12/22/2020

Seberapa Penting Menjaga Data Privasi Bagi Anda

Jaga Data Privasi


 LIPUTANBERITA21.COM - Hai warga  +62 seberapakah penting data privasi kalian, apakah sangat penting atau biasa saja. Dari dua pertanyaan tersebut pasti ada yang menjawab : "Data Privasi Saya Sangat Penting Dong" lalu ada juga yang menjawab : "Data Privasi Saya Biasa Saja".  

Kenapa demikian bisa terdapat dua jawaban tersebut, yuk kita bahas satu persatu dari kedua jawaban tersebut ini menurut Liputanberita21.com "

Jawaban satu : "Data privasi saya sangat penting" alasan orang memilih jawaban yang seperti ini bisa jadi orang tersebut sangatlah penting misalkan dia seorang penjabat daerah Kabupaten maupun Provinsi sehingga tidak bisa memberikan data privasi secara sembarangan kepada orang lain tanpa sepengetahuan dia. 

Jawaban Kedua : "Data privasi saya biasa saja". Pada jawaban kedua ini biasanya dilakukan pada anak remaja sampai dewasa yang belum memiliki tanggungan atau pekerjaan yang penting bagi mereka. Contohnya seperti ini misalkan kalian sedang menempuh pendidikan SMA atau Kuliah langsung ada teman kalian meminta izin kepada kalian untuk meminta akun pembelajaran daring kalian.

Karena kalian berdua sudah dekat dan akrab sehingga kamu memberikan akun pembelajaran daring kepada teman kalian. Langsung karena kamu juga sudah dekat sama teman kamu yang meminta  akun pembelajaran daring, kamu juga bisa meminta  akun pembelajaran daring punya teman kalian. Sehingga bisa akhirnya terjadinya saling tukar data privasi di  akun pembelajaran daring masing - masing.

Hal tersebut juga masih saya lakukan pada saat ini bersama teman - teman saya, dimana saya memiliki akun SPADA (Sistem Pelajaran Daring) punya teman - teman saya lalu teman - teman saya memiliki akun SPADA saya. Saya pikir hanya membagikan kepada teman saya yang kenal data privasi saya tidak terlalu bermasalah. 

Tetapi jika saya pikir - pikir jangan panjang bisa jadi salah satu teman saya memiliki dendam kepada saya karena teman saya memiliki akun spada saya bisa jadi dia mengacak - mengacak tugas - tugas perkuliahan saya  seperti tugas harian, KUIS, UTS dan UAS sehingga dapat menghancurkan nilai saya. Karena menghindari hal tersebut saya mengganti kata sandi akun spada saya sehingga teman - teman saya saat ini tidak memiliki hak akses ke akun spada saya. 

Alasan Pentingnya Kalian Harus Menjaga Data Privasi

Menjaga Data Privasi



Teknologi sekarang ini sudah berkembang dengan cepat, sehingga kebutuhan sekarang ini pasti berhubungan dengan teknologi karena dengan teknologi dapat mempermudah pekerjaan kita. Tetapi untuk kita harus waspada saat menggunakan teknologi karena jika tidak hati - hati untuk #KendalikanPrivasimu maka dapat mudah data privasi kalian di curi oleh orang tidak bertanggung jawab.

Salah satu contoh yang dapat mudah orang mendapatkan data privasi kalian yaitu dengan melakukan dengan Web Phising dimana di dalam itu kalian harus memasukan data diri kalian seperti nama, alamat dan KTP, sehingga tanpa disadari data kalian sudah dicuri oleh orang yangn membuat web phising tersebut. 


Agar lebih waspada dalam pencurian data privasi maka harus mengetahui sepenting apa data privasi tersebut. Berikut ini Alasan kenapa kalian harus bisa menjaga data privasi kalian :

1. Melindungi Dirimu Di Masa Depan

Menjaga Data Privasi


Setiap orang harus wajib menjaga data privasi digital hal tersebut untuk menjaga masa depan kalian nanti karena kalian tidak tahu apa yang terjadi di masa depan. Untuk menjaga privasi adalah kewajiban untuk semua orang tidak pandang bulu meskipun kalian hanya orang biasa atau penjabat tinggi. 

2. Mencegah Seorang Untuk Pura - Pura Menjadi Kamu

Menjaga Data Privasi


Hal ini adalah sangat penting untuk kita semua dikarenakan apabila data privasi kita seperti nama, alamat, nomor telepon, KTP, email dan detail bank dan lain - lain sampai bocor kepada orang yang tidak bertanggung jawab maka akan menyebabkan masalah yang besar.

Contohnya yang sering terjadi adalah peminjaman online yang dimana data privasi kamu yang bocor tadi digunakan untuk meminjam uang dalam jumlah banyak oleh orang yang tidak bertanggung jawab sehingga nanti tagihan peminjaman tersebut akan datang ke rumah kalian.

3. Terhindar Dari Mata - Matain Hacker

Menjaga Privasi



Privasi adalah kunci untuk menjaga kebebasan berpikir. Tentunya bila data-datamu diambil oleh orang lain. Maka akan ada kemungkinan mereka mengawasi setiap aktivitasmu di internet. 

Dengan keadaan ini tentunya akan membuatmu tidak nyaman saat melakukan aktivitas di internet. Kamu akan merasa terus diawasi sehingga itu membatasi pikiran dan gerak-gerikmu. 

Oleh karena itu beberapa upaya yang bisa kamu lakukan adalah Memblokir dari pihak ketiga dan merubah pengaturan media sosial kamu hanya untuk teman. 

4. Melindungi Data Financial

Menjaga Data Privasi



Apabila informasi keuangan kalian seperti detail Bank sampai bocor ke orang yant tidak bertanggung jawab maka akan mendapatkan masalah yang serius untuk keuangan kalian, yang dimana akun keuangan kalian dapat digunakan untuk melakukan penarikan, pembelian dan transfer tanpa sepengetahuan yang punya.

Sehingga ketika dicek maka uang kalian di bank akan berkurang banyak bahkan bisa habis. Cara untuk melindungi data keuangan kalian sangat banyak, misalkan tidak membagikan informasi keuangan kepada orang lain selain istri atau suami kalian atau juga bisa menggunakan password yang kuat.

Password yang baik dan kuat menurut Google yaitu minimal 12 karakter yang terdiri dari huruf kapital dan kecil, simbol dan angka. 

5. Menjaga Karir Masa Depan

Menjaga Data Privasi






Hampir semua perusahaan mengecek media sosial seseorang sebelum merekrutnya. Untuk menjaga reputasimu di mata perusahaan, hapus semua data pribadi yang dapat memengaruhi karier kamu. 

Jangan posting apa pun yang sifatnya kontroversial. Hindari mendiskusikan politik dan agama atau mengeluh tentang pekerjaan saat ini.

Setelah anda mengetahui pentingnya dalam #KendalikanPrivasimu maka saatnya anda harus lebih berhati - hati lagi dalam membagikan data privasi anda kepada orang lain. 
Langsung ada pertanyaan begini "Bagaimana sih Cara Kita Dapat Mengendalikan Privasi kita Sendiri dengan baik maupun benar".

Untuk menjawab pertanyaaan tersebut saya rekomendasikan Galeri.privasi.id untuk bisa membantu anda dalam mengendalikan privasi kalian dengan baik dan benar. 

Kembali Ke Artikel


GALERI.PRIVASI.ID


Galeri Privasi adalah sebuah situs website atau bisa juga disebut dengan organisasi yang dimana galeri privasi ini dapat memberikan pembelajaran dan arahan kepada anda masalah tentang data privasi yang sering kita anggap tidak berbahaya.

Kita anda mengikuti pelatihan di galeri.privasi.id anda akan mendapatkan beberapa materi yang bermanfaat untuk anda, materi nya yaitu :

Dimana keenam materi tersebut bisa anda dapatkan secara gratis dengan mengunjungi situs Galeri.privasi.id.
Menjaga Data Privasi


Walaupun pada masa pendemi covid-19 para anggota galeri.privasi.id tidak menyerah untuk memberikan materi literasi kepada warga indonesia melalui online hal tersebut di buktikannya dengan adanya  Roadshow Online Edukasi Literasi Digital Dimasa Pandemi secara virtual yang hadir di 14 kota di seluruh Indonesia dengan di dukung dari Whatsapps/Facebook, Inc sehingga dapat berjalan dengan sukses hingga bulan ini.


Kembali Ke Artikel




6 Instalasi Seni

Menjaga Data Privasi


Di Galeri.privasi.id kalian tidak hanya mendapatkan materi kalian juga akan mendapatkan makna yang mendalam tentang privasi di dunia digital seperti sekarang ini. Apa saja maknanya ? silakan lihat dibawah ini :

1. Organ Vital Keenam (The Sixth Vital Organ)

Pada instalisasi yang pertama memiliki makna bahwa pada zaman teknologi seperti sekarang ini bahwa gadget menjadi salah satu kebutuhan yang penting untuk kita. Karena dengan gadget kita dapat memperoleh semua yang kita inginkan seperti hiburan, pendidikan, informasi dan dapat menyelesaikan pekerjaan kita dengan mudah.

Sehingga secara tidak sadar bahwa kita sudah mulai ketergangungan kepada gadget tersebut seakan - seakan gadget tersebut menjadi organ keenam kita selain jantung, hati, otak, paru - paru dan ginjal.

Untuk memanfaat gadget dengan baik dan benar agar tidak menyebabkan candu kepada anda sebaiknya kalian melakukan langkah - langkah di bawah ini :

  • Atur waktu bermain gadget
  • Atur tujuan penggunaan gadget 
  • Kurangi bermain gadget saat tidur malam
Berikut ini ada video contoh kecanduan gadget yang tanpa berdaya jika tidak memainkan gadget 




2. Data Diecer

Pada instalisasi kedua ini memberikan makna bahwa KTP (Kartu Tanda Penduduk) merupakan salah satu data pribadi yang penting yang harus dimiliki oleh setiap warga Indonesia.

Karena beranggapan bahwa KTP ini tidak terlalu penting sehingga bisa terjadinya penyalahgunaan dari orang yang tidak bertanggung jawab lalu akhirnya dapat merugikan diri anda sendiri. 

Berikut ini saya ada satu video yang mungkin dapat mengubah pola pikir anda soal pentingnya menjaga privasi KTP.



Setelah melihat video diatas apa yang anda pikirkan? cari tahu sendiri.

3. Tak Semua (Obat) Mengobati

Pada instalisasi ketiga ini bermakna bahwa tidak semua obat dapat menyembuhkan diri kita apalagi pada saat wabah Covid-19 seperti sekarang ini terdapat peredaran obat - obat palsu dengan kualitas buruk yang dapat menyebabkan diri kita tambah parah.

Karena hanya ingin uang orang - orang yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kondisi seperti sekarang ini dengan menggabungkan obat - obat palsu, informasi yang menyesatkan . 

4. Keranjang Hoaks

Dengan kemajuan teknologi yang begitu cepat sehingga orang - orang yang tidak bertanggung jawab dapat menyebar informasi - informasi yang tidak benar atau konten negatif seperti di Whatsapps, Facebook, Twitter dan Instagram.

Maka dimulai dari diri kita sendiri kita dapat menerapkan 3S yaitu Saring Sebelum Sharing. Hal tersebut dapat mencegah informasi hoaks lebih menyebar dan kita harus membuang berita hoaks kepada tempatnya. 

Jika kita menemukan berita atau informasi hoaxs kita bisa melaporkan berita tersebut dengan berkunjung di cekfakta.com. Kita jangan langsung membagikan informasi tersebut tanpa adanya informasi yang valid.


5. Bahagia Di Balik Layar

Instalisasi kelima ini bermakna bahwa kita tetap bahagia walaupun tidak boleh keluar rumah akibat wabah Covid-19, kenapa kita bisa bahagia di dalam rumah terus - menerus ?.

Tidak terasa kita tidak diperbolehkan keluar rumah oleh pemerintah di akibatkan adanya wabah Covid-19 saat ini rasa seperti kita sedang di kurung atau dibelenggu. Namun secara tidak langsung hal tersebut bisa membuat kita lebih bahagia berada di dalam rumah karena kita bisa bertemu dan berbicara bersama keluarga, suami, anak maupun istri kita seharian penuh.

Bayangkan jika kita bekerja diluar rumah berangkat pagi pulang sore atau malam dan tidak ada waktu untuk berbicara terutama kepada anak - anak yang masih membutuhkan perhatian anda.  Walaupun saat ini anda hanya berdiam diri di rumah tetapi anda bisa memonitor gadget anda untuk melihat dunia luar dan menyelesaikan pekerjaan luar anda melalui daring.




Setelah melihat video diatas apa yang anda pikirkan? cari tahu sendiri.


6. Aku Mengintip Kamu Mengintip

Sebelum saya memberi tahukan maknanya, saya ingin bertanya apakah ada yang mengerti dari makna kata tersebut ?  Mengintip ? jangan - jangan ada yang mata - matain kamu hayo serem hehehehe. 

Maknanya tidak sehoror tersebut ko, ini maknanya dari instalisasi terakhir dari galeri.privasi.id maknanya adalah bagaimana cara kamu untuk mengamankan infromasi privasi kamu agar tidak bocor kepada orang yang tidak bertanggung jawab.

Nah sampai informasi privasi anda bocor anda akan benaran di intip melalui data privasi yang bocor tersebut. Apakah dengan memberikan sandi yang kuat cukup menjaga privasi anda ?.

Menurut saya lebih baiknya anda menggunakan verifikasi dua langkah untuk mencegah data privasi anda bocor kemana - kemana. 

Itulah makna - makna yang terdapat di dalam galeri.privasi.id semoga bermanfaat untuk anda.

Kembali Ke Artikel


Media Social

Jika kalian ingin bertanya - tanya masalah soal pentinya menjaga data privasi anda. Anda bisa mengunjungi tiga media soscial dari Galeri.privasi.id yakni :

  • Instagram : @internetsehat.id
  • Twitter : @internetsehat
  • Facebook : @netsehat

Kembali Ke Artikel


Sertifikat

Menjaga Data Privasi


Akhir Kata :

Secara garis besar menjaga data privasi anda adalah merupakan kewajiban bagi anda agar tidak privasi anda tidak dapat disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.  Yuk tunggu apalagi anda bisa langsung mengunjungi Galeri.privasi.id dan dapatkan materi yang bermanfaat untuk diri anda.

Kembali Ke Artikel



Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di dirikan oleh Andi Syaputra pada tanggal 21/06/2017.

This Is The Newest Post

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon