Wednesday, November 6, 2019

Cara Mengatasi Asam Lambung Yang Kambuh


LIPUTANBERITA21.COM - Asam Lambung memiliki fungsi yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Fungsinya yaitu untuk mencerna makanan. Jika asam lambung mencerna makanan nya dengan berlebihan maka asam lambung akan naik, ciri - ciri asam lambung kambuh yaitu mulut terasa asam, perut tidak enak, nyeri bagian perut dll. \

BACA JUGA : 7 Makanan ini cocok untuk penderita asam lambung

Untuk mengatasi asam lambung kambuh itu dimulai dari penderita itu sendiri, jika asam lambung kambuh sebaiknya penderita tersebut harus mengubah gaya hidup sehat.


Gaya Hidup Sehat
untuk mengobati asam lambung yang kambuh dengan cara mengubah hidup sehat yaitu dengan cara seperti di bawah ini :
  • Menghindari makanan pemicu dan mengatur porsi makan
Asam lambung kambuh disebabkan diikarenakan memakanan yang berlemak dan berlebihan sehingga asam lambung tidak dapat bekerja dengan baik untuk mencerna makanan. Saat asam lambung kambuh sebaiknya  hindari kopi, coklat, alkohol, dan makanan pedas karena berisiko membuat katup kerongkongan bagian bawah menjadi rileks sehingga memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan. 
  • Hindari kebiasaan yang tidak sehat
Merokok dan berbaring setelah makanan itu merupakan kebiasan terburuk bagi penderita asam lambung. Sebaiknya kurangi merokok atau berhentu merokok dan setelah makanan sebaiknya diberikan jeda selama 3 jam untuk berbaring. 
  • Tidak memakai pakaian yang ketat di bagian perut
Hindari mengenakan pakaian yang ketat di bagian perut, karena dapat menekan lambung sehingga menyebabkan isi lambung naik ke kerongkongan dan muntah. Agar lebih aman, gunakanlah pakaian yang longgar.
  • Tidak melakukan gerakan yang mungkin menekan perut
Jika kalian habis makanan sebaiknya memberikan waktu 2- 4 jam untuk asam lambung mencerna makanan, setelah itu kalian bisa melanjutkan kegiatan seperti olahraga dan lainnya. 
  • Tidur yang cukup
Refluks asam lambung dapat terpicu apabila tubuh Anda memproduksi hormon stres akibat kurang tidur. 
  • Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi
Yang harus dilakukan adalah menaikkan posisi tubuh bagian atas agar lebih tinggi dari tubuh bagian bawah. Tubuh bagian atas yang butuh ditinggikan adalah pinggang ke atas. Jika hanya menambahkan bantal di belakang kepala, biasanya tidak efektif.

Baca Juga


EmoticonEmoticon