2/22/2018

Indonesia Turun peringkat ke urutan 96 Yang Sebelumnya Peringkat 88 Negara Korupsi DI Dunia

     Ilustrasi Korupsi ©2018 LIPUTANBERITA21.COM   

Liputanberita21.com Pada tahun 2018 Indonesia saat ini berada di peringkat 96 dari negara korupsi di dunia yang sebelumnya berada di peringkat ke 88 pada tahun sebelumnya, pernyataan ini berdasarkan pemantauan dari Lembaga pemantau tingkat korupsi dunia Amnesty International .

Di lansir dari laman resmi Amnesty ,tahun ini amnesty melakukan survey sebanyak 108 negara .Amnesty menilai survey tersebut berdasarkan ukuran korupsi di sektor publik dari para pakar dan pelaku bisnis. Skor 0 berarti sangat korupsi dan skor 100 berarti paling bersih dari korupsi.
Saat ini negara Indonesia mendapatkan skor mendapat skor 37, skor ini juga masih sama seperti tahun lalu dan skor ini juga sama dengan negara tetangga yaitu Thailand..
Sedangkan untuk wilayah Asia Tenggara yang menjadi negara paling bersih dari korupsi di miliki oleh negara tetangga kita yaitu negara Singapura dari korupsi dengan berada di urutan 6 (skor 84). Sedangkan untuk negara malaysia berada di peringkat ke -62 dengan skor 47. Selanjutnya dari negara Vietnam yang menduduki peringkat -107 dengan skor 35 dan Filipina di peringkat 111 (skor 34). Berikutnya adalah negara Myanmar yang berada di peringkat ke-130 dengan skor 30. Sedangkan di urutan kedua negara bersih korupsi di wilayah Asia Tenggara di miliki oleh negara Brunei Darussalam berada menduduki peringkat 32 (skor 62).
Tahun ini Selandia Baru dan Denmark menjadi negara paling bersih dari korupsi dengan meraih skor tertinggi 89 dan 88. Suriah, Sudan Selatan dan Somalia berada di peringkat terbawah dengan skor 14, 12, dan 9. Kawasan paling bersih dari rasuah ditempati negara-negara di Eropa Barat dengan angka skor rata-rata 66. Yang terburuk terjadi di belahan Afrika Sub-Sahara dengan skor rata-rata 32 dan Eropa Timur serta Asia Tengah (skor rata-rata 34).
Secara keseluruhan dua pertiga negara yang disurvei mendapat skor di bawah 50 dengan skor rata-rata 43. Dibanding tahun-tahun sebelumnya angka ini masih tidak jauh berbeda.


Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon