelola dan memasarkan produk-produk terbaik mereka harus sesuai dengan diperintahkan oleh Komite Keselarasan untuk Teknologi Informasi dan Komukasi(KPTIK) untuk lebih memajukan industri kopi lokal Bengkulu maka perusahaan Cyberindo Persada Nusantara menjalin kerja sama dengan pemerintahan Bengkulu.



Untuk lebih memperluas relasi maka pada tanggal 29 April 2019 pemerintahan Bengkulu dan pemerintahan provinis DKI Jakarta telah resmi untuk menjalin kerja sama, kerja sama ini di tandangi oleh Gubernur DKI Jakarta yaitu Anies Baswedan dengan Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah, kerja sama ini di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan dan pengembangan kewirausahaan.

Back to Content




Perencanaan Sistem Becoolen Coffe


Jika berdasarkan gambar diatas maka perencanaan yang dibuat oleh becoolen Coffe adalah sebagai berikut :

  • Petani kopi akan mengirimkan hasil olahan kopi kepada Becoolen Coffe
  • Lalu becooclen  coffee akan menerima kopi dari petani dan kemudian kopi tersebut akan di data oleh Accounting.
  • Berikut nya bagian Accounting akan mengirimkan hasil data yang telah dibuat  kepada CRM
  • Lalu bagian CRM akan memeriksa kembali data tersebut jika sudah benar maka akan diteruskan kepada customer support dan memasukan ke dalam Blockchain
  • Tugas customer support akan melayani kepada pelanggan yang ingin membeli produk becoolen coffe untuk mendapatkan kepercayaan maka customer support akan memperlihat data kopi di blockchain kepada pembeli
  • Tugas CRM berikutnya adalah memasukan data kopi yang asli ke teknologi blockchain lalu kemudian dipasarkan melalui online seperti dari web, mobile, e-commerce dan EDC POS
  • Kemudian pelanggan bisa membeli Becoolen coffe melalui web, mobile aplication, shopping e-commerce dan EDC POS.
    Back to Content





Pengalaman Meminum Becoolen Coffee


Pada tahun 2018 merupakan tahun yang pertama kali saya meminum kopi robusta yang sangat enak nama kopinya yaitu Becoolen Coffe asal mula saya bisa minum kopi ini adalah dari teman saya yang asli Bengkulu ketika teman saya main ke provinsi Lampung yang merupakan tempat tinggal saya saat ini, setelah lama teman saya ke Lampung lalu kemudian temen saya kembali lagi ke Bengkulu, ketika teman saya sudah sampai Bengkulu saya dengan bercanda meminta oleh-oleh khas Bengkulu.

Setelah teman saya mendengar permintaan saya lalu teman saya mesetujui permintaan saya tersebut dalam waktu dua bulan teman saya main kembali ke Lampung dan memberikan oleh-oleh khas Bengkulu kepada saya, saya pikir oleh-oleh nya adalah makanan atau kerajinan tangan tetapi ketika saya buka adalah Kopi yang bermerek Becoolen Coffee ketika itu saya kaget soalnya saya tidak suka minum kopi.

Lalu teman saya memberikan penjelasan soal Becoolen Coffee ini kepada saya bahwa kopi ini merupakan minuman terpopuler di provinsi Bengkulu dan rasanya sangat enak, dengan penasaran dan menghargai pemberian teman saya akhirnya saya dan teman saya membuat .kopi tersebut dan saya pikir membuat kopi nya sangat mudah  tetapi proses pembuatan kopinya sangatlah lama sampai saya bosen menunggunya.

Setengah jam berlalu kopi tersebut telah jadi dan siap untuk di minum dengan penasaran sama rasanya lalu saya dan teman saya meminum kopi tersebut dan ternyata rasa kopi nya sangatlah enak dan aroma nya harum sekali ternyata benar yang dibicarakan teman saya sehingga saya menjadi ketagihan untuk meminum kopi ini, ketika pemprosesan pembuatan kopi tadi saya mencium aroma harum yang keluar dari kopi ini pada hari tersebut saya meminum kopi ini sebanyak tiga gelas dalam sehari.

Back to Content





Download Aplikasi Kopi Blockchain


Untuk mendapatkan informasi soal kopi Blockchain dan Becoolen Cofee kalian bisa mendownload aplikasi Kopi Blockchain di Playstore dan Appstore secara gratis atau juga bisa download di link di bawah ini :

Back to Content




DOWNLOAD APLIKASI 


Cara Menghubungi Tim Kopi Blockcahin



Jika kalian memiliki pertanyaan soal kopi blockchain bisa hubungi nomor di bawah ini :

  • Nama Customer Service : Pradana Dan Diana
  • Nomor : 0821-3333-3007 dan 0813-8170-2839
  • Atau bisa kunjungi link ini : BUTUH INFORMASI 

  • Back to Content





Kesimpulan


Pada zaman yang serba teknologi seperti saat ini sehingga dapat meningkatkan inovasi para pengusaha contohnya seperti pengusaha kopi dengan inovasi nya mereka mampu menggabungkan antara kopi dengan teknologi Blockchain sehingga dengan teknologi ini dapat meningkatkan nilai jual kopi tersebut dan mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari para pembeli dengan teknologi ini juga para petani merasa senang karena petani tidak perlu repot-repot lagi memasarkan kopi mereka secara manual.

Back to Content




Demikianlah artikel ini semoga bermanfaat untuk kalian semua dan mohon maaf apabila ada kesalah saat pembuatan artikel ini.



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon