9/15/2017

Penyebab Rupiah Melemah Dari Semua Mata Uang Yang Di Seluruh Dunia

    Mata uang rupiah©2017/LIPUTANBERITA21.COM


LIPUTANBERITA21.COM - Badan Pusat Statistik mencatat nilai tukar (kurs) Rupiah di 34 provinsi di Indonesia mengalami pelemahan (depresiasi) terhadap seluruh mata uang dunia yang beredar di tanah air. Beberapa di antaranya yakni dolar Amerika (USD), dolar Australia (AUD), euro (EUR), dan Yen Jepang (JPY).

Asisten Gubernur Kepala Departemen Kebijakan Ekonomi dan Moneter Bank Indonesia, Dodi Budi Waluyo mengatakan pelemahan mata uang Rupiah pada Agustus dipengaruhi oleh faktor eksternal, salah satunya membaiknya ekonomi Amerika Serikat.

"Statement dari pada amerika sendiri yang relatif dovish dari pejabat Fednya. Kemudian dari indikator Amerika sendiri yang juga belum menunjukkan tren yang membaik," ujar Dody saat ditemui di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Maritim, Jakarta, Jumat (15/9).

Dody menambahkan, sejauh ini Bank Indonesia sebenarnya tetap menjaga level Rupiah yang kompetitif sesuai dengan nilai fundamentalnya. Kendati demikian, BI tidak memiliki target fundamental nilai tukar Rupiah terhadap mata uang lain.

"Sejauh ini kita masih masuk dalam level fundamental. Kita tidak punya target level. Tapi dalam operasional kita, kita terus jaga di suatu range tertentu," pungkasnya.
Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

4 comments

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon