5/07/2020

Teks Observasi(Pengertian,Struktur dan Ciri-ciri)



Liputanberita21.com – Selamat siang sahabat 21 kembali lagi dengan Liputanberita21.com maaf sebelumnya Liputan berita 21 karena jarang memosting artikel tentang materi bahasa indonesia,tapi saat ini Liputan Berita 21 akan membagikan artikel materi bahasa indonesia untuk kalian semoga bermanfaat yaitu yang berjudul “Teks Observasi”.


Teks Observasi ini bisa kalian dapatkan di kelas 10 SMA/SMK di bagian materi semester 1 teks observasi ini di gunakan untuk mencari informasi yang tepat dan benar, teks observasi ini sangat mudah di pelajari di karenakan menggunakan bahasa yang sangat mudah di mengerti untuk anak sekolah.


Baiklah untuk menghemat waktu sebaiknya langsung ke isi materi nya simaklah dengan baik.

BACA JUGA :Pengertian Puisi Menurut Para Ahli

 1.1 Pengertian Teks Observasi

  Teks observasi adalah jenis teks faktual yang digunakan untuk menyajikan hasil suatu pengamatan terhadap objek tertentu secara langsung atau aktual.

1.2 Struktur Pembentuk Teks Observasi 

·                  Definisi umum                :Pengertian teks yang secara luas terhadap sesuatu yang akan diobservasi.
·                   Klasifikasi                     : Pembagian/pengelompokan sesuai dengan karakteristik dengan objek yang ingin diamat.
·                   Aspek yang dilaporkan : Berupa jenis-jenis,Kelebihan, kekurangan , manfaat dan akibat atau cara mengatasi objek yang sedang diamati.

1.3 Ciri-ciri Bahasa Teks Obsevasi

  1. Sering dimulai dengan kalimat klausa “definisi”  
  2. Harus mengandung fakta  
  3. Bersifat objektif  
  4. Mengggunakan kelompok nomina (kata benda)  
  5. Harus ditulis sempurna dan lengkap  
  6. Tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, menimbulkan prasangka dan pemihakan  
  7. Disajikan secara menarik

Demikianlah artikel tentang Teks Observasi(Pengertian,Struktur dan Ciri-ciri)  semoga bermanfaat untuk kalian semua

Baca Juga

Liputanberita21.com adalah suatu portal berita media yang berada di Indonesia yang berbasis Online yang menyajikan segala jenis Informasi seperti Lowongan kerja,Berita Lampung,Ilmu Pengetahuan,Dunia dan masih banyak lagi lainnya. Liputan Berita 21 di pada tanggal 21/06/2017.

Silakan komentar dengan bahasa indonesia yang baik dan sesuai dengan topik pembahasan
EmoticonEmoticon