Contoh Persoalan Representasi bit dan operasi XOR Pada Matakuliah Kriptografi

 Nama : Andi Syaputra
Kelas : IF GAB 1
NPM : 18312193

1. permasalahan

  • bagaimana cara menyelesaikan stream cipher berbasis fungsu chaos circle map dengan pertukaran stickel

2. pembahasan

  • Kunci adalah parameter yang digunakan untuk mengubah pesan proses enkripsi dan dekripsi. Menggunakan algoritma kriptografi simetris untuk mendapatkan kunci rahasia. Fungsi chaos circle map akanmenggunakan nilai awal (generator kunci) dalam membentuk sebuah kunci yang akan digunakan dalam proses enkripsi dan dekripsinya. Protokol pertukaran kunci stickel didasarkan pada grup non komutatif dan digeneralisasi menjadi semigrup non komutatif. Dalam hal ini, Mn(Zp) yang merupakan matriks atas modulo prima p akan didefinisikan. Berbentuk sebuah matriks n × n dengan entri 0 ≤ aijp- 1 dengan p adalah bilangan prima dan n ≥ 2. Ruang Mn(Zp) dituliskan dalam persamaan 

    Setelah menyetujui generator kunci maka kunci akan dibentuk menggunakan fungsi chaos circle map yang terlebih dulu digunakan protokol pertukaran kunci stickel.

    Pengirim dan penerima akan menyetujui generator kunci dari proses pertukaran kunci stickel Tabel 1 sebagai kunci K = K1= K2. Matriks K akan dikonversi ke persamaan (3) dan nilai K berubah menjadi desimal dengan menambahkan semua entri matriks K. Jika K > 1 maka K × 10-1, proses ini dilakukan secara berulang hingga memenuhi K ≤ 1.

3. hasil pembahasan

  • Pesan rahasia dapat diamankan melalui proses enkripsi dengan mengubah pesan asli menjadi kode-kode yang sulit diterjemahkan. Menggunakan fungsi chaos dengan protokol pertukaran kunci stickel dalam membangun kunci menghasilkan sebuah bilangan yang sangat acak sehingga mempersempit criptanalyst memahami pesan. Perjanjian kunci dilakukan menggunakan pertukaran kunci stickel kemudian digunakan fungsi chaos circle map dalam membentuk kunci rahasia. Hasil simulasi menunjukkan bahwa terjadinya perubahan nilai awal pada fungsi chaos circle map maka akan diperoleh plainteks yang berbeda. Semakin criptanalys menebak digit yang berbeda mendekati koma maka hasil plainteksnya akan semakin tidak beraturan. Untuk karakter dalam jumlah besar disarankan menggunakan program komputer untuk menyelesaikan proses enkripsi maupun dekripsinya.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon